Kamis, 14 Mei 2020

Tips Yuk Intip Segudang Kelebihan Pupuk NPK Tablet untuk Tanaman Anda|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com --Pupuk NPK Tablet – Dalam dunia pupuk, kita mengenal 2 bentuk pupuk, yaitu padat dan cair. Pupuk padat pun masih terbagi lagi dalam bentuk butiran, kristal, tepung, dan juga tablet. Nah, dalam artikel ini, kita coba mengintip khusus dengan pupuk NPK tablet.

Apa kelebihan & tumbuhan apa saja yg cocok dipupuk dengan NPK tablet? Kekurangan pupuk ini apa, harga NPK tablet berapa, cara aplikasi bagaimana, dan sejumlah hal lain yang menciptakan kita masih bertanya-tanya menggunakan pupuk ini. Simak mari informasi selengkapnya.

Yuk Intip Segudang Kelebihan NPK Tablet untuk Tanaman Anda
Ilustrasi Pupuk NPK Tablet

Petani sudah lihat sendiri bukti efek NPK Tablet

Banyak petani cerdas sudah menggunakan NPK tablet buat memupuk tumbuhan. Sebab, mereka sudah melihat bukti sendiri pengaruh hadiah NPK tablet terhadap pertumbuhan dan peningkatan produksi flora.

NPK berbentuk pil atau kapsul ini cukup berbeda dengan NPK butiran biasa. Pupuk NPK tablet tidak hanya mengandung tri unsur N, P, dan K, melainkan juga ada unsur-unsur hara makro sekunder. Bahkan, umumnya pupuk ini diperkuat dengan trace element (TS) berupa unsur-unsur hara mikro.

Sayangnya, meskipun NPK tablet cukup ‘bergengsi’ dengan segala kandungannya, secara umum belum dapat diaplikasikan untuk tanaman sayuran berumur pendek karena bersifat seperti pupukslow release.

BACA JUGA : Kenali Dulu Pupuk Slow Release Sebelum "Terlanjurdanquot; Memupuk Tanaman

Kebanyakan NPK berbentuk gentel (bulatan misalnya pil) cukup efektif diaplikasikan buat flora butir berumur tahunan, tumbuhan perkebunan, flora hias, & juga tumbuhan kehutanan/industri. Sebab, sekali memupuk dengan NPK tablet, sanggup menjadi nutrisi tanaman yg permanen tersedia buat jangka ketika lebih usang. Jadi, cukup efektif & efisien perannya.

Sebelum kita melihat model-model pupuk NPK tablet, kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan berdasarkan pupuk NPK yg diproduksi pada bentuk tablet.

Kelebihan pupuk NPK tablet

  • Mengandung unsur hara lengkap, yaitu N, P, K dan Unsur hara makro sekunder Mg, Ca, dan S serta diperkaya dengan unsur-unsur hara mikro atau trace elements (Bo, Mn, Fe, Cu, Co, Zn, dan Mo)
  • Penyerapan unsur hara oleh tanaman lebih efisien
  • Cukup mudah dan praktis untuk diaplikasi di lapangan
  • Menghemat waktu pemupukan karena cukup 1-2 kali pemupukan saja dalam setahun
  • Memudahkan petani dalam menghitung dosis pupuk karena berbentuk tablet. Jadi, cukup dengan menghitung jumlah tablet yang dibutuhkan per tanaman.
  • Dapat menghemat jumlah orang dan biaya pemupukan.
  • Transportasi dan penyimpanannya sangat mudah
  • Sangat cocok diaplikasi hampir untuk semua jenis tanaman termasuk tanaman industri

Kekurangan Pupuk NPK tablet

Memang yang namanya produk made in manusia, tentu ada kekurangan. Demikian juga dengan NPK tablet. Namun, kekurangan itu masih bisa diatasi di lapangan.

  • Kebutuhan kadar masing-masing pupuk tidak dapat diwakili dengan pupuk NPK tablet saja. Tapi ini bukan kendala, karena kekurangan unsur hara tertentu dapat diatasi dengan cara kombinasikan dengan pupuk tunggal.
  • Harganya relatif mahal, namun dalam aplikasi tampak lebih ekonomis karena pupuk tidak diaplikasi setiap saat dan tidak terbuang dalam aplikasinya karena dibenamkan di sekitar tanam.
  • Kurang cocok diaplikasi untuk tanaman semusim, sayuran berumur pendek seperti bayam, bawang merah, dan lainnya. Karena tanaman seperti ini butuh pupuk yang fast release (cepat dilepaskan dan tersedia). Sedangkan NPK Tablet, umumnya dirancang slow release agar penyerapan oleh tanaman lebih efisien.

Manfaat Pupuk NPK tablet buat tanaman

Kalau poly kelebihan tentu saja manfaat berdasarkan nutrisi NPK contoh tablet cukup banyak. Berikut ini manfaat NPK tablet.

  • Karena unsur haranya lengkap, maka pupuk ini dapat meningkatkan produksi dan kualitas hasil panen
  • Tanaman menjadi lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan seperti musim kemarau
  • Tanaman kebal terhadap serangan hama dan penyakit
  • Tanaman tumbuh subur dan tidak mudah kekurangan unsur hara karena pupuk ini melepaskan hara sesuai kebutuhan tanaman.

Jenis-jenis tumbuhan yg cocok diaplikasi pupuk NPK tablet

Apa saja flora yang sempurna dipupuk menggunakan pupuk NPK tablet? Sebetulnya, semua tanaman cocok menggunakan NPK tablet, tetapi - sekali lagi - kurang tepat jika dipakai buat tanaman semusim/sayuran berumur singkat.

Beberapa jenis flora yang lazim dipupuk dengan pupuk NPK tablet, Jeruk, Mangga, Nanas, Pisang, Durian, Manggis, Pepaya, Kopi, Kelapa, Sawit, Jati, & lain sebagainya. Bahkan, flora hias & tabulampot pun cocok dipupuk menggunakan NPK tablet.

BACA JUGA : Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim

Cara pelaksanaan Pupuk NPK Tablet

Seperti ulasan di atas, salah satu kelebihan berdasarkan pupuk NPK tablet, yaitu gampang pada hal aplikasinya. Benar sekali, memang pupuk NPK tablet ini diaplikasikan dengan cara membenamkan tablet pada sekeliling tanaman . Sesuai menggunakan takaran buat masing-masing jenis flora.

Berikut cara aplikasi NPK tablet untuk flora

  • Tentukan dulu jenis tanaman apa yang akan dipupuk
  • Lihat petunjuk/anjuran berapa dosis pemupukan untuk tanaman tersebut (misalnya 10 tablet/tanaman)
  • Buat lubang di sekeliling tanaman sebanyak jumlah tablet yang akan dibenamkan. Kedalaman lubang sekitar 10-15 cm.
  • Masukkan pupuk NPK tablet sesuai dosis
  • Tutup kembali dengan tanah

Contoh-contoh Pupuk NPK Tablet

Cukup banyak jenis pupuk wa bil khusus pupuk NPK tablet yang diproduksi oleh industri pupuk. Ini tentu saja untuk mendorong peningkatan produksi tanaman pertanian.

Berikut ini dua saja model (maaf hanya buat contoh saja, buka maksud promosi) pupuk NPK pil atau tablet yg telah hadir dan beredar di pasaran.

1. Pupuk NPK Tablet Jeranti

Pupuk NPK tablet Jeranti adalah pupuk yg diproduksi sang PT. Pupuk Kujang. Pupuk berbentuk tablet ini mempunyai kandungan NPK menggunakan formula 18-10-14-2S TE, dengan ukuran tablet 10 gr. Bukan hanya tumbuhan butir, tapi Anda pula bisa memupuk tanaman industri dengan NPK yang satu ini.

Dua. Pupuk NPK Tablet Gramafix Buah (Fruits Fertilizer)

Pupuk berbentuk tablet yg dibuat spesifik buat tanaman butir, sangat gampang Anda temukan menggunakan nama Gramafix Buah. Ini juga salah satu jenis NPK tablet yang mengandung unsur hara lengkap, terdapat unsur makro, mikro, dan juga TE.

Pupuk menggunakan berat tablet cuman 10 gram ini, cukup efektif & efisien bila Anda gunakan untuk memupuk flora buah. Lantaran bukan bentuk prill, jadi Anda tidak perlu khawatir lantaran tidak hilang unsur hara saat aplikasi.

Selain dua model pupuk NPK tablet pada atas, cukup banyak merek-merek lain yg beredar pada pasar. Semuanya cantik-rupawan & bisa diaplikasikan buat memupuk tanaman buah dan sejenisnya. Untuk itu, silakan Anda berselancar pada internet menuju ke toko-toko online buat melihat jenis & harga pupuk NPK tablet.

Dengan uraian singkat ini, ternyata pupuk NPK tablet cukup menarik. Meskipun ada sedikit kurang-kurangnya, namun tertutupi sudah dengan segudang kelebihan dan manfaatnya. Demikian semoga ada faedahnya untuk penulis dan juga spesial untuk Anda yang sudah setia hadir di blog ini. Salam sukses. [updated by pupuklahan.blogspot.com, 25/01/2020]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar