Minggu, 17 Mei 2020

Tips 3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com -- Alat Pemupukan Jagung – Salah satu tahapan dalam budidaya jagung adalah pemupukan. Dengan jenis, dosis, waktu, cara, dan alat aplikasi pupuk yang tepat dapat meningkatkan produktivitas jagung. Sayangnya, masih banyak teman-teman petani yang menemui kendala dalam pemupukan terutama penggunaan alat pemupukan jagung.

3 Jenis Alat Pemupukan Jagung Ini, Ringankan Beban Petani

Masihkah memupuk jagung ala tradisional?

Pemupukan jagung yg dilakukan secara tradisional misalnya memakai alat tugal yg terbuat dari kayu, sepertinya bukan zamannya lagi sekarang ini. Selain menguras tenaga & boros energi kerja, memupuk jagung menggunakan alat tugal tradisional membutuhkan saat yang lumayan lama .

Bahkan, masih sering dijumpai petani yang menyebar pupuk jagung menggunakan tangan ke pada larikan, ataupun menabur pada atas bedengan. Mereka tidak menggunakan alat & mesin (Alsin) buat penyebar pupuk jagung kecuali cangkul & tangan.

Cara memupuk jagung yang klasik itu nir memberikan produksi yang optimal. Sebab, banyak pupuk yang terbuang hilang karena penguapan dan sebagiannya lagi tidak terjangkau oleh akar tanaman jagung alias nir tepat target.

Saatnya Pakai Alat Pemupuk Jagung ?Zaman Now?

Kita paham bahwa dalam budidaya jagung, ada tiga tahap pemupukan, yaitu pada saat tanam, susulan I dan susulan II. Ketiga tahapan tersebut harus diberikan pupuk, terutama pupuk butiran seperti urea, SP-36, dan KCL.  Pemupukan pun mesti selesai tepat waktu agar tidak terganggu pertumbuhan jagung.

BACA JUGA : Kapan Menggunakan BWD buat Pemupukan Tanaman Jagung

Bayangkan bila masih bersahabat menggunakan alat-alat antik tempo dulu buat memupuk jagung, kapan terselesaikan memupuknya. Ini belum lagi menanam jagung dalam skala luas (lebih menurut ? Hektar), tentu sangat terbebani & tidak hemat.

Jika ingin sebagai petani jagung sukses yang bisa menanam jagung pada huma yang luas menggunakan produksinya tinggi, maka memakai indera pemupukan jagung ?Zaman now? Alias penggunaan teknologi masa sekarang adalah pilihan yang tepat.

Banyak Pilihan Aplikator Pupuk Jagung

Alat-alat pelaksanaan pupuk jagung relatif poly diproduksi kini , baik output produksi anak-anak bangsa kita yang cerdas maupun produk luar negeri.

Semua produk aplikator pupuk jagung, baik yang energi penggeraknya manual, semi mekanis, dan mekanis , mampu menghemat saat pemupukan & menekan porto buat upah pekerja. Dengan istilah lain, alat buat memupuk jagung hasil rekayasa teknologi lebih efisien, mudah dan ekonomis.

Di era mekanisasi pertanian ini, poly indera pemupukan jagung telah dibuat buat memudahkan para petani pada memupuk tumbuhan jagung. Ada yg memakai energi manusia buat menjalankannya dan ada yg digerakkan menggunakan energi mesin sepenuhnya.

Kalau ingin punya alat pemupukan jagung sendiri, Sobat bisa membelinya sebab cukup banyak tersedia di pasaran. Harganya pun bervariasi, ada yang murah dan tersedia juga yang mahal untuk yang berkantong tebal. Tentu saja, harga peralatan tersebut sesuai dengan model dan kemampuan operasionalnya.

Sekilas Prinsip Kerja Alat Pemupukan Jagung

Apapun bentuk indera dan mesin pemupuk jagung, pada prinsipnya nir berbeda dengan teknik pemupukan yg dilakukan petani untuk memupuk jagung. Hanya saja, dengan Alsin, pemupukan lebih cepat dan takaran pupuk yang dijatuhi ke lubang tanam terukur

Alat pemupuk jagung didesain sedemikian rupa sehingga mampu membuka alur atau lubang pupuk, lalu memasukkan pupuk ke dalam lubang, dan terakhir menutupnya balik .

Jenis Alat Pemupukan Jagung

Yuk, kita lihat beberapa alat pemupukan jagung pada bawah ini.

1. Alat Pemupukan Jagung Manual Bebentuk Alat Tugal

Alat pemupukan jagung yg satu ini bentuknya sangat sederhana dan mirip menggunakan alat tugal. Namun, indera ini telah dirancang buat memudahkan pemupukan, bisa menghemat saat, & energi kerja.

Sebab, alat penabur pupuk jagung ini berbentuk panjang & memiliki tabung buat menampung pupuk di dalamnya. Selain itu, alat ini mempunyai katup pengatur keluaran pupuk sebagai akibatnya dapat diadaptasi dengan dosis yg diinginkan.

Tak usah ragu dengan indera penugal pupuk ini lantaran bisa dioperasikan dengan gampang karena tinggal tekan saja (push on).

Dalam perkembangannya, alat bantu pemupukan jagung manual model tugal ini terdapat dua tipe, yaitu yg fungsinya tunggal dan terdapat yg ganda.

Maksudnya, alat tugal pupuk ini ada yg didesain spesifik hanya buat memupuk saja. Alat tugal ini mampu digunakan buat pemupukan mulai awal penanaman hingga menggunakan pemupukan susulan tumbuhan jagung.

Sedangkan yang lainnya dibuat agar indera tugal bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai alat tanam (planter) sekaligus alat buat memupuk. Dua tabung, benih dan pupuk, menyatu dalam alat tugal ini sebagai akibatnya lebih simpel digunakan.

Jadi, indera tugal yang terakhir ini dapat dipakai eksklusif buat pemupukan dasar bersamaan menggunakan penanaman benih jagung.

2. Alat Pemupukan Jagung Manualintegrated dengan planter

Ketika mendengar nama planter, pasti terbayang alat atau mesin buat menanam jagung atau tanaman lainnya. Tidak keliru memang karena arti istilah planter adalah indera penanam, ya sekitar seperti itu. Ada pula yang bilang seeder (penanam benih)

Dengan perkembangan teknologi, planter jagung nir hanya buat menanam benih, tetapi lebih dari itu. Planter benih jagung ini berfungsi ganda, yaitu bisa menanam & sekaligus sanggup berfungsi buat indera pemupukan jagung.

Akan namun, planter benih jagung ini hanya dapat dipakai buat pemupukan dasar saja, yaitu pada saat penanaman benih jagung.

Alat penanam sekaligus indera pemupuk jagung ini memang telah dilengkapi menggunakan tabung biji dan tabung pupuk. Oleh karena itu, planter ini relatif membantu berhemat saat pemupukan jagung.

Yang namanya alat pemupukan jagung semi mekanis, indera ini perlu dibantu dengan energi manusia buat menjalankannya atau mendorongnya. Jadi, karena dilengkapi menggunakan roda, tugas petani relatif ringan, ya tinggal dorong saja. Sedangkan benih & pupuk jatuh ke lubang masing-masing secara otomatis.

Walau dibantu energi insan buat menggerakkannya, tapi kerjanya relatif cepat karena dosis pupuk yg jatuh ke lubang pupuk sudah terukur.

3. Alat Pemupukan Jagung Mekanis

Aplikator pupuk jagung mekanis adalah mesin pemupuk jagung yg cukup handal. Bukan hanya pintar memupuk, namun juga sanggup menanam. Kerjanya cepat dan tenaga penggeraknya mesin misalnya traktor.

Mesin penanam & pemupukan jagung ini sudah terintegrasi. Pada mesin ini dilengkapi menggunakan baris buat menjatuhkan benih jagung dan baris buat menajatuhkan pupuk dekat lubang tanam. Jarak tanam dapat distel dan jumlah pupuk pun dapat diatur sinkron dengan rekomendasi.

BACA JUGA : Ini Langkah Pemupukan Jagung Hibrida & Nonhibrida supaya Produksi Tinggi

Asalkan operator traktor cukup terdidik & terampi, indera pemupuk yang ditarik traktor ini mampu menuntaskan pemupukan jagung seluas 1 hektar nir lebih menurut 3 jam.

Itulah alat pemupuk jagung yg mampu mengurangi beban petani terutama efisiensi ketika pemupukan & tenaga kerja. Ini berarti sudah waktunya meniggalkan alat tradsional menuju penggunaan indera-alat praktis dan mekanis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar