Jumat, 08 Mei 2020

Tips Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya|Tanaman Buah

Pupuklahan.Blogspot.Com -- Pestisida sangat diharapkan buat mengendalikan agresi hama dalam aneka macam jenis tumbuhan budidaya seperti tanaman sayuran, tumbuhan hias, & lainnya. Nah, galat satu obat anti hama yg amat mudah Anda peroleh & digdaya mengusir serangga merupakan pestisida organik dari nasi basi.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Insektisida nasi basi

Salah satu manfaat nasi basi untuk biopestisida

Nasi bekas yang nir habis dikonsumsi ternyata cukup banyak manfaatnya. Diantara sekian poly manfaat nasi basi, galat satunya dapat diolah menjadi biopestisida yang lebih dikenal dengan pestisida organik.

Anda tidak perlu heran dengan pestisida organik berdasarkan nasi basi. Sebab, pestisida yang zat aktifnya mikroba misalnya bakteri, kapang, virus, dan lainnya, malah sudah poly diproduksi buat melindungi & mengendalikan aneka hama tumbuhan.

BACA JUGA : Setelah Didiamkan 24 Jam, Pestisida Organik Ini Ampuh Kendalikan Organisme Pengganggu Tanaman

Cendawan mudah tumbuh dalam nasi

Para pakar mikrobiologi sudah menemukan bahwa nasi merupakan media yg cukup disukai oleh cendawan lantaran mengandung karbohidrat & protein.

Jika dibiarkan beberapa waktu saja, maka nasi berubah sebagai basi lantaran mulai tumbuhnya fungi atau fungi. Awal pertumbuhan dapat ditandai seperti kapas bewarna putih dan kuning relatif kehijauan. Semakin hari sebagai semakin poly pertumbuhannya hingga berubah rona menjadi coklat dan gelap.

Mikroba dalam nasi basi memproteksi tumbuhan dari serangga

Meskipun tidak sehat untuk dikonsumsi insan, namun nasi bekas tadi amat menguntungkan untuk flora. Sebab, mikroba yg tumbuh dalam nasi dapat memproteksi tumbuhan.

Jamur dalam nasi basi mengeluarkan zat-zat yg bisa meracuni serangga seperti ulat, belalang, kutu putih, dan hama serangga lainnya yg hinggap & Mengganggu tanaman Anda.

Dengan istilah lain, jamur entomapatogenik berdasarkan nasi busuk merupakan insektisida paling ampuh buat melindungi tumbuhan berdasarkan porak-poranda hama serangga .

Yuk membuat pestisida organik nasi basi

Sayangnya, buat sebagai ?Obat? Semprot tanaman , nasi yg telah bermalam butuh sedikit bisnis berdasarkan Anda. Dengan perlakuan sederhana, nasi basi bisa berubah wujud menjadi pestisida organik yg ramah lingkungan.

Apakah Anda tertarik menggunakan nasi tersisa untuk mengontrol hama serangga pada tanaman?  Jika ya, nih simak cara sederhana membuat pestisida organik dari nasi basi.

1. Kumpulkan nasi yg tersisa

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Nasi Basi

Langkah pertama buat membuat pestisida organik adalah mengumpulkan nasi yg tersisa. Jika pada rumah Anda ada nasi yg nir habis dikonsumsi, kumpulkan & taruh pada wadah misalnya piring, toples, atau loka penyimpanan lainnya.

Biarkan nasi bekas tadi terbuka alias jangan ditutup. Tempatkan pada area yg agak gelap & jauh berdasarkan jangkauan anak-anak, hewan, atau semut. Anda mungkin mampu menempatkan dalam sudut ruangan, namun tetap nir ada gangguan dan juga tidak mengganggu kenyamanan Anda.

Setelah /- dua malam (dua x 24 jam), nasi basi tersebut sudah siap buat diolah menjadi pestisida seperti pada langkah berikut adalah.

2. Siapkan media untuk membuat larutan pestisida nasi basi

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Wadah untuk Membuat Pestisida Organik

Anda mesti menyiapkan media seperti botol, toples, atau jirigen sebagai wadah fermentasi nasi basi. Gunakan media atau wadah yang mudah Anda dapatkan dan ukurannya sesuai dengan volume pestisida yg ingin Anda racik.

Cuci wadah yg akan Anda pakai sampai higienis sebagai akibatnya tidak ada kotoran atau noda yang sanggup mengontaminasi bahan buat membuat pestisida nasi basi. Lap dan keringkan wadah tersebut.

Tiga. Masukkan nasi basi ke dalam botol atau wadah lainnya.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Campuran Nasi Basi & Air

Ambil 1 genggam nasi basi dan masukkan ke dalam botol. Tuangkan sebanyak 1 liter air sumur (jangan air yang mengandung kaporit) ke dalamnya. Aduk-aduk  dan tutup, tapi jangan terlalu rapat ditutup. Biarkan longgar agar terjadi sirkulasi udara.

Apabila Anda membuat pestisida dalam jumlah banyak, maka ingat perbandingannya merupakan 1:10. Misalnya, 1 kg nasi basi ditambah air sebesar 10 liter, apabila 500 gr nasi basi ditambah 5 liter air, demikian perbandingannya.

4. Diamkan adonan nasi basi selama /-1 minggu

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Diamkan Campuran Nasi Basi Selama 1 Minggu

Simpan botol yg telah diisi nasi dan air tersebut pada loka yang nir terkena cahaya surya eksklusif. Goyang-goyang atau mixer sementara waktu sekali saja setiap hari hingga hari ke-6.

Lima. Saring larutan pestisida organik nasi basi

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Memisahkan ampas & pestisida nasi basi

Biopestisida nasi basi telah jadi dalam hari ke-7 & siap dipakai buat menyemprot tumbuhan. Tetapi sebelum dipakai, Anda saring terlebih dahulu menggunakan mengunakan saringan halus yang terbuat menurut kain atau logam stainless atau lainnya.

Pisahkan ekstrak & ampas nasi basi. Cairan pestisida yang sudah disaring disimpan dalam botol atau dapat pribadi diisi ke pada sprayer buat membasmi hama tumbuhan. Sedangkan residu/ampas nasi basi digunakan buat menciptakan pupuk kompos.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Pestisida organik nasi basi siap digunakan

 buat mengusir hama serangga dalam tanaman

Cara pelaksanaan pestisida organik nasi basi

Untuk mengusir hama serangga dalam flora, Anda tidak perlu lagi mengencerkan asalkan perbandingan nasi basi dan air dalam ketika pembuatan sesuai petunjuk.

Tuangkan pestisida nasi bekas ke dalam indera semprot atau sprayer, semprot ke seluruh bagian flora secara tipis-tipis saja, akan tetapi merata. Ulangi penyemprotan setiap 7-10 hari sekali supaya hasilnya lebih efektif & flora bebas menurut serangga pegganggu.

Seperti itulah cara membuat pestisida organik menurut nasi basi. Aplikasi insektisida murah meriah, sehat, & aman lingkungan ini secara teratur agar tumbuhan terbebas berdasarkan gangguan hama.

BACA JUGA : Cara Membuat Pestisida Organik buat Membasmi Hama Tanaman dan Teknik Aplikasinya

Saran

Agar lebih sehat & kondusif menurut mikroba, pakai sarung tangan dan masker pada ketika membuat pestisida organik berdasarkan nasi yg telah berjamur. Demikian pula dalam saat menyemprot tanaman , tetap gunakan pelindung tubuh Anda.

Video Membuat Pestisida Organik menurut Nasi Basi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar