Minggu, 03 Mei 2020

Tips 1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya|Tanaman Buah

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? -- Untuk memudahkan dalam aplikasi pupuk, terutama pupuk berbentuk kristal atau granular, maka petani sering sekali menggunakan alat takar berupa sendok teh (sdt) atau sendok makan (sdm). Misalnya dalam aplikasi pupuk NPK untuk tanaman cabe, mereka sudah terbiasa memprediksi dan tau ukuran berat 1 sdm pupuk NPK berapa gram.

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
1 sdm pupuk NPK

Tetapi, bagi yang belum pernah menggunakannya, niscaya bertanya kira-kira ukuran berat 1 sendok pupuk berapa gram? Atau berapa gram 1 sendok makan atau sendok teh pupuk?

Mudahnya menakar berat pupuk dengan sendok

Untuk merogoh dan mengukur pupuk dengan mudah dan cepat, maka pilihannya memakai dosis 1 sdm atau 1 sdt. Sebab, ketika dikonversikan volume 1 sdm pupuk setara menggunakan berat pupuk yg ingin diaplikasikan buat tanaman .

Tetapi, sebelum memakai sendok sebagai alat takar untuk mengambil pupuk, Anda perlu tau 1 sendok pupuk berapa gram. Misalnya, berapa gram 1 sdm pupuk NPK, Gandasil D dan B, urea, dan jenis pupuk lainnya. Apakah 2 gram, 4 gram, 5 gram atau berapa gram yang sebenarnya dari masing-masing pupuk tersebut jika diukur dengan 1 sendok makan atau sendok teh.

BACA juga : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D dan B yang Tepat supaya Cepat Diserap Tanaman

Untuk menjawab ukuran berat pupuk jika diukur dengan sendok takar berupa sdt atau sendok makan, perlu kita tau terlebih dulu volume dari masing-masing sendok takar tadi.

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
Ilustrasi sendok takar. Gambar : pixabay.Com

Jika diukur dengan bahan cairan atau padatan, maka volume 1 sendok teh (teaspoon) adalah 5 ml (cm3). Sedangkan volume 1 sendok makan (tablespoon) adalah 15 ml (cm3).

Sebagai catatan konversi volume :

1 liter = 1000 cm3 (centimeter kubik)

1 cm3 = 1 ml (milli liter)

Ibu-bunda rumah tangga tak jarang sekali memakai sdt atau sendok makan buat mengukur berat menurut bahan-bahan buat membuat kudapan manis seperti gula, tepung, garam, minyak makan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya bunda-mak rumah tangga, kita menjadi petani, penggunaan alat takar pupuk berupa sdt cukup membantu & memudahkan dalam pelaksanaan pupuk buat tumbuhan. Dengan alat ukur berupa sendok takar, kita tidak perlu repot-repot menimbang berat pupuk dalam satuan gram misalnya 1 gram, dua gr, lima gr, dan seterusnya.

Bulk density pupuk berbeda dengan zat lainnya

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa ukuran berat tiap bahan sangat berbeda jika diukur dengan sendok teh termasuk pupuk. Sebab, masing-masing bahan berbeda kerapatan massanya atau lebih dikenal dengan bulk density. Bulk density ini merupakan ukuran berat dari suatu zat/bahan per vulume bahan termasuk pori-porinya.

Kalau pada formula matematis ditulis misalnya ini :

  • ρ = m/v
  • ρ = bulk density (gram/cm3)
  • m = berat bahan atau zat (gram)
  • v = volume bahan termasuk pori-porinya (cm3)

Bulk density tepung, gula, garam, dan lainnya berbeda dengan bulk density dari pupuk. Dan setiap jenis pupuk pun berbeda-beda densitasnya.

Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa meskipun vulume 1 sendok makan setiap bahan sama, namun akan sangat berbeda ketika dikonversikan ke dalam ukuran berat dari masing-masing bahan. Dengan kata lain, kita sebetulnya tidak boleh menyamakan berat pupuk dengan berat bahan lain jika diukur dengan sendok teh atau sendok makan. Sebab, bulk density pupuk berbeda dengan bulk density bahan lainnya.

Cara mengetahui berat 1 sendok makan pupuk

Ada dua cara cari tau berat 1 sendok pupuk berapa gr, baik menggunakan sdm atau sdt. Yuk kita lanjut membaca penjelasan ini dia.

1. Menggunakan formula matematis buat menghitung berat 1 sendok pupuk

Cara mengetahui berat 1 sendok makan pupuk adalah menggunakan menghitung memakai rumus matematis misalnya yang tadi di atas. Cara ini termasuk akurat hasilnya. Hanya saja kita harus mengetahui densitas dari setiap jenis pupuk

Sebagai model, kita ingin mengukur berat 1 sdt pupuk urea granular berapa gr?

Asumsi saja nih, misalnya diketahui bulk density dari pupuk urea butiran (granular) sebesar 0,82 gram/ml dan volume sendok teh adalah 5 ml.

Maka dengan menggunakan rumus matematis di atas dapat dengan gampang kita mengetahui berat 1 sendok teh pupuk urea granular tersebut. Caranya begini.

Diketahui : ? = 0,82 gr/mililiter ; V sdt = lima mililiter

  • Maka, ρ = m/V atau m = ρ x V
  • m = 0,82 gram/ml x 5 ml
  • m = 4,1 gram

Jadi, berukuran berat 1 sendok teh pupuk urea granular merupakan 4,1 gram.

Kalau menggunakan sendok makan, lain lagi beratnya. Berapa berat 1 sendok makan pupuk urea granular dengan asumsi bulk density sama seperti tersebut di atas?

Jawabannya begini.

Diketahui : ? = 0,82 gram/ml ; V sendok teh = 15 mililiter

  • Maka, m = ρ x V
  • m = 0,82 gram/ml x 15 ml
  • m = 12,3 gram

Jadi, berukuran berat 1 sdm pupuk urea granular merupakan 12,3 gr.

Contoh lainnya, 1 sendok makan pupuk TSP berapa gr?

Asumsi, misalnya bulk density dari pupuk TSP kira-kira 0,95 gram/ml

  • Maka, m = ρ x V
  • m = 0,95 gram/ml x 15 ml
  • m = 14,25 gram

Jadi, berukuran berat 1 sdm pupuk TSP adalah 14,25 gr.

Demikian cara menghitung berat 1 sendok teh atau sendok makan setiap jenis pupuk. Dengan catatan, kita perlu mengetahui terlebih dulu bulk density dari masing-masing pupuk yang akan kita ukur.

Sayangnya, masih cukup sulit kita menemukan bulk density tertera pada kemasannya. Karena tidak tersedianya informasi densitas dari pupuk, maka penghitungan berat pupuk secara matematis sulit dilakukan. Namun, kalau Anda tau bulk density dari pupuk, silakan gunakan rumus tersebut.

Dua. Memakai timbangan digital buat mengukur berat 1 sendok pupuk

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
Berat 1 sendok pupuk gandasil B 4,dua gram

Solusi lainnya buat mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gr adalah dengan cara menimbang. Timbangan yang digunakan mesti timbangan digital agar dapat jelas terbaca hasilnya pada satuan gr. Kalau memakai timbangan lainnya, hasilnya kurang seksama.

Caranya, pakai sendok takar berupa sdt atau sendok makan yang kentara berukuran volumenya. Ambil 1 sendok makan atau 1 sendok teh pupuk NPK atau jenis pupuk lainnya, lalu timbang. Dan catat beratnya.

Unfortunatelly, tidak semua petani memiliki timbangan digital untuk mengukur berat 1 sendok pupuk. Oleh karena itu, perlu ada cara lain yang dapat membantu petani agar dapat menggunakan sendok makan atau sendok teh untuk menakar berat pupuk yang akan diaplikasikan untuk tanaman.

Gunakan output pengukuran petani yg sudah pernah menimbang berat 1 sendok pupuk

apabila kedua cara mengukur berat 1 sendok pupuk yg tersebut diatas belum dapat dilakukan buat waktu ini, maka buat mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gram adalah menggunakan menggunakan output pengukuran atau pengalaman petani yang telah pernah menimbang berat 1 sendok makan atau sendok teh pupuk.

Meskipun hasilnya agak bhineka antara satu petani dengan petani lainnya, tetapi setidaknya sudah menjadi acuan dalam memakai sendok untuk takaran berat pupuk.

Berikut ini berat beberapa jenis pupuk yang penulis ukur dari volume sendok teh dan sendok makan.

Pupuk NPK ;

  • 1 sendok makan NPK berapa gram? = /- 10 gram

Gandasil D

  • 1 sdt Gandasil D berapa gram? = /- 4,dua gram

Gandasil B

  • 1 sdt Gandasil B berapa gram? = /- 4,dua gram
PK MKP Meroke

  • 1 sendok makan pupuk PK MKP Meroke berapa gram? = +/- 14 gram
  • 1 sendok teh pupuk PK MKP Meroke berapa gram? = +/- 4,6 gram

Itulah cara mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gram. Dengan cara menghitung, menimbang, atau memakai hasil pengukuran petani lain, maka Anda menggunakan gampang menakar pupuk secara gampang & cepat menggunakan sendok, baik sendok makan atau sendok teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar