Minggu, 17 Mei 2020

Tips 8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Merawat Tanaman Kaktus – Siapa yang tak suka melihat tanaman kaktus tumbuh subur dan tampil indah. Saya dan mungkin juga Sobat tentu sangat menyenangkan manakala menatap tanaman kaktus yang tumbuh segar, hijau, bersih, dan tentu saja berkembang dengan baik.

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo bytopcools tee onUnsplash

Kaktus butuh sentuhan dan perhatian

Namun, kesuburan, keelokan, dan keindahan tanaman kaktus tidak terbentuk begitu saja. Tanaman  berduri yang suka tumbuh di gurun ini, butuh sentuhan dan perhatian dari sang pemiliknya.

Kalau nir diperhatikan, kehadiran kaktus di tempat tinggal Sobat, justeru nir akan berarti apapun kecuali sebagai pelengkap koleksi kebun bunga saja. Atau, kaktus yang nir terurus atau tak terhirau akan menambah beban karena tampilannya bak semak belukar atau tanaman liar yang kurang sedap dipandangnya.

Apapun makhluk hidup termasuk tumbuhan butuh perhatian jika mengharapkan sesuatu seperti kesuburan dan kecantikannya. Apalagi tumbuhan kaktus yang ingin ?Dititipkan sejuta harapan? Estetika darinya, tentu saja tak terlepas dari perawatan yang sungguh-sunguh dari ?Nyonya atau tuan? Yg senang menanamnya.

Kaktus, tumbuhan gampang dirawat

Cactus plant - demikian orang luar negeri mengucapnya untuk tanaman kaktus - sebetulnya tanaman hias yang amat gampang memeliharanya. Yang sulit apa? Malas dan tidak mau mengurus setelah menanamnya. Atau, sulit merawatnya karena belum tau rahasia perawatan tanaman kaktus, boleh jadi.. 😅

Apalagi, tumbuhan kaktus termasuk dalam flora sekulen, sudah tentu nir terikat dengan penyiraman. Seperti halnya lidah mertua dan pengecap buaya, flora kaktus juga mempunyai kemampuan adaptasi yg bertenaga seperti menyimpan air pada jaringan tubuhnya. Sehingga nir heran kalau kaktus bisa hidup dalam kondisi kekeringan yg minim air.

BACA JUGA : 4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byGeorge Pagan III onUnsplash

Okay, mari kita cari tau cara merawat tanaman kaktus agar tumbuh dan berkembang sehingga dapat menghadirkan nuansa keindahan dan keteduhan di rumah. Bahkan, siapapun nanti yang akan melihat kaktus – tanaman dari keluarga cactaceae -- yang Sobat rawat, mereka akan terpesona memandangnya.

Cara Merawat Tanaman Kaktus

1. Pilih pot untuk kaktus yang kuat & estetis

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byRaychan onUnsplash
Hal yang paling utama diperhatikan untuk tanaman kaktus adalah wadahnya, yaitu pot. Pastikan pot tempat tumbuh kaktus kuat dan tidak mudah retak atau pecah karena pengaruh suhu atau kelembaban.

Jangan lupa mengecek pot setelah membelinya apakah terdapat atau nir lubang drainase dalam bagian dasarnya. Kalau belum ada, silakan dilubangi. Ini krusial kalau ingin merawat kaktus dengan berfokus. Sebab, kaktus nir senang menggunakan genangan air. Makanya, pot sine qua non pori-pori supaya air bisa gampang mengalir keluar pot.

Nah, karena yg ditanam flora hias, maka pot buat kaktus mesti dipilih yg agak estetis atau latif. Jadi, waktu kaktus yang dirawat sudah menunjukkan kemolekannya, tentu sangat padu dengan estetika pot. Masa keindahan kaktus hilang hanya gara-gara tampilan pot yang jelek, ya tidak tepatlah.

2. Racik media tanam yg fertile dan poros

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byNeslihan Gunaydin onUnsplash
Hampir sama dengan tanaman sekulen lainnya, kaktus juga menginginkan media tumbuh yang subur, poros, dan aeratif. Oleh karena itu, media tanam perlu diracik dari bahan-bahan yang tepat untuk pertumbuhannya.

Tentu saja media tanam kaktus sangat berkorelasi menggunakan perawatan nantinya. Bagaimana mau merawat ini & itu, bila media tanam saja telah nir mendukung untuk pertumbuhannya.

Jadi, racikllah media tanam kaktus berdasarkan bahan yang mengadung unsur hara, ada bahan organiknya, dan bersifat poros. Lazimnya, media tanam terdiri dari pupuk kompos, tanah, arang sekam, pasir atau kerikil.

Tiga. Tempatkan kaktus di lokasi terkena sinar matahari

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byThomas Griggs onUnsplash
Tanaman kaktus memang terkenal dengan tanaman yang suka tumbuh di daerah panas. Kaktus juga tanaman yang paling suka dengan adanya sinar matahari sebagai ‘teman’ untuk menunjang hidupnya.

Oleh karenanya, jika Sobat menanam kaktus, tempatkan beliau dalam lokasi yg mendapat cukup sinar surya. Apabila dijadikan menjadi tanaman hias indoor, letakkan dekat dengan area yg mampu masuk sinar matahari.

Tetapi ingat! Meskipun hidupnya tak terlepas berdasarkan cahaya mentari , ini bukan berarti kaktus harus diterpa sinar menurut pagi sampai sore hari. Berikan kesempatan buat kaktus buat menerima sinar surya minimal saja, 3-4 jam sehari sudah terasa relatif.

4. Berikan air buat kaktus secara terjadwal

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Gambar : Pixabay.com
Perhatikan tanaman kaktus agar pertumbuhannya tidak terkendala terutama ketersediaan air dalam media tumbuhnya. Walaupun tahan kekeringan, tapi suplai air tetap diperlukan jangan sampai media tumbuh ‘kering-kerontang’ yang berdampak buruk untuk pertumbuhan kaktus.

Tetapi, penyiraman air tidak perlu dilakukan setiap hari. Kaktus disiram secara berkala saja, contohnya 1-2 minggu sekali. Atau, periksa media tumbuh menggunakan menggunakan tangan buat mengetahui apakah media tumbuh masih lembab atau mungkin telah kemarau sama sekali.

Hati-hati jua dalam mengairi kaktus, jangan terlalu banyak sampai menciptakan media tumbuh tergenang. Jika sempat terendam, batang kaktus pelan-pelan akan membusuk.

Lima. Berikan nutrisi buat pertumbuhan kaktus

Perawatan yg satu ini sangat menentukan pertumbuhan kaktus, yaitu nutrisi. Supaya kaktus tumbuh indah & bahkan berbunga, aplikasikan pupuk yg mengandung nutisi hara makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) serta mengandung juga beberapa unsur hara mikro.

Pemupukan tanaman kaktus tidak perlu terlalu sering dan jangan juga terlalu poly. Cukup berikan pupuk anorganik seperti NPK pada tempo tiga bulan sekali. Dosis pupuk per pot sedikit saja, 1-dua gram per pot. Lebih baik butiran NPK dihaluskan terlebih dulu sebelum diaplikasikan ke tanaman kaktus.

Apabila pada toko pertanian terdekat tersedia pupuk NPK spesifik tanaman hias, pelaksanaan pupuk ini buat flora kaktus. Sebab, pupuk ini telah dibuat secara khusus sehingga relatif membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias.

BACA JUGA : Terungkap! Ini Rupanya Pupuk buat Tanaman Hias supaya Selalu Berbunga

6. Bersihkan gulma di lebih kurang kaktus

Tidak ada makhluk hidup yg senang hidup bersama dengan kompetitornya atau pengganggunya. Demikian dengan tumbuhan kaktus, flora yg poly duri pada tubuhnya ini, cukup terganggu menggunakan tumbuh gulma di sekitarnya.

Kita paham bahwa gulma atau rumput-rumput liar yang tumbuh pada media tumbuh kaktus akan merebut nutrisi yang tersedia buat tumbuhan kaktus. Selain itu, gulma juga akan sebagai sarang tempat berkembangnya hama dan penyakit.

Oleh karenanya, rawat & jagalah kaktus menggunakan membersihkan atau mencabut gulma yg tumbuh pada sekeliling flora kaktus. Monitor secara teratur dan jangan biarkan tumbuhan pengganggu tumbuh pada pot tanaman kaktus.

7. Ganti pot apabila kaktus sudah membesar

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo byAnnie Spratt onUnsplash
Perhatikan juga wadah tumbuh tanaman kaktus terutama pot. Jika ukuran pot tidak sesuai lagi dengan ukuran tanaman kaktus, segera ganti dengan pot baru dengan ukuran yang lebih besar.

Apabila pot kecil, sedangkan kaktus sudah cukup besar tumbuhnya, tentu sangat sempit buat media perakaran & tempat menampung nutrisi dan air. Selain itu, pot yg mini sangat beresiko gampang terjatuh akibat diterpa angin atau tersenggol.

8. Ganti media tanam kaktus apabila telah jenuh

8 Cara Merawat Tanaman Kaktus Agar Cepat Tumbuh dan Berkembang
Photo bySiora Photography onUnsplash
Pemeliharaan tanaman kaktus lainnya adalah mengganti media tumbuh kalau sudah lama dan jenuh. Jika media tumbuh sudah jenuh, pertumbuhan kaktus sedikit terganggu.

Sebab, media tumbuh yg telah usang tentu sudah habis ketersediaan nutrisi alaminya, kemampuan mengikat hara sudah rendah, porositas sudah tidak indah, serta aerasi sudah buruk.

Oleh karena itu, ganti dengan media tumbuh kaktus yang baru. Bahan-bahannya sama menggunakan bahan dalam ketika membuat media tanam sebelumnya.

Pergantiaan media tumbuh ini tidak terlalu membuat repot lantaran tidak dilakukan setiap ketika. Biasanya buat menyegarkan media tumbuh kaktus, pergantian media tumbuh dilakukan 1-dua tahun sekali.

Itulah 8 cara merawat tumbuhan kaktus agar cepat tumbuh dan berkembang menggunakan baik. Bagaimana dengan Sobat, apakah telah memberikan perhatian penuh buat flora kaktus? Kalau belum, rawatlah ia kini supaya tumbuh subur & siap memancarkan kecantikan & keindahannya buat setiap orang yg memandangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar