Minggu, 10 Mei 2020

Tips Pupuk Ketika Tanam Cabe? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Ini|Tanaman Buah

Pupuklahan.Blogspot.Com ? Keberhasilan dalam budidaya flora cabe sangat bergantung pada pertumbuhan awalnya. Kalau dalam fase pertumbuhan ini telah terhambat, hampir bisa dipastikan produktivitas berkurang. Oleh sebab itu, perlu perhatian maksimal semenjak dini, galat satunya dengan aplikasi pupuk saat tanam cabe & juga tepatnya perlakuan pupuk kandang.

Pupuk Ketika Tanam Cabai? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Begini
Pupuk Khusus Ketika Memindahkan Cabe ke Lubang Tanam

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Kenapa pupuklahan.Blogspot.Com tulis menggunakan istilah ?Tepatnya perlakuan? Pupuk sangkar saat menanam cabe? Nah, disinilah sebetulnya keliru satu rahasianya supaya dalam waktu bibit cabe dipindahkan ke huma tanam akan segera terpacu pertumbuhannya.

Oh, iya..pupuklahan.blogspot.com hampir lupa. Ini nih bahwa dalam pupuk dan pemupukan dikenal dengan pupuk sebelum tanam, pupuk ketika tanam (bersamaan menanam), dan pupuk setelah tanam yang disebut dengan pupuk susulan. Jadi, yang kita bicarakan adalah pupuk ketika tanam cabai.

Semua jenis cabe berpengaruh pada nutrisi awal

Baik, hampir seluruh jenis cabe, apakah itu cabe merah keriting, cabe hijau ataupun cabe kecil alias cabai rawit, sangat berpengaruh dalam nutrisi awal yg tersedia dalam media tumbuhnya.

Apabila unsur-unsur hara dasar dan tanah gembur, pertumbuhan vegetatif tumbuhan cabai sangat cepat. Daun-daunnya hijau, lebar, sehat, tunas cepat tumbuh, akar berkembang menggunakan baik, & relatif jauh dari organisme pengganggu tumbuhan.

Kisah sukses petani tradisional dalam pelaksanaan pupuk ketika tanam cabai

Dalam postingan ini, pupuklahan.blogspot.com ingin menceritakan kisah salah seorang petani tradisional di blang langgien yang sukses menanam cabe dengan menekankan perhatiannya pada pupuk saat tanam, yaitu ketika menanam bibit cabe.

Petani tadi menanam cabe dalam huma sawah tadah hujan. Setelah panen padi, dia lanjutkan dengan bercocok tanam cabe merah keriting. Ini berarti penanaman cabai jatuhnya sempurna pada demam isu kering.

Petani tadi tampak biasa-biasa saja. Orang lain mengolah tanah, beliau pun mengolah tanah. Intinya proses penyiapan lahan tanam cabai sampai menggunakan lubang tanam, sama seperti petani yang lain.

Namun, ketika saat menanam cabe dimulai, tampak ada perbedaan. Petani tersebut menanam bibit cabai dalam sore hari dan bahkan sampai malam hari secara pelan-pelan. Sebab, beliau mencampurkan pupuk sangkar dengan tanah hingga betul-benar tercampur sempurna menggunakan tanah dalam lubang tanam.

Selang waktu tiga-7 hari selesainya tanam, bibit cabe yang beliau tanam tumbuh subur menggunakan daun yg hijau dan lebar serta tampak tunas-tunas mulai banyak tumbuh. Bahkan, tanpa ada tanda-tanda keriting daun cabe.

Pertumbuhan & perkembangan cabe petani tadi, tampak jauh sekali perbedaan perkembangan menggunakan flora cabe yang ditanam petani-petani yg terdapat pada dekat lahannya.

Ternyata kuncinya ada dalam perlakuan khusus pupuk kandang sebelum memupuk tumbuhan cabai

Mengapa? Setelah bertahun-tahun, kurang lebih lima tahun kemudian, baru terungkap rahasia dia menanam cabai. Rupanya, petani tadi sudah mempersiapkan ?Susu terbaik? Buat ?Bayi? Tumbuhan cabe, yaitu menggunakan cara menciptakan perlakuan spesifik dalam pupuk sangkar buat pupuk dasar ketika tanam cabai.

Satu bulan sebelum tanam, pupuk sangkar sudah dia siapkan. Ia meracik pupuk kandang menggunakan baik supaya kadar nutrisi lebih tinggi dan cepat diserap sang akar tanaman cabe.

Anda mau tau bagaimana cara menyiapkan pupuk sangkar sebagai pupuk awal ketika menanam cabe dengan perlakuan spesifik? Pupuklahan.Blogspot.Com menggunakan bahagia hati akan menyebarkan wangsit sukses meningkatkan kecepatan pertumbuhan vegetatif tumbuhan cabai buat Anda sebagai Sobat pupuklahan.Blogspot.Com.

Perlakuan pupuk kandang buat pupuk dalam waktu tanam cabe

Kalau Anda ingin mengetahui pupuk dasar cabe secara lengkap, Anda dapat membaca artikel ‘ Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe yang Tepat agar Berbuah Lebat dan Sehat .’ Di sana sudah dijelaskan jenis-jenis pupuk dasar dan cara aplikasinya.

Khusus buat artikel ini, pupuklahan.Blogspot.Com ingin menambah tip tambahan/rahasia pupuk dasar atau pupuk yang dipakai bersamaan dengan taman cabe.

Jadi, meskipun Anda sudah menaruh pupuk dasar sebelum tanam cabe berupa urea, Sp-36, KCL, & pupuk sangkar, tidak terdapat salahnya bila Anda terapkan perlakuan tambahan dalam pupuk kandang sebagai pupuk dasar tambahan supaya flora cabai terpacu pertumbuhan semenjak awal tanam.

Perlakuan pupuk kandang menjadi pupuk yang akan dipakai dalam waktu tanam cabai bertujuan buat menaikkan kualitas pupuk.

Selain itu, bahan-bahan organik yang belum sempurna terurai atau terdekomposisi pada pupuk kandang akan terurai secara aporisma oleh mikroorganisme. Demikian juga menggunakan zat-zat toksit/r4cun akan dapat diminimalisir.

Jenis pupuk kandang yg akan ditingkatkan kualitasnya sebagai pupuk saat menanam bibit cabe

Untuk pupuk ketika tanam cabe, Anda bisa memakai pupuk sangkar yang asal berdasarkan kotoran sapi, kerbau, & unggas seperti kotoran ayam.

Semua jenis pupuk tersebut yg akan digunakan untuk tumbuhan cabe nir boleh dalam bentuk segar. Bentuk segar kotoran ternak akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan cabe seperti kuning, layu, & bisa jua berjamur.

Pun buat pupuk sangkar yang akan dibuat perlakuan mesti pupuk sangkar yg sudah kemarau dan matang. Pupuk kandang yg dipakai merupakan kotoran ternak yang sudah lama ditimbun atau dikumpulkan sebagai akibatnya telah bisa dikatakan sebagai pupuk kandang.

Cara buat perlakuan khusus pupuk kandang sebelum dipakai buat pupuk waktu tanam cabai

Pupuk Ketika Tanam Cabai? Gunakan Pupuk Kandang Perlakuan Khusus Begini
Bahan-bahan buat Perlakuan Pupuk Kandang

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Baik, tibalah saatnya pupuklahan.Blogspot.Com akan membeberkan misteri memacu pertumbuahan awal tumbuhan cabai menggunakan perlakuan pupuk sangkar yang pernah dilakukan petani tadi pada atas.

Berikut ini cara buat perlakuannya

Alat-alat :

  • Gembor
  • Cangkul/Skrup
  • Terpal plastik
  • Karung bekas

Bahan-bahan :

  • Pupuk kandang sebanyak 50 Kg
  • Abu bakaran (kalau dulu dikatakan abu dapur karena banyak orang memasak menggunakan kayu untuk bahan bakar) sebanyak 1 kg. Abu bakaran ini untuk meningkatkan mineral dan menjaga kondisi pH pupuk kandang.
  • Urea sebanyak 1 ons ( atau 1 gemggam). Urea untuk menambah unsur N dan untuk memacu pertumbuhan mikroorganisme pengurai.
  • SP-36 sebanyak 2 sendok makan (dihaluskan). Ini opsional, jika ada lebih bagus. Sp-36 untuk meningkatkan kualitas pupuk kandang.
  • Air secukupnya

Langkah-langkah menciptakan perlakuan pupuk kandang buat nutrisi awal ketika tanam cabai

  • Gelarkan terpal
  • Tumpukkan pupuk kandang di atas terpal
  • Tambahkan abu bakaran dan campur merata dengan pupuk kandang
  • Larutkan urea dan sp-36 ke dalam air. Aduk-aduk sampai merata dan terlarut semua. Ingat, Air secukupnya saja untuk melembabkan capuran pupuk kandang. Untuk itu, jangan sampai becek.
  • Siram campuran bahan tersebut (pupuk kandang dan abu bakaran) dengan larutan pupuk yang telah dibuat tadi. Siram sedikit demi sedikit sambil bahan pupuk tersebut diaduk-aduk. Jika sudah merata dan sudah lembab, jangan disiram lagi.
  • Masukkan ke dalam karung bekas dan ikat dengan kuat agar tidak masuk udara.
  • Letakkan pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari, dan tidak diterpa hujan.
  • Setelah 2-4 minggu, pupuk kandang tersebut siap digunakan sebagai pupuk ketika tanam cabe.

Cara aplikasi pupuk kandang yang telah dibentuk perlakuan buat flora cabe pada waktu tanam

Nah, pupuk sangkar yang ini memang akan diaplikasi bersamaan menggunakan ketika menanam cabai. Namun, cara aplikasinya sedikit berbeda dari cara yg banyak dilakukan petani masa sekarang.

Pupuk sangkar yang sudah Anda racik spesifik tersebut, Anda pakai sempurna saat mulai menanam cabai atau memindahkan bibit cabai ke lubang tanam. Masukkan ke dalam masing-masing lubang tanam sebesar 1 genggam. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Gemburkan tanah yang ada pada lubang tanam
  • Tambahkan 1 genggam pupuk kandang
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah lubang tanam sampai merata
  • Masukkan kembali tanah yang telah dicampur pupuk kandang sebagian saja saja
  • Tanam bibit cabai
  • Tutup dengan tanah campuran pupuk tadi yang masih tersisa.
  • Siram secukupnya

Dengan cara misalnya ini, yaitu aplikasi pupuk kandang menjadi pupuk ketika tanam cabe, tanaman cabai tidak gampang stres dan cepat tumbuh fertile lantaran pribadi tersedia nutrisi yang cukup & gampang diserap akar flora cabai.

Meskipun Anda sudah menaruh pupuk dasar cabai misalnya pupuk kimia & pupuk sangkar menggunakan cara menebar, akan lebih mengagumkan apabila Anda masukkan lagi pupuk kandang yang telah dibuat perlakuan spesifik ke dalam lubang tanam dalam waktu menanam cabai.

Sebab, pada masa awal-awal tanam, akar tumbuhan cabe belum berkembang banyak apalagi memanjang jauh untuk mencari nutrisi.

Sobat pupuklahan.Blogspot.Com , itulah rahasia pupuk saat tanam cabai. Pupuk kandang yang sebelumnya sudah dibuat perlakuan spesial , tentu kualitasnya indah. Al-hasil, nutrisi tadi akan dengan gampang diserap oleh akar bibit cabai yg baru saja ditanam. Demikian & salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar