Jumat, 22 Mei 2020

Tips Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat|Tanaman Buah

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag -- Menanam cabai memang cukup menarik apalagi harganya yang sering sekali ‘pedas’ alis mahal. Karenanya, bagi sebagian orang yang lahannya terbatas, memilih menanam cabe di polybag. Meskipun di polybag, tidak menjadi kendala kalau tanaman cabai dirawat dengan baik dan benar terutama sekali pemupukan.

Cabai di polybag bisa tambah income

Selain untuk konsumsi sendiri, tanaman cabai di polybag atau pot punya nilai lain, yaitu menambah estetika atau keindahan rumah. Bahkan, andai ditanam dalam jumlah banyak dan dipupuk dengan baik, produksi buah cabai di polybag bisa dijual untuk menambah income rumah tangga.

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Banyak jenis cabe sanggup ditanam di polybag

Tidak hanya cabe merah keriting yang sanggup ditanam di polybag, tetapi hampir semua varietas cabai dapat tumbuh menggunakan baik di media terbatas (polybag), termasuk cabe rawit. Asalkan diberikan pupuk yg sempurna, buah pun akan lebat dan sanggup jadi berkali lipat.

Syarat tumbuh bukan hambatan menanam cabai di polybag

Menanam cabe pada polybag menjadi pilihan poly orang karena tidak terdapat hambatan dengan syarat tumbuh ini dan itu. Tidak menjadi halangan dengan sinar mentari lantaran polybag cabe bisa ditempatkan pada lokasi yang terkena sinar. Tidak terkendala menggunakan air, Sobat sanggup menyiramnya buat menjaga kelembaban media tumbuh.

Demikian jua menggunakan ketika, waktu menanam pun bisa kapan saja. Tanaman cabe di polybag sanggup ditanam pada trend kemarau dan nir ada masalah jikalau mau tanam pada isu terkini hujan

Tanaman cabe di polybag butuh perawatan, terutama pupuk

Yang terpenting agar flora cabai di polybag tumbuh subur & produktif merupakan perawatan, seperti penyiraman, penyiangan, perempelan, pengendalian hama/penyakit, dan juga pemupukan.

BACA JUGA : Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya supaya Panen Berulang Kali

Memang pupuk untuk tumbuhan cabe yang ditanam pada tanah langsung tidak jauh tidak selaras dengan rabuk buat flora cabai di polybag. Namun, perlu dicatat dan hati-hati pada pemupukan karena media tumbuh cabe di polybag sangat terbatas.

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
Gambar Bibit Cabai Rawit di Pot. Gbr : Dokpri

Lantaran terbatasnya media tumbuh, maka penyelesaiannya adalah perlu pemupukan yg tepat. Misalnya, berapa dosis pupuk, kapan dipupuk, seberapa tak jarang dipupuk, dan bagaimana cara pemupukan apakah dibenamkan atau dikocor atau disiram.

Kita paham bahwa pupuk yang diberikan terlalu banyak ke pada media tumbuh cabe pada polybag akan mengakibatkan terganggu pertumbuhannya. Konsentrasi pupuk pada media tumbuh yang tinggi, akan merusak sel-sel akar flora cabai sebagai akibatnya cabai lambat laun layu & akhirnya tewas.

Bahkan, pupuk yg diberikan buat cabe di polybag akan gampang sekali hilang, terutama tercuci dampak berdasarkan penyiraman ataupun hujan.

Oleh karena itu, apabila pemupukan nir sempurna, maka pupuk tersebut akan sebagai ?Bala? Atau sanggup jadi tidak berarti apa-apa buat pertumbuhan dan produktivitas cabai pada polybag.

Apa pupuk buat tanaman cabe pada polybag?

Baik, apa pupuk dan bagaimana pemupukan tanaman cabe dipolybag supaya tumbuh subur & berbuah lebat? Pemupukan tanaman cabai yg akan ditanam pada polybag sudah dimulai sejak masa penyemaian benih, penyiapan media tanam, & kemudian pemupukan susulan.

A. Pupuk buat cabai saat penyemaian

Meskipun jarang yg bertanya pupuk dalam ketika penyemaian benih, sebetulnya nutrisi tumbuhan cabe telah wajib mulai diperhatikan semenjak dini. Sebab, jika nutrisi relatif tersedia buat pertumbuhan vegetatif bibit cabe, maka bisa dipastikan bibit cabe tumbuh fertile dan sehat.

Jadi, dengan pertumbuhan bibit cabai subur dan sehat di persemaian, maka ketika dipindahkan atau ditanam ke dalam polybag,  akan cepat tumbuh dan berkembang. Selain itu, bibit cabe yang sehat, relatif jauh dari serangan hama dan penyakit.

BACA JUGA : 4 Cara Praktis Memindahkan Bibit Cabe berdasarkan Persemaian ke Lahan Tanam

Apa pupuknya pada tahap penyemaian benih cabai? Pupuknya dalah pupuk organik, yaitu pupuk kandang atau pupuk kompos. Selain itu, buat memacu pertumbuhan bibit, ditambah pupuk NPK

Jika benih disemai pada tray atau polybag semai, maka pupuk kandang dicampur dengan media semai lainnya dengan perbandingan 1:1:1. Artinya, 1 bagian pupuk kandang dicampurkan dengan 1 bagian pasir & 1 bagian tanah.

Campurkan pula pupuk NPK yg telah dihaluskan ke pada adonan media semai tersebut sebesar 0,1 ? 0,25 gram per tray atau polybag (isi tray atau polybag /- 25 ml adonan bahan media semai)

Seandainya media semai cabe adalah berupa bedengan atau berupa kotak kayu, maka tambahkan 3-5 kg pupuk kandang dan 10-20 gram NPK per 1 m2 satuan luas (meter persegi).

B. Pupuk buat tumbuhan cabe saat membuat media tanam

Media tanam yang akan dimasukkan ke dalam polybag berupa bahan-bahan yang bernutrisi. Ini bertujuan  agar tanaman cabai dapat segera menyerap unsur hara yang tersedia pada saat ditanam.

Oleh karenanya, berdasarkan komposisi media tanam cabe yang dibuat, maka keliru satunya merupakan pupuk sangkar atau kompos. Sekadar gambaran saja, media tanam buat menanam cabe pada polybag galat satunya terdiri berdasarkan adonan pupuk sangkar, sekam padi, & tanah menggunakan perbandingan 1:1:1.

Masih terdapat lagi pupuk buat cabai pada polybag menjadi pupuk dasar ketika menciptakan media tanam, yaitu pupuk KCL dan SP-36. Pupuk kimia ini dibubuhi ke pada media tanam sebanyak 1 sdt per polybag. Perbandingan pupuk KCL dengan SP-36 merupakan 1:1.

Setelah seluruh bahan media tanam dicampurkan secara merata, abaikan selama 1 minggu sebelum tanam.

C. Pupuk susulan buat tumbuhan cabai di polybag

Seperti disinggung pada awal artikel ini, pemupukan flora cabe di media terbatas misalnya polybag wajib tepat. Pupuk tidak boleh diberikan sekaligus dalam satu saat menggunakan dosis tinggi lantaran dapat meracuni dan mengganggu pertumbuhan tanaman cabe.

Akan tetapi, tanaman cabai pada polybag mesti sering-seringkali dipupuk dengan takaran rendah supaya pupuk nir terbuang karena pembersihan baik karena disiram atau hujan.

Apa pupuk susulan buat cabai pada polybag? Untuk fase pertumbuhan awal, yaitu buat pertumbuhan vegetatif tumbuhan cabe, maka pupuknya merupakan pupuk yang mengandung nitrogen (N) misalnya pupuk urea ataupun pupuk ZA.

Pupuk susulan fase vegetatif ; Satu minggu setelah tanam (7 HST), tanaman cabai di polybag sudah dapat dipupuk dengan pupuk urea (mau pakai ZA silakan). Dosisnya, 10 gram urea untuk 40 tanaman cabai di polybag atau 0,25 gram per polybag.

Cara aplikasi pupuk susulan tanaman cabe pada polybag sebagai berikut.

  • Larutkan sebanyak 10 gram urea ke dalam 10 liter air
  • Siram sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag
BACA JUGA : Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe yang Tepat agar Berbuah Lebat dan Sehat

Lakukan pemupukan misalnya ini setiap 1 minggu sekali hingga menjelang tumbuhan cabe di polybag masuk fase generatif atau pembungaan.

Pupuk susulan fase generatif ; Memasuki masa pembungaan atau +/- 40 hari setelah tanam, berikan pupuk NPK 15:15:15 untuk tanaman cabai dengan dosis 0,125 gram per polybag. Pemupukan dilakukan seminggu sekali.

Cara pelaksanaan pupuk susulan buat flora cabe menjelang pembungaan misalnya ini dia

  • Larutkan sebanyak 5 gram NPK ke dalam 10 liter air
  • Siram/kocor sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag

Pemupukan pada fase generatif bisa ditingkatkan dosisnya sinkron menggunakan umur flora. Dosis pupuk ditingkatkan secara bertahap mulai 0,125 gr ? 0,75 gr per polybag.

Baca juga ini ; 7 Cara Tanam Semangka dalam Pot

Cukupi unsur hara mikro tumbuhan cabai pada polybag

Selain pemupukan dengan pupuk akar, yaitu urea maupun NPK yg dilakukan menggunakan penyiraman/pengocoran, pelaksanaan juga pupuk daun setiap 2 minggu sekali menggunakan cara penyemprotan.

Dengan pelaksanaan pupuk daun, flora cabai pada polybag akan tercukupi unsur-unsur hara baik makro dan mikro. Dengan demikian, flora cabe akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

Pupuk daun yg diaplikasi dalam fase vegetatif berbeda dengan pupuk daun pada fase generatif. Pada fase vegetatif, pakai pupuk daun yang poly mengandung unsur hara N. Sedangkan pada fase generatif, pakai pupuk daun yg tinggi unsur hara P & K.

Itulah pupuk buat tanaman cabai di polybag supaya tumbuh subur dan berbuah lebat. Lakukan perawatan menggunakan baik seperti penyiangan, penyiraman, perempelan, & pengendalian hama dan penyakit agar flora cabe tumbuh & berkembang menggunakan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar