Kamis, 21 Mei 2020

Tips Ini Pupuk dan Pemupukan untuk Kapulaga agar Berbuah Lebat|Tanaman Buah

Pupuk untuk Kapulaga – Salah satu tanaman rempah yang cukup menggiurkan untuk ditanam adalah kapulaga (Elletria Cardamomum). Sebab, harga jual buah kapulaga cukup tinggi di pasaran mencapai ratusan ribu rupiah per kilogram.

Namun, yg namanya komoditas bernilai ekonomis, maka pada budidaya kapulaga wajib melewati ?Jalan berliku? Yang cukup panjang & melelahkan alias memerlukan kesungguhan ekstra berfokus & bisa menghadapi tantangannya yang mungkin hadir cukup banyak.

Ini Pupuk dan Pemupukan untuk Kapulaga agar Berbuah Lebat

Hasil kapulaga berlimpah lantaran perawatan

Menanam kapulaga supaya hasilnya berlimpah, tentu saja nir semudah membalikkan telapak tangan. Tanaman kapulaga memerlukan sejumlah perawatan intensif agar tumbuh subur dan produktif sepanjang tahun.

Salah satu perawatan yang nir boleh diabaikan merupakan pemupukan. Sebab, apabila defisiensi unsur hara di pada tanah, baik unsur hara makro maupun unsur hara mikro, tanaman obat dan bumbu kuliner ini nir membuat apa-apa.

Setiap tahapan pertumbuhan, kapulaga butuh pupuk

Oleh karena itu, pada menanam kapulaga, maka mulai ketika pengolahan tanah hingga menggunakan sesudah tanam, lahan kapulaga wajib dipastikan subur. Tidak hanya cukup gembur atau banyak bahan organik, namun juga ketersediaan zat-zat krusial seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), magnesium (Mg), & unsur hara lainnya.

Bahkan, setelah tanaman kapulaga dipanen pertama dalam usia dua-tiga tahun, pemupukan terus dilanjutkan. Sebab, usia hidup kapulaga dan produktivitasnya bisa mencapai 10-12 tahun. Jadi, pemupukan nir boleh terhenti agar setiap tahun kapulaga sanggup dipanen menggunakan produksi yang terus semakin tinggi dan berlipat-lipat.

Mau kapulaga berbuah lebat ? Pupuklah

Bayangkan, apa yang terjadi kalau tanaman kapulaga cukup nutrisi sepanjang masa pertumbuhannya? Tentu berbuah lebat, ‘kan?. Minimal hasil yang akan dipanen bisa mencapai minimal 5 kg buah kapulaga basah per rumpun per tahun atau 1 kg buah kapulaga kering.

Nah, berapa rupiah kira-kira ‘tuh? Ya, tinggal kalikan saja hasil panen dengan harga update di pasar, tentu hasilnya luar biasa tinggi dan mungkin Sobat pun akan lebih bersemangat untuk terus merawatnya.

Pupuk dan Pemupukan tumbuhan kapulaga

Kalau demikian,  apa pupuk untuk kapulaga, kapan saja diaplikasikan agar kapulaga berbuah lebat, dan bagaimana cara pemupukannya ?

1. Pupuk dasar sebelum menanam kapulaga

Meskipun Sobat telah mendapatkan lahan yang sinkron dengan syarat tumbuh kapulaga, seperti tanah yg gembur dan berhumus tinggi, namun pemupukan dasar tetap perlu diperhatikan agar huma permanen mendukung buat pertumbuhan tanaman kapulaga.

Pupuk dasar yg diaplikasi sebelum menanam kapulaga adalah pupuk organik. Sobat bisa menggunakan pupuk sangkar & sanggup pula pupuk kompos, tergantung mana yang lebih mudah diperoleh.

Pupuk dasar diaplikasikan pribadi pada lubang tanam dengan takaran pupuk organik tiga-5 kg per lubang tanam, ya disesuaikan dengan kesuburan lahan.

Berikut cara aplikasi pupuk dasar sebelum menanam kapulaga.

  • Siapkan pupuk kandang  (boleh diganti kompos kalau ada)
  • Campurkan tanah galian lubang tanam lapisan bawah dengan pupuk kandang
  • Masukkan kembali tanah galian lapisan atas ke dalam lubang tanam
  • Berikutnya masukkan tanah yang sudah dicampurkan pupuk
  • Biarkan lubang tanam yang telah dimasukkan campuran tanah dan pupuk selama seminggu sebelum tanam

2. Pupuk susulan tanaman kapulaga

Untuk menunjang pertumbuhan flora kapulaga, pemupukan sehabis tanam dilanjutkan. Pupuk susulan diberikan secara bertahap, yaitu tiga bulan sekali. Apa pupuk susulan yang rupawan untuk tumbuhan kapulaga?

Pupuk susulan buat kapulaga ada dua, yaitu pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) & pupuk anorganik atau umumnya dikenal dengan pupuk kimia.

A Pupuk kimia (anorganik)

Pupuk kimia merupakan pupuk yg baik buat kapulaga lantaran dapat menyediakan unsur hara makro seperti N, P, dan K yang cepat diserap tumbuhan. Salah satu jenis pupuk kimia yg acapkali diaplikasikan adalah NPK 15:15::15.

BACA INI : Rahasia Membuat Pupuk NPK Buah 15:20:40 Tanpa Harus Membeli

Pupuk NPK 15:15:15 diberikan buat tumbuhan kapulaga pertama sekali pada usia 1 bulan sehabis tanam. Dosis pupuk NPK adalah 30 gram per flora (rumpun). Pupuk ini diaplikasi menggunakan cara dibenamkan pada sekeliling tumbuhan.

Pemupukan susulan kapulaga dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan takaran pupuk & cara aplikasinya yg sama. Setiap terselesaikan pemupukan, jangan lupa disiram bila pelaksanaan pupuk jatuh pada ekspresi dominan kering.

B. Pupuk kandang (organik)

Selain pupuk kimia, pupuk susulan pula diaplikasikan pupuk sangkar. Kita tau bahwa pupuk kandang merupakan pupuk terbaik buat menyuburkan tanah dan tanaman kapulaga. Kapan diaplikasi pupuk kandang untuk pupuk susulan kapulaga?

BACA JUGA : Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau dan Praktis Diaplikasikan ke Lahan

Setiap kali dilakukan penggemburan tanah pada sekeliling tumbuhan kapulaga, perlu ditambahkan sedikit pupuk organik. Dosisnya, 1-dua kg pupuk kandang per tumbuhan. Cara aplikasi, ya ditaburkan pada sekeliling tumbuhan kapulaga dan ditutup kembali menggunakan tanah.

Pupuk kandang juga diberikan secara teratur setiap tahun sekali dengan dosis 10 kg per tanaman kapulaga. Dosis pemupukan pupuk organik ini dapat ditingkatkan setiap tahun sesuai dengan usia tanaman, produktivitas tanaman,  dan kondisi kesuburan tanah.

C Pupuk cair (opsional)

Untuk menunjang kesuburan dan produksi butir kapulaga, boleh jua setiap 3-6 bulan sekali diaplikasikan dengan pupuk cair. Aplikasi pupuk cair ini baik, namun hanya opsional (pilihan saja). Sebab, menggunakan pelaksanaan pupuk cair melalui daun, tumbuhan kapulaga yg kurang optimal penyerapan unsur hara melalu akar, akan terbantu dan tumbuh subur.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras buat Nutrisi Tanaman

Itulah pupuk & pemupukan buat flora kapulaga. Apabila aplikasi pupuk pada setiap tahapan pertumbuhannya nir terlupakan dan diikuti dengan perawatan lainnya yg baik dan sahih, maka kapulaga akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar