Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar|Tanaman Buah

Jagung manis salah satu flora pangan yg cukup menarik buat ditanam. Tanaman tinggi kadar gula ini dapat tumbuh baik pada tanam di lahan sawah, kebun, maupun ladang. Bahkan, bila ditanam pada polybag pun, jagung cantik mampu tumbuh fertile & membentuk buah atau tongkol akbar. Apakah Anda ingin tau cara menanam jagung manis pada polybag?

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Menanam jagung cantik pada polybag atau pot

Lihat kondisi tumbuh, Tanam jagung manis pada polybag

Tidak perlu ragu menanam jagung manis dalam polybag, mau tumbuh kuk. Apalagi Anda berdomisili di negeri dengan iklim tropis, merupakan kondisi yang sangat mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan jagung manis.

Anda mungkin masih ingat syarat tumbuh jagung manis, bukan?. Untuk persyaratan lahan tidaklah muluk-muluk amat.  Asalkan drainase bagus, intensitas sinar matahari cukup, tanah subur, gembur, dan cukup air, jagung manis tumbuh dan tentu saja produktif. Bahkan, budidaya jagung manis dapat dilakukan baik di dataran rendah, sedang, dan dataran tinggi.

BACA Juga : 9 Langkah Budidaya Jagung Manis Biar Hasilnya Melimpah

Melihat kondisi tumbuh jagung manis yang tidak manja-manja banget, maka bagi Anda yg ingin bercocok tanam jagung anggun pada polybag tak usah khawatir & nir perlu ditunda lagi. Beli benih jagung cantik dan segera tanam. Tunggu /- dua bulan, Anda telah bisa memetik tongkol jagung manis pada rumah Anda.

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Jagung manis di polybag

Media tanam & perawatan menentukan pertumbuhan jagung cantik di polybag

Tetapi perlu dicatat, cara tanam jagung cantik di polybag yang baik dan benar haruslah di awali menggunakan menyiapkan media tanam yang subur. Seperti apa media tanam jagung manis pada pot atau polybag? Semuanya akan kita ulas dalam artikel ini secara lebih jelasnya

Selain itu, perawatan seperti pemupukan yang sempurna, penyiraman yg rutin, & penempatan polybag pada area terbuka dengan sinar matahari yang relatif merupakan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat Anda menanam jagung anggun pada polybag.

Mengapa menanam jagung cantik di polybag?

Sebelum kita lanjutkan bepergian menuju teknik menanam jagung cantik pada polybag, ayo kita lihat terlebih dulu mengapa orang-orang menarik menanam jagung di polybag.

Beberapa alasan budidaya jagung pada polybag misalnya di bawah ini

  • Tidak punya lahan luas seperti sawah atau kebun
  • Ada area kosong di perkarangan yang bisa digunakan untuk berkebun di rumah
  • Ingin menyalurkan hobi bercocok tanam di rumah
  • Lahan ada, tetapi sulit diolah karena banyak hambatan seperti keras dan bebatuan
  • Untuk menambah estetika perkarangan rumah
  • Mudah dalam perawatan
  • Dan sejumlah alasan lainnya

Langkah Menanam Jagung Manis di Polybag

Nah ini dia yang Anda nanti-nanti, yaitu langkah-langkah menanam jagung manis dalam polybag atau media terbatas lainnya agar tumbuh sehat, menghasilkan tongkol yang besar,  dan padat isinya. Yuk simak penjelasannya seperti uraian di bawah ini.

1. Gunakan benih jagung anggun unggul

Cara sukses menanam jagung cantik di polybag diawali berdasarkan benih. Pastikan Anda menggunakan benih jagung manis unggul & berkualitas agar produksinya tinggi. Kalau mampu, cari biji jagung anggun yang bertongkol 2 biar poly panennya.

Untuk menerima benih jagung anggun unggul, Anda tidak usah pusing-pusing memikirkannya. Kini, benih jagung cantik F1 telah banyak diproduksi dan dipasarkan. Anda tinggal pergi ke toko sarana pertanian & beli. Di sana ada banyak pilihan, Anda mampu beli benih jagung anggun seperti Bonanza F1, Bonanza dua F1, Bonanza 9 F1, benih jagung anggun Asia, dan lain-lain.

2. Racik media tanam jagung manis untuk dimasukkan ke polybag

Salah satu keuntungan menanam jagung cantik di polybag merupakan tidak perlu pengolahan lahan dan tidak capek membuat bedengan. Hanya saja, Anda mesti meracik media tanam atau media tumbuh jagung manis yang baik supaya dapat menunjang pertumbuhannya.

Media tanam yg baik buat jagung cantik haruslah yang fertile, gembur, poros, dan aeratif. Untuk membuat media tanam misalnya itu, maka bahan-bahan yang mampu Anda gunakan buat menciptakan media tanam adalah tanah, arang sekam, & pupuk kandang. Perbandingan masing-masing bahan merupakan 1:1:1.

Jika ingin membuat media tumbuh jagung anggun pada polybag yang relatif lebih rupawan, cara lain bahannya adalah tanah, arang sekam, dan kompos. Perbandingan bahannya dua:1:1.

Tetapi, kami sarankan pakai bahan media tanam yang mudah Anda dapatkan, murah biayanya tapi berkualitas, & gampang pada aplikasinya.

Khusus buat tanah, usahakan Anda gunakan tanah kebun. Ambil lapisan tanah lapisan atas (top soil) karena tanah pada lapisan ini lebih kaya dengan unsur hara alias lebih fertile.

3. Pilihlah polybag dengan ukuran yang pas

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Ukuran polybag buat menanam jagung anggun

Kita cukup paham bahwa jagung adalah tanaman yang banyak akar serabut dan akan tumbuh ke samping. Kita pula mengerti bahwa media tanam berfungsi buat menampung nutrisi dan air. Oleh karena itu, pilihlah ukuran polybag buat budidaya jagung manis yang pas.

Berapa ukuran polybag untuk menanam jagung anggun? Anda mampu gunakan polybag menggunakan berukuran 20 cm x 50 centimeter. Polybag ini jika dibuka akan mempunyai diameter sekitar 25,48 centimeter. Atau Anda mampu jua pakai polybag berukuran lain yang relatif akbar, contohnya kaleng cat bekas yang berdiameter 30 cm. Intinya, pakai polybag dengan diameter 25-30 centimeter dan ketinggiannya minimal 40 centimeter.

4. Isi polybag dengan media tanam

Jika media tanam sudah Anda racik dan polybag sudah ada, tambahkan media tanam jagung anggun ke pada polybag. Isikan media tanam kira-kira ? Tinggi polybag. Artinya, ada tersisa ruang ? Dalam bagian atas polybag.

Dan, biarkan media tanam yg sudah dimasukkan dalam polybag selama seminggu sebelum tanam supaya lebih kompak & siap menyuburkan jagung cantik.

Lima. Tanam benih jagung anggun ke pada polybag

Anda kini siap untuk membenamkan benih jagung anggun ke pada polybag. Cara menanam jagung manis pada polybag misalnya berikut adalah.

  • Buat lubang tanam dengan jari atau kayu tepat ditengah media tanam dengan kedalaman 1-2 cm
  • Masukkan 1-2 benih jagung manis
  • Tutup dengan tanah halus
  • Siram secukupnya

Benih jagung anggun yg rupawan cukup cepat tumbuh. Dalam saat 2-tiga hari, benih jagung anggun telah mulai berkecambah.

6. Siram jagung cantik pada polybag secara rutin

Agar tumbuh subur, lakukan perawatan jangung cantik pada polybag secara rutin terutama penyiraman. Siram jagung anggun secukupnya setiap hari atau sesuaikan dengan cuaca.

7. Letakkan polybag dalam tempat yang terkena sinar matahari

Tanaman jagung akan membuat tongkol jika menerima sinar surya yg cukup, /- 8 jam sehari menggunakan intensitas yg penuh. Sebab, sinar mentari cukup krusial buat proses fotosintesis dan penyusunan zat-zat makan pada jaringan tanaman .

Oleh karena itu, letakkan polybag yang sudah ditanam jagung manis pada area yang mendapakan sinar matahari.  Jika tidak, tanaman jagung manis hanya tumbuh terus meninggi tanpa menghasilkan buah/tongkolnya.

8. Aplikasi pupuk supaya jagung manis di polybag fertile & produktif

Selain penyiraman, jagung anggun yg ditanam pada polybag nir terlepas menurut pemupukan. Asalkan relatif nutrisi misalnya N, P, K, dan unsur hara mikro, jagung manis cepat tumbuh & akan berbuah 1-2 tongkol per pohon.

Apa pupuk untuk jagung manis pada polybag? Pupuk yang dipakai adalah pupuk kimia yang mengandung unsur hara makro. Bisa pupuk NPK & boleh juga pupuk tunggal misalnya urea,SP-36, dan KCL.

Jagung anggun sudah bisa dipupuk sejak 7-10 hari sehabis tanam. Kemudian dilanjutkan menggunakan pemupukan susulan.

Berikut ini pupuk & pemupukan jagung cantik pada polybag.

  • Umur jagung manis 7-10 hari ; Aplikasikan pupuk urea, SP-36, dan KCL dengan dosis 5 gram setiap polybag. Atau, Anda bisa gunakan pupuk NPK dengan dosis 2-3 gram per polybag.
  • Umur jagung manis 20 hari ; Jenis dan dosis sama seperti pemupukan jagung manis umur 7-10 hari.
  • Umur jagung manis 20 hari ; Jenis dan dosis sama seperti pemupukan jagung manis umur 20 hari.

Cara pelaksanaan pupuk jagung cantik pada polybag

Anda bisa pelaksanaan pupuk buat tanaman jagung anggun pada polybag menggunakan cara dibenamkan atau ditugal di sekeliling tumbuhan. Hati-hati jangan sampai terkena pohon jagung dengan pupuk karena bisa mengganggu tumbuhan, sanggup terluka atau terbakar daunnya.

Selain dibenamkan, pupuk jagung manis pada polybag jua bisa diaplikasikan menggunakan cara dikocor/penyiraman larutan pupuk. Caranya, larutkan 1 sdt NPK ke pada 1 liter air. Siram 250 ml per polybag.

9. Tambahkan nutrisi menggunakan pupuk daun

Untuk menunjang pertumbuhan & produktivitas flora jagung cantik di polybag, Anda dapat memupuk dengan pupuk daun. Aplikasi pupuk daun menggunakan cara yg tepat pada fase vegetatif dan menjelang masuk fase generatif dengan jenis pupuk daun yang sesuai.

BACA JUGA : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D dan B supaya Cepat Diserap Tanaman

Itulah cara menanam jagung cantik di polybag yang sangat gampang. Anda pun dapat mencoba menanamnya. Andaikan perawatan dilakukan dengan baik & teratur, maka tanaman jagung cantik sudah mampu dipanen tongkolnya dalam umur /- 2 bulan (sesuai dengan varietas jagung cantik yg Anda gunakan).

Video Cara Menanam Jagung Manis di Polybag atau dalam Pot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar