Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya|Tanaman Buah

Pakcoy, disebut juga dengan nama bok choy atau pak choi, merupakan tanaman sayuran yang mudah tumbuh dan bernilai ekonomis. Selain itu, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmati hasilnya. Kurang dari 2 bulan setelah tanam, pakcoy sudah dapat dipanen dan siap untuk dipasarkan. Akan tetapi, untuk dapat memetik hasil yang memuaskan, tentu saja Anda mesti tau cara menanam pakcoy terlebih dulu.

Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya
Ilustrasi Sayuran Pak Choy. Gambar oleh MetsikGarden dari Pixabay

Banyak petani cukup tertarik untuk budidaya tanaman pakcoy. Ada yang menanam pakcoy di tanah sawah atau kebun, dalam pot, di perkarangan rumah, dan bahkan tidak sedikit yang menanam pakcoy secara hidroponik. Dimana pun lokasi menanamnya dan apapun bentuk media tanamnya, asal sudah mengerti teknik menanam pakcoy, ia akan tumbuh subur dan produktif.

Mengapa pakcoy begitu populer di mata masyarakat?

Oh iya, sebelum kita mengintip cara menanam pakcoy, admin pupuklahan.blogspot.com ingin ungkapkan alasan mengapa sayuran pakcoy begitu dikenal oleh masyarakat dan laris manis di pasar.

Sawi sendok, demikian nama lain dari pakcoy, merupakan jenis sayuran yang rasanya enak dan lezat. Makanya, tidak mengherankan kalau sayuran berdaun hijau dan berserat ini sering kali dihidangkan sebagai masakan spesial seperti sayur pakcoy, tumis pakcoy, sup pakcoy, dan aneka olahan lainnya.

Bukan saja enak, tetapi sayuran dari spesies Brassica sinensis L. ini memiliki nilai gizi yang tinggi seperti vitamin dan sejumlah mineral. Karena itulah, pantas saja kalau pak choy menjadi salah satu sayuran yang begitu populer dan diminati masyarakat secara umum.

Nah, apakah Anda sudah menjadi salah satu produsen sayuran pakcoy? Atau, apakah Anda penikmat sayuran pakcoy? Yuk menanamnya sekarang. Tak usah khawatir, cara menanam pakcoy cukup gampang bin mudah. Gak yakin, lihatlah syarat tumbuh pakcoy yang sangat toleran dan tidak memberatkan kita untuk mulai menanamnya.

Kenal dulu kondisi tumbuh, sebelum menanam pak choi

Apa saja syarat tumbuh pakcoy? Berikut ini kondisi tumbuh yang disukai oleh tanaman sayuran pakcoy.

  • Tanah relatif subur, gembur, dan aeratif, serta tidak tergenang
  • Tanah dengan pH 5,5 – 6 cukup bagus untuk menanam pakcoy
  • Meskipun dapat tumbuh di dataran rendah, ketinggian tempat yang ideal berkisar 1000-1200 dpl
  • Cukup mendapatkan sinar matahari dari pagi sampai sore agar produksinya tinggi

Begini cara menanam pakcoy

Sekarang, mari kita cari tau cara menanam pakcoy baik di tanah sawah atau kebun. Tidak rumit langkah-langkahnya, seperti menanam sayuran caisim atau lainnya, dimulai dari penyiapan benih pakcoy, penyemaian, pengolahan tanah sampai dengan panen sayuran pakcoy.

1. Pilih benih pakcoy yang berkualitas

Salah satu cara menanam pakcoy biar sukses dengan hasil yang tinggi, tentu mesti diawali dari benih atau biji yang sehat dan unggul. Benih yang demikian akan membuat tanaman pakcoy tahan terhadap serangan orgaisme pengganggu tanaman (OPT), umur panen pendek, dan produksi tinggi.

Untuk benih pakcoy, Anda dapat membelinya di toko sarana pertanian terdekat atau tersedia juga di toko-toko online. Pilihlah benih dari varietas unggul yang banyak diminati pasar.

Memang harus diakui kalau benih pakcoy unggul banyak yang berasal dari luar negeri karena memang aslinya sayuran ini dari luar negeri yang kemudian masuk ke Indonesia. Meskipun demikian, ada juga beberapa varietas pakcoy hibrida yang sudah diproduksi di dalam negeri.

Sebagai gambaran, kebutuhan benih pakcoy untuk setiap luas lahan 1000 meter persegi sebanyak 40-100 gram. Kebutuhan benih disesuaikan juga dengan jarak tanam dan jumlah bibit per lubang tanam yang akan ditanam nantinya.

2. Semai benih pakcoy sebelum menanamnya

Cara Menanam Pakcoy di Kebun Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya
Ilustrasi bibit pakcoy. Gambar oleh Maya A. P dari Pixabay

Menanam pakcoy kurang tepat jika menempatkan benih langsung dalam lubang tanam. Cara yang benar menanam pakcoy dengan menyemai benih terlebih dulu pada bedengan atau wadah lain seperti kotak kayu atau tray/baki semai.

Media semai benih pakcoy harus subur. Oleh sebab itu, buat media semai dengan mencampurkan pupuk kandang atau kompos dengan tanah. Perbandingan tanah dengan pupuk kandang 1:1 atau tanah dengan kompos dengan perbandingan 2:1.

Taburkan benih pakcoy secara merata, kemudian tutup dengan daun kelapa kering atau plastik selama 2 hari agar benih cepat berkecambah.

Ketika bibit pakcoy sudah tumbuh daun 3-4 helai, pindahkan ke dalam polybag atau pot kecil agar perawatan mudah, cepat tumbuh, lebih adaptif, dan mudah dipindahkan ke lubang tanam nantinya. Rawat bibit pakcoy dalam polybag atau pot tersebut lebih kurang selama 2 minggu. Setelah itu, bibit pakcoy sudah bisa ditanam.

3. Olah tanah, buat bedengan, dan lubang tanam untuk menanam pakcoy

Agar tanah gembur, Anda perlu melakukan pengolahan tanah. Anda bisa mencangkul atau membajaknya. Setelah olah tanah, buat guludan atau bedengan dengan lebar 1 meter dan jarak antar bedengan 50 cm.

Selain bedengan, Anda buat lubang tanam. Jarak antar lubang tanam 50 cm dan jarak lubang tanam dalam barisan 40-50 cm.

4. Berikan pupuk dasar untuk tanaman pakcoy

Aplikasi pupuk dasar juga bagian dari cara menanam pakcoy yang benar. Sebab, dengan adanya pupuk tersebut akan membantu menyuburkan tanah sehingga dapat menunjang pertumbuhan sayuran pakcoy ketika ditanam.

Ada 2 cara aplikasi pupuk dasar tanaman pakcoy, yaitu dengan menempatkan dalam lubang tanam langsung dan dengan cara menebar pada bedengan secara merata.

Berikut ini cara-cara aplikasi pupuk dasar tanaman pakcoy. Anda bisa pilih salah satu dari cara ini.

1. Aplikasi pupuk dasar dengan cara memasukkan pupuk ke dalam lubang tanam

  • Masukkan pupuk kandang sebanyak ½ kg ke dalam lubang tanam
  • Masukkan juga 10 gram pupuk kimia yang terdiri dari 4 gram urea, 4 gram SP-36, dan 2 gram KCL
  • Campur pupuk tersebut dengan tanah secara merata
  • Tutup kembali lubang tanam

2. Aplikasi pupuk dasar pakcoy dengan cara menebar pada bedengan

  • Sebarkan 10-15 ton pupuk kandang per hektar lahan tanam pakcoy atau 1-1,5 kg/m2. Campur dengan tanah sampai merata
  • Seminggu kemudian, tebarkan pupuk kimia yang terdiri dari 125 kg urea, 100 kg SP-36, dan 50 kg KCl untuk luasan 1 hetar lahan tanam. Atau, 12,5 gram urea, 10 gram SP-36, dan 5 gram KCL untuk setiap meter persegi luas lahan tanam.
  • Campurkan dengan tanah sampai merata

4. Tanam sayuran pakcoy pada lahan yang telah Anda siapkan

Setelah penyiapan lahan selesai, bedengan dan lubang sudah dibuat serta pupuk dasar pakcoy sudah diaplikasikan, Anda sudah dapat menanam pakcoy atau memindahkan bibit pakcoy dari polybag atau pot ke lubang tanam.

Cara menanam pakcoy pada lahan sama seperti menanam tanaman sayuran lainnya. Korek sedikit lubang tanam seukuran polybag atau pot bibit pakcoy, buka polybag secara perlahan, dan masukkan ke dalam lubang tanam. Tutup dengan tanah dan jangan lupa disiram.

Lakukan pemindahan bibit pakcoy ke lahan tanam pada waktu sore atau pada saat tidak terik matahari agar bibit pakcoy tidak stres atau layu.

5. Rawat bibit pakcoy agar tumbuh subur

Setelah Anda menanam bibit pakcoy, jangan lupa untuk merawatnya supaya cepat pertumbuhannya. Yang paling penting lakukan penyiraman secara teratur setiap hari dan sesuaikan dengan kondisi cuaca.

Bersihkan gulma yang tumbuh sekitar pakcoy dan singkirkan hama dan penyakit yang mengganggu tanaman pakcoy. Biar tumbuh subur, lakukan juga pembumbunan.

6. Aplikasi pupuk susulan untuk tanaman pakcoy

Cara Menanam Pakcoy di Tanah Biar Hasilnya Melimpah, Lengkap dengan Pupuk dan Pemupukannya
Ilustrasi Pupuk dan Pemupukan Pakcoy
pupuklahan.blogspot.com ingin bilang begini, ternyata menanam pakcoy tidak cukup satu kali pemupukannya. Apalagi pakcoy sayuran daun yang membutuhkan nitrogen yang tinggi, tentu saja pemupukan perlu dilakukan beberapa kali. Ini hampir sama dengan pemupukan caisim atau sawi.

BACA Juga :Bolehkah Caisim Dikocor? Ini Pupuk dan Cara Pemupukan Caisim atau Sawi (Brassica Juncea L.)

Pupuk susulan pakcoy sudah dapat diaplikasi pada umur 2 minggu setelah tanam (15 HST). Apa pupuk susulan pakcoy? Pupuk susulan pakcoy sama dengan pemupukan dasar, yaitu urea, SP-336, dan KCL.

Ada 2 cara aplikasi pupuk susulan pakcoy, yaitu dibenamkan di sekeliling tanaman dan pengocoran. Anda bisa gunakan salah satu cara berikut ini.

1. Aplikasi pupuk susulan dengan membenamkan

Jika memilih aplikasi pupuk dengan cara membenamkan, Anda cukup satu kali memupuk pakcoy pada umur 15-20 hari setelah tanam. Caranya, benamkan sebanyak 4 gram urea, 2 gram SP-36, dan 1 gram KCl untuk setiap tanaman pakcoy. Setelah memupuk, tutup kembali pupuk dengan tanah dan siram biar cepat larut dan cepat diserap tanaman.

2. Aplikasi pupuk susulan dengan cara penyiraman/pengocoran.

Jika Anda tidak suka memupuk dengan pembenaman di sekeliling tanaman, Anda bisa lakukan pemupukan susulan pakcoy dengan penyiraman atau pengocoran.

Namun, Anda harus melakukan pengocoran pupuk susulan sebanyak 2 kali, yaitu pada umur 15 HST dan 22 HST (hari setelah tanam).

Setiap kali pemupukan dengan cara kocor, larutkan sebanyak 80 gram urea, 40 gram SP-36, dan 20 gram KCL, ke dalam 10 liter air. Siram/kocor dengan dosis 250 ml larutan pupuk setiap tanaman pakcoy. Siram pada pangkal atau dekat perakaran tanaman pakcoy.

Karena pakcoy sayuran daun, maka setelah pengocoran pupuk, Anda harus menyemprot daun pakcoy dengan air biasa untuk membersihkan larutan pupuk yang terkena daun pakcoy. Lakukan pemupukan susulan pakcoy pada waktu sore hari.

7. Panen segera tanaman pakcoy jika sudah tiba waktunya

Seperti ulasan pertama sekali di atas, sayuran pakchoi yang ditanam dari benih hibrida varietas unggul, masa panennya cukup cepat, lebih kurang 60 hari setelah tanam. Jika sudah waktunya, segera lakukan pemanenan sayuran pakcoy dan langsung dipasarkan atau dikonsumsi karena memang sawi sendok ini tidak bisa disimpan lama.

Sekarang, kita sudah tamat membahas tanaman pakcoy mulai dari benih sampai dengan panen. Bahkan, kita telah mengulas tentang pupuk pakcoy dalam tema cara menanam pakcoy. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Salam dari Admin pupulahan.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar