Selasa, 19 Mei 2020

Tips Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah|Tanaman Buah

Cara Tanam Semangka dalam Pot – Semangka tidak hanya tumbuh di sawah atau kebun, di wadah sempit pun bisa hidup seperti di dalam pot. Bukan hanya tumbuh, semangka yang ditanam dalam pot juga mau berbuah.

Jika Sobat ingin mencoba menanam watermelon dalam polybag atau media sejenisnya, postingan ini akan memandu Sobat langkah demi langkah bagaimana bercocok tanam semangka dalam pot yang baik dan benar.

Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah

Buah bernutrisi & penyegar ini relatif banyak jenisnya, mulai yang tumbuh liar sampai menggunakan jenis semangka bibit unggul . Jadi, kalau hendak budidaya semangka, pilihlah jenis yg unggul lantaran cepat tumbuh, buahnya akbar, dan cita rasanya manis.

Pilih jenis semangka yang indah buat ditanam dalam pot

Meskipun menanam semangka dalam pot, planter bag, atau kotak kayu di perkarangan rumah, memilih varietas semangka yang berkualitas tetap perlu diperhatikan. Jangan sampai asal tanam dan bersusah payah merawatnya, tetapi ketika panen mengecewakan karena tidak berselera untuk dikonsumsi sendiri apalagi orang lain.

Dari sisi warna, setidaknya terdapat tiga jenis semangka yang relatif baik respon pasar atau menarik peminatnya. Dan jenis tersebut mampu Sobat coba tumbuhkan pada pot. Ketiga jenis semangka yang dimaksud adalah semangka yang daging buahnya berwarna kuning, merah dan merah muda.

Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah

Bahkan, seiring kemajuan zaman, kini pula relatif banyak dibudidayakan jenis semangka tanpa biji. Sebab, konsumen pun lebih cenderung memilih semangka bebas biji walau relatif mahal. Nah, jika ada benihnya, semangka non-biji menarik buat ditanam pada pot di rumah.

Lihat kondisi tumbuh, tanam semangka

Mungkin Sobat sungguh berminat budidaya semangka dalam pot. Namun, masih ragu apakah mampu tumbuh pada tempat Sobat tinggal? Jawabannnya bisa. Sebab, semangka bisa tumbuh mulai dari dataran rendah hingga dataran yang tinggi.

Asalkan media tumbuh sinkron, misalnya tanah gembur dan fertile, tidak menjadi kendala buat menanam semangka. Apalagi menanam dalam wadah terbatas, media tanam mampu dimanipulasi atau diakali agar mendekati media yang dikehendaki tumbuhan semangka.

Kondisi lain seperti sinar surya yang penuh sepanjang hari, memang cukup memilih buat produktivitas semangka. Tapi, tak usah khawatir, Sobat mampu menempatkan pot dalam lokasi yg terkena cahaya. Inilah mudahnya budidaya semangka di pot lantaran bisa direlokasi atau dipindah-pindahkan.

Baik, yuk kita melangkah buat menyimak cara tanam semangka pada pot. Ada 7 cara yg akan dijelaskan ini dia.

1. Bibit buat menanam semangka

Pembibitan semangka merupakan keliru satu langkah awal buat menanam semangka dalam kontainer misalnya pot atau polybag. Bibit semangka dari menurut penyemaian biji.

Ada 2 pilihan untuk mendapatkan biji atau benih semangka. Pertama, Sobat bisa beli dulu satu buah semangka yang berbiji, lalu ambil bijinya yang baus dan jemur atau angin-anginkan agar kering.

Kedua, Sobat bisa beli benih semangka di toko pertanian terdekat atau toko online.

2. Perlakuan benih semangka

Supaya cepat tumbuh biji semangka, rendam biji dalam air hangat selama 6 jam. Ambil biji yg tenggelam dan taruh dalam kain atau tisu basah. Lalu tambahkan dalam kotak plastik atau katong plastik selama 2-tiga hari agar cepat berkecambah.

Tiga. Menyemai benih semangka di pot kecil

Jika biji-biji semangka telah tampak mengeluarkan akarnya, ini berarti sudah siap buat disemai. Namun, Sobat perlu menyiapkan lebih dulu media semai. Gunakan saja gelas kecil bekas air mineral bila nir ada polybag semai.

Media semai terdiri menurut campuran tanah dan pupuk kandang (atau kompos) dengan perbandingan 1:1. Satu bagian tanah dicampurkan dengan sau bagian pupuk sangkar. Isikan ke dalam pot hingga ? Pot. Kemudian basahi media semai hingga lembab.

Buat lubang semai ditengah pot dengan kedalaman ? - 1 centimeter. Masukkan biji semangka dan tutup pulang dengan tanah. Tempatkan pada tempat yg teduh. Atau, Sobat mampu pula tempatkan di area tempat tinggal seperti teras atau di dalam rumah buat sementara saat. Siram & rawat secara teratur.

Kalau bibit semangka telah tumbuh daun dua-tiga helai, ini tandanya telah siap buat dipindahkan ke dalam pot akbar.

4. Menyiapkan pot buat tanam semangka

Sobat jangan membayangkan pot itu hanya misalnya wadah seperti timba atau polybag. Pot buat menanam semangka mampu bermacam-macam.

Ada pot berbentuk kotak yg terbuat dari kayu, contohnya berukuran 0,lima m x 1 m. Ada jua yang menggunakan styrofoam, planter bag, ember, timba, polybag, dan aneka jenis pot lainnya.

Yang krusial diperhatikan saat menentukan pot buat tanam semangka adalah bertenaga dan gampang buat digeser atau dipindahkan.

Satu hal lagi, jika terdapat barang sekon yang bisa dimanfaatkan untuk menanam semangka, mengapa nir dan ini mungkin lebih cantik lantaran hemat & ekologis.

Pot juga mesti ada beberapa lubang drainase terutama dalam bagian dasar pot. Kalau belum ada, lubangi terlebih dulu sebelum memasukkan media tanam ke dalamnya.

5. Media tanam semangka dalam pot

Agar semangka tumbuh fertile dan berbuah besar -akbar dan cita rasanya anggun, awali dengan menyiapkan media tanam semangka pada pot yg berkualitas. Apa saja bahan-bahannya?

Campurkan tanah, pupuk kandang, dan arang sekam menggunakan perbandingan 1:1:1. Apabila bahan tadi nir lengkap, Sobat mampu buat adonan menurut bahan lain, misalnya tanah kebun, kompos, dan sekam padi dengan perbandingan dua:1:1. Tambahkan sedikit NPK yang sudah dihaluskan ke pada adonan media tanam tadi.

6. Mengisi media tanam semangka ke pada pot

Bagaimana tata cara mengisi pot semangka dengan media tanam? Pertama, tambahkan terlebih dulu rabat styrofoam atau pecahan batu bata dalam bagian dasarnya. Ini bertujuan buat mencegah lubang drainase tersumbat tanah.

Kedua, masukkan campuran media tanam yang sudah diracik tersebut ke dalam pot. Isi media tanam sampai ? Pot saja. Kemudian, siram menggunakan air hingga semua media tanam lembab. Biarkan 2-tiga hari sebelum menanam semangka.

7. Memindahkan bibit semangka ke dalam pot

Simak! 7+ Cara Tanam Semangka Dalam Pot agar Tumbuh Subur dan Berbuah
Bibit Semangka
Setelah segala sesuatu siap, kini saatnya menanam semangka. Bibit semangka yang sudah berdaun kurang lebih 3 helai, dapat dipindahkan ke dalam pot tanam yang lebih besar.

Lakukan penanaman dalam ketika sore hari supaya bibit semangka dapat menyesuaikan diri menggunakan syarat lingungan yg baru dan nir stres gara-gara teriknya sinar surya.

Bagaimana cara memindahkan bibit semangka ke wadah tanam pot? Berikut ini langkah-langkah menanamnya.

  • Lubangi media tanam tepat di tengah-tengah pot
  • Lepaskan bibit dari pot semai secara perlahan. Pencetkan bagian bawah pot, tekan-tekan sedikit sekeliling sisi pot semai, dan balikkan untuk mengeluarkan bibit. Jangan sampai merusak akar dan tanah semaian.
  • Masukkan bibit semangka ke dalam lubang tanam
  • Tutup kembali dengan tanah
  • Basahi media tanam secukupnya

( ) Merawat semangka dalam pot

Mengapa kadang-kadang semangka pada pot kurang memuaskan hasilnya, seperti kerdil & buahnya mini -kecil? Jangan salahkan pot. Agar pertumbuhan fertile dan produktivitas semangka tinggi, maka semangka yg tumbuh pada pot perlu mendapatkan perawatan.

Sisihkan sedikit waktu buat memberi perhatian kepada tumbuhan semangka yang telah ditanam dalam pot.

Berikut ini beberapa hal yg mesti dilakukan pada merawat tumbuhan semangka khusunya yang dibudidayakan pada pada pot.

Air ; Bukan karena semangka buah yang berair, maka perlu diberi air. Tetapi, semangka juga tanaman yang hidupnya butuh air.

Untuk menjaga kelembaban atau buat mencegah media tumbuh semangka dalam pot kekeringan, maka pengairan mesti dilakukan.

Agar media tanam semangka permanen lembab & mendapatkan relatif air buat menunjang pertumbuhannya, lakukan penyiraman secara rutin. Siram 1-dua kali sehari, pagi dan sore. Perhatikan jua cuaca, tidak perlu disiram bila hujan.

Cahaya ; Agar tanaman semangka dalam pot tumbuh subur dan sehat, tempatkan pot pada lokasi yang terkena sinar matahari. Minimal mendapat sinar 6 jam dalam sehari, terutama matahari pagi.

Pupuk ; Lakukan pemupukan susulan agar semangka tumbuh subur dan cepat berbunga. Sejak 10 hari setelah tanam, pupuk tanaman semangka dengan pupuk NPK.

BACA JUGA : Pupuk NPK Phonska Plus, Panen Meningkat Lantaran Peran lima Unsur Ini

Lantaran tumbuh pada pot, lebih baik jikalau pemupukan dilakukan dengan cara pengocoran/penyiraman. Larutkan 1 sdt NPK ke pada 1 liter air. Siram sebanyak 500 ml per flora. Ulangi pemupukan setiap 7-10 hari sekali.

Kalau tidak terdapat NPK, solusi pupuk lain buat semangka, apa? Sobat sanggup pakai campuran pupuk urea, SP-36, & pupuk KCL buat semangka. Yang penting, pupuk yg diaplikasikan buat semangka mampu melengkapi kebutuhan unsur hara N, P, dan K.

Ketika tumbuhan sudah berumur satu bulan, tambahkan pupuk sangkar atau pupuk kompos ke pada media tanam dalam pot. Dengan hadiah pupuk organik ini, dapat membantu menyuburkan & menggemburkan media tanam sehingga semangka dapat menyerap nutrisi secara optimal.

BACA JUGA : Rahasia Pupuk & Pemupukan Semangka Agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun OK

Ajir ; Kadang-kadang semangka dibiarkan tumbuh menjalar di permukan media tanam dalam pot yang begitu sempit. Boleh-boleh saja.

Namun, akan lebih cantik bila dipasang ajir sebagai tiang rambatan pohon semangka. Gunakan tiang rambatan atau lanjaran yg bertenaga dan berikan juga para-para loka buahnya bergantung.

Pemeliharaan buah ; Sisakan saja 1-2 buah semangka per tanaman dalam pot agar besar-besar dan rasanya lebih manis. Buah tersebut dipelihara sampai besar dan siap untuk dipanen.

Itulah cara tanam semangka pada pot supaya tumbuh dan mau berbuah. Monitor yang rajin supaya tidak ada hambatan pada pertumbuhannya. Apabila terdapat hama pengganggu segera tangkap dan buang jauh-jauh. Demikian & salam sukses.

BACA JUGA : Hama Tanaman Semangka Resahkan Petani? Kendalikan Seperti Ini

Tips

  • Kalau buah semangka menjalar di permukaan media tanam dalam pot, berikan alas berupa jerami atau karung agar buah tidak membusuk.
  • Agar warna buah semangka seragam, seperti tidak hijau sebelah dan kuning sebelah,  maka lakukan pembalikan minimal sekali ketika buahnya sudah besar. Tujuannya agar mendapatkan sinar matahari yang merata.
  • Kurangi penyiraman ketika buahnya sudah cukup besar dan mendekati waktu panen agar kualitas rasa bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar