Rabu, 27 Mei 2020

Tips Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?|Tanaman Buah

Cara Menanam Labu Siam – Kalau pernah jalan-jalan ke daerah yang suhu udaranya dingin seperti ke Berastagi di Provinsi Sumatera Utara, Aceh Tengah di Provinsi Aceh, dan daerah lainnya, Sobat mungkin pernah melihat tanaman labu siam yang tumbuh subur di sana. Ada yang sengaja ditanam di perkarangan rumah dan banyak juga yang tumbuh dengan sendirinya di kebun-kebun.

Sebetulnya, labu siam mudah sekali tumbuh saat ditanam dimana saja. Namun, karena rasa bertanya-tanya, menyisakan indikasi tanya, apakah labu siam bisa tumbuh di wilayah yg suhu udaranya panas atau pada dataran rendah? Kalau bisa tumbuh, bagaimana cara menanam labu siam?

Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?

Nah, artikel ini akan menjawab rasa penasaran itu agar teman-teman tidak lagi “membatin” ketika tertarik ingin menanam labu siam. Namun, sabar dulu, Sob. Kita kenal dulu dengan sebutan lain nama labu siam dan untuk apa sebetulnya kegunaan labu siam itu.

Mengenal labu siam sebelum menanam

Labu siam kalau dari nama ilmiah dikenal dengan Sechium Edule. Tanaman yang termasuk dalam famili labu-labuan (Cucurbitaceae) ini banyak nama yang melekat padanya. Misalnya, labu siam sering disebut dengan labu jipang, waluh jipang, dan sebutan lainnya.

Tanaman sayuran labu siam tumbuh merambat menggunakan buahnya yang berwarna kuning, hijau belia, sampai hijau tua. Buahnya berbentuk bundar seperti lampu pijar yg menggantung dan memiliki bulu-bulu halus nan tajam serta ada alur-alurnya.

Buah jipang ini sedap buat dijadikan sayur atau lalapan. Tidak hanya buah yg dimanfaatkan, namun pucuk labu siam yg masih belia pun bermanfaat misalnya buat disayur.

Yang menarik lagi berdasarkan labu siam merupakan kandungan gizinya yang sangat bermanfaat buat kesehatan, keliru satunya bisa mencegah kanker. Bukan hanya anti kanker, labu siam ternyata jua sanggup menurunkan tekanan darah tinggi & menjaga kadar kolestrol pada tubuh.

Wow, melihat manfaatnya itu, semakin menarik nih untuk menanam labu siam di perkarangan rumah he..he..😅 Ya, minimal, hasil panen labu siam bisa untuk kebutuhan dapur sendiri alias konsumsi sendiri bersama keluarga.

Syarat tumbuh labu siam

Agar tidak ragu menanamnya, yuk kita lihat dulu apa sih syarat-syarat tumbuh labu siam. Labu siam suka tumbuh dan produktivitasnya tinggi kalau ditanam pada dataran tinggi (900-1100 dpl).

Suhu udara yg dingin & lembab, baik pada siang hari maupun malam hari, merupakan syarat yang amat disukainya. Selain itu, labu siam menghendaki tanah buat loka tumbuhnya yg fertile, gembur, banyak bahan organik, sedikit berpasir, & pula poly humusnya.

Labu siam tanaman adaptif

Meskipun syarat-syarat yang terlihat ketat sekali, tapi labu siam termasuk flora sayuran yang adaptif & dapat tumbuh dimana saja. Artinya, labu siam masih mau tumbuh jikalau ditanam dalam dataran rendah walau memang harus diakui bahwa produktivitasnya tidak setinggi dengan yang tumbuh di dataran tinggi.

Labu siam tumbuh ‘gak di dataran rendah? Tumbuh dunk karena beberapa syarat tumbuh bisa diatasi. Misalnya, dari sisi kesuburan tanah jika ditanam pada dataran rendah, ini mudah sekali dimanipulasi sehingga mirip-mirip dengan struktur dan kesuburan tanah yang dikehendaki.

Demikian jua dengan kelembaban, agar tercipta kelembaban buat pertumbuhan labu siam, maka indah sekali jikalau dekat labu siam terdapat kolam atau sumber air lainnya baik yg tergenang maupung yang mengalir.

Bahkan, labu siam cukup adaptif terhadap animo tanam. Labu siam dapat ditanam pada musim kering & nir terdapat kendala kalau ditanam dalam ekspresi dominan hujan. Yang krusial merupakan tersedia relatif air untuk pertumbuhannya.

Labu siam ditanam biji atau buahnya?

Untuk bibit labu siam bisa asal dari bijinya & sanggup jua menurut buahnya. Tetapi, secara generik, bibit labu siam buat ditanam di perkarangan ataupun di kebun digunakan buah labu siam yang telah tua.

Cara pembibitan labu siam menurut butir yang telah tua sebelum ditanam misalnya ini

  • Pilih buah labu siam yang sudah tua, tapi sehat, tidak terluka, dan tidak busuk
  • Cuci sampai bersih buah labu siam dari kotoran yang melekat pada kulitnya
  • Tiriskan/angin-anginkan sebentar sampai air cucian pada permukaan kulitnya mengering
  • Simpan buah labu siam pada tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung
  • Jika sudah mulai tumbuh tunas sekitar 25-30 cm, bibit labu siam sudah dapat dipindahkan untuk ditanam
Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Bakal Bibit Labu Siam

Gambar : Dokpri

Penyiapan lahan buat menanam labu siam

Hal yg utama sebelum menanam labu siam adalah menyiapkan huma sebagaimana mestinya. Tanah diolah menggunakan cara dibajak atau dicangkul sebagai akibatnya media tumbuhnya gembur.

Lahan buat menanam labu siam boleh tanpa membuat bedengan dan boleh juga ada bedengan. Yang perlu dipastikan huma terdapat saluran drainase supaya pembuangan air hiperbola lancar sehingga tidak menggenangi lahan saat hujan lebat.

Setelah itu, untuk lubang tanam menggunakan ukuran 40 cm x 40 centimeter x 20 cm (panjang x lebar x kedalaman). Lubang tanam dibuat dengan jeda tanam 5 m antar barisan & tiga m jeda tanam dalam barisan.

Oh iya, jikalau Sobat hanya menanam satu atau 2 bibit tumbuhan, maka yg perlu disiapkan merupakan lubang tanam saja. Tidak wajib menggunakan mesin traktor buat memasak tanah buat satu 2 lubang tanam..Haa..Ha..??

Pupuk dasar buat labu siam

Okay, selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar. Apa pupuk dasar labu siam? Aplikasikan pupuk kandang (kalau ada pupuk kompos) sebagai pupuk dasar pada saat menyiapkan lubang tanam.

Cara pelaksanaan pupuk dasar labu siam

  1. Gali lubang tanam
  2. Campurkan 3-5 Kg pupuk kandang dengan tanah galian tersebut. Aduk secara merata
  3. Masukkan kembali tanah yang telah diberikan pupuk kandang ke dalam lubang tanam
  4. Biarkan lubang tanam tersebut selama seminggu sebelum menanam labu siam

Menanam labu siam

Bibit yang sudah tumbuh tunasnya segera ditanam ke pada lubang tanam yang sudah disiapkan. Boleh menanam waktu kemarau & boleh juga animo hujan.

Begini cara menanam labu siam

  1. Gali lubang tanam yang telah berisi pupuk kandang dengan ukuran sedikit lebih besar dari buah labu siam
  2. Masukkan bibit labu siam dengan posisi terbalik (lihat gambar di bawah), setengah bagian tertanam dan setengah bagian terbuka sebagai tempat tumbuh tunas.
  3. Tutup kembali dengan tanah tipis saja di sekelilingnya, tapi jangan menutupi tunasnya (biarkan terbuka bagian yang di atas permukaan tanah)
  4. Siram secukupnya sampai media tanam lembab

Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Posisi Letak Bibit Labu Siam Ketika Ditanam

Gambar : Dokpri

Menanam Labu Siam Dimana Saja, Bisakah dan Gimana Caranya?
Cara Menanam Bibit Labu Siam

Gambar : Dokpri

Membuat para-para buat labu siam

Setelah labu siam mulai tumbuh, segera persiapkan para-para loka merambatnya. Ketinggian para-para dibentuk setinggi /- 2,5 meter. Di atas para-para diberikan anyaman bambu atau anyaman dawai misalnya dawai bronjong. Satu hal lagi, pastikan masih ada tiang panjat (ajir) dalam setiap lubang tanam labu siam.

Pemupukan susulan labu siam

Untuk menunjang pertumbuhan labu siam, maka perlu pemupukan susulan. Ketika labu siam sudah berumur 3 minggu dan 8 minggu, aplikasikan pupuk NPK. Ini mirip-mirip dengan pemupukan susulan labu air atau labu sayur

BACA JUGA : Kombinasi Pupuk Ini ; Labu Air Berbuah Lebat dan Berisi Padat

Pupuk susulan I (umur labu siam 3 minggu) ; Dosisnya 25 gram NPK per lubang tanam.

Pupuk susulan II (umur labu siam 8 minggu) ; Dosisnya sama dengan pupuk susulan I, yaitu 25 gram NPK per lubang tanam.

Cara pelaksanaan pupuk susulan labu siam begini

  1. Gali lubang secara melingkar di sekeliling tanaman sedalam 5-10 cm dan jauhnya dari batang kira-kira 15 cm
  2. Masukkan pupuk dan tutup kembali dengan tanah
  3. Siram segera agar pupuk cepat larut dan segera dapat diserap oleh tanaman

Baca Juga :

  • Dari Limbah Got Hasilkan Pupuk Organik Cair (POC)
  • Cara Pemupukan Jagung Hibrida dan Nonhibrida
  • Membuat Tepung Darah Hewan Untuk Meningkatkan Hara Kompos

Penen labu siam

Labu siam cepat sekali berbunga dan berbuah jika kondisi tumbuhnya cocok. Dalam waktu tiga bulan setelah tanam telah berbuah dan mampu dipanen.

Panen dilakukan secara hati-hati supaya butir tidak jatuh sehingga melukai kulitnya. Potong tangkai buah menggunakan memakai pi-s4u ketika memanennya.

Masa tumbuh labu siam lebih lama, mencapai 2-3 tahun. Oleh karena itu, supaya dapat dipanen terus-menerus,  maka ketika tanaman sudah kurang produktif atau kira-kira sudah berusia 2 tahun, lakukan peremajaan dengan cara memangkas batangnya sehingga tinggal +/- 1 meter dari permukaan tanah. Berikan pupuk kandang dan NPK agar subur dan segera produktif kembali.

Itulah cara menanam labu siam. Labu jipang ini bisa ditanam pada dataran tinggi dan rendah. Agar produksinya tinggi, lakukan perawatan menggunakan baik misalnya mengurangi daun-daun yg terlalu rimbun, memotong ujung-ujung pucuknya yang menjalar kemana-kemana dan juga pemupukan yang sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar