Kamis, 21 Mei 2020

Tips 5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen|Tanaman Buah

Cara Menanam Kecombrang – Ketika tertarik dengan tanaman kecombrang, mungkin banyak orang ingin menanamnya.  Sayangnya, tidak sedikit yang belum mengerti bagaimana cara menanamnya seperti dari mana bibit kecombrang diperoleh, syarat tanah untuk tumbuh seperti apa, butuh sinar matahari penuh atau tidak, dan lain-lain.

Lantaran itulah, artikel yang cukup sederhana ini hadir buat menjawab teknik menanam atau budidaya flora kecombrang. Ulasan pada goresan pena ini mengupas seputar pembibitan, penanaman, perawatan, dan panen kecombrang.

5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen

Sebagai tambahan informasi, kami sajikan juga cara menyiapkan media tanam kecombrang dalam pot. Selain itu, jika Sobat simak sampai tuntas, di sini disinggung pula pupuk untuk kecombrang. Pupuk yang sebetulnya diaplikasi agar dapat menyuburkan kecombrang sehingga terus-menerus kecombrang berbunga.

Sekilas mengenal kecombrang

Sebelum lebih jauh melangkah menanam kecombrang, apakah memang telah familiar dengan flora suku jahe-jahean ini? Bagi yg baru saja melihat tanaman kecombrang, mungkin terbawa alam ingatannya ke flora lengkuas.

Tidak salah dan wajar-masuk akal saja terbayang flora lengkuas. Sebab, kecombrang seperti sekali dengan flora bumbu tadi, baik dari daunnya juga batangnya.

Namun, yang kentara kecombrang bukanlah jahe atau lengkuas. Meskipun diakui sama-sama tumbuh membangun rumpun, namun kecombrang adalah homogen tanaman rempah yg sering dimanfaatkan sebagai sayuran.

BACA JUGA : Cara Cerdas Menanam Lengkuas di Polybag Supaya Untungnya Selangit

Mulai berdasarkan btg sampai bunga kecombrang dapat diolah buat sayuran atau lalapan. Rasa dan aromanya pun sungguh sedap. Karenanya, spesifik bunga kecombrang, acapkali sekali dicampur ke pada urap atau pecal buat menambah citra cita rasanya.

Sementara itu kalau di Aceh, dalam masakan gulai ikan payau (bahasa Aceh, eungkot paya), paduan sangat serasi adalah kecombrang terutama bunga dan batang yang masih muda. Makanya tidak mengherankan kalau di sana terdapat salah satu kuliner khas yang sangat gurih rasanya, yaitu masakan eungkot paya.

Kecombrang jua buat kesehatan

Selain buat sayuran atau lalapan, kantan atau honje (nama lain buat kecombrang) ternyata tanaman yg tak kalah pentingnya buat kesehatan. Misalnya saja, lantaran kandungan vitamin C yang tinggi, maka konsumsi kecombrang sangat indah lantaran menjadi antioksidan atau anti radikal bebas pada tubuh.

Bahkan, karena banyak orang atau kalangan rakyat meyakini kecombrang bisa menetralisir kolesterol, tak jarang kali pada masakan eksklusif dibubuhi sayuran kecombrang ke dalamnya.

Sebutan lain buat kecombrang

“Lain lubuk, lain pula ikannya.” Demikian juga dengan kecombrang, beda daerah atau negara, berbeda juga sebutan atau julukan untuk tanaman kecombrang. Misalnya, seperti dikutip dari id.wikipedia.org,  kecombrang disebut dengan nama Kincung (Medan), Bunga Rias ( Tapanuli Utara), Asam Cekala (Tanah Karo), Kumbang Sekala (Lampung), Sambuang (Minangkabau) serta Siantan (Malaya).  Orang Thai menyebutnya daalaa dan di Bali disebut dengan kecicang.

Wow,, cukup banyak sebutan untuk kecombrang. Ini berarti ramai pula yang menyukainya. Kalau demikian, apakah Sobat sudah menanam kecombrang  agar mudah mendapatkannya jika sesekali mungkin ingin memasak sayuran kecombrang? Yuk, kita simak caranya.

1. Siapkan bibit kecombrang sebelum menanamnya

Menanam kecombrang dimulai menurut penyemaian bibitnya terlebih dahulu. Bibitnya dari biji, setek, atau tunas?

Sebetulnya pembibitan kecombrang sanggup dari biji, stek, tunas, & bahkan kultur jaringan. Tetapi, dalam artikel ini kita bahas 2 saja, yaitu bibit yang berasal menurut tunas dan bibit yang diperbanyak melalui setek btg.

Pembibitan kecombrang melalui tunas

Kita tau bahwa kecombrang tumbuhan berumpun karena tumbuh tunas atau anakan dalam pangkal btg induknya. Awalnya memang terlihat seperti akar rimpang, kemudian tumbuh menjadi tunas muda kecombrang.

Nah, bila mau bibit, Sobat tinggal memisahkan tunas-tunas kecombrang yang baru tumbuh. Caranya cukup mudah, potong bagian rimpang yang melekat dalam batang induk, lalu cungkil dengan hati agar nir menghambat akar-akar yg tumbuh dalam pangkalnya.

Pembibitan kecombrang melalui stek btg

Cara lain buat memperoleh bibit kecombrang merupakan melalui stek batang. Bagaimana caranya?

5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen
Stek batang kecombrang. Gambar : Dokpri

Berikut ini cara stek batang kecombrang

  • Cari batang yang sudah tua dari rumpun kecombrang
  • Lalu dipotong dekat pangkalnya/akar rimpangnya
  • Pangkas semua daun-daun dan tinggalkan batang untuk stek sepanjang 25-30 cm dari pangkalnya.
  • Rendam dalam air sampai tumbuh tunas baru dan bulu-bulu akar

5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen
Stek batang Kecombrang

mulai tumbuh tunas setelah 20 hari direndam

Gambar : Dokpri

2. Semai bibit kecombrang pada polybag

Setelah tunas/anakan kecombrang dipisahkan dari batang induknya atau setelah tumbuh  tunas/akar baru daribatang yang disetek, maka segera disemai ke dalam polybag.

Cara semai bibit kecombrang misalnya berikut adalah.

  • Buat lubang semai tepat di tengah-tengah polybag
  • Tanam bibit kecombrang
  • Tutup kembali dengan tanah
  • Siram secukupnya
  • Dan letakkan pada tempat yang teduh sampai bibit mulai tumbuh dan segar serta siap dipindahkan ke lahan tanam.

Oh, iya...Agar pertumbuhan bibit kecombrang baik dan fertile, maka media semai yg dimasukkan ke dalam polybag mesti fertile & gembur. Buatlah media semai yang terdiri menurut campuran tanah kebun, pupuk sangkar, & pasir dengan perbandingan 1:1:1 atau tanah, kompos, & pasir menggunakan perbandingan 2:1:1.

Tiga. Menanam kecombrang

Untuk menanam kecombrang agar tumbuh subur, tanamlah pada lahan yang relatif banyak kandungan unsur hara, kaya bahan organik, memiliki drainase yang bagus, penyinaran ok, dan tersedia air untuk menunjang pertumbuhannya.

Setelah memastikan bahwa lahan mendukung atau kondisi tumbuhnya sesuai buat flora kecombrang, maka tugas selanjutnya adalah siapkan huma terlebih dulu. Lahan perlu dibersihkan menurut semak belukar atau rumput-rumbut.

Kemudian buat bedengan & lubang tanam dengan jarak tanam 60 centimeter x 40 centimeter atau 60 cm x 60 cm. Pastikan jua lahan terdapat drainase. Agar lubang tanam subur, masukkan pupuk kandang atau kompos.

Kalau lahan sudah okay dan bibit kecombrang sudah tumbuh dengan ketinggian 50-60 cm, sudah dapat dipindahkan ke lahan tanam.

Berikut ini cara menanam kecombrang

  • Buat lubang tanam seukuran media semai/polybag
  • Lepaskan polybag secara perlahan agar tidak merusak tanah dan akarnya
  • Tanam bibit kecombrang sampai menutupi akarnya dan padatkan tanah disekelilingnya
  • Siram sampai lembab

4. Merawat tumbuhan kecombrang

Merawat tanaman kecombrang tidaklah terlampau sulit misalnya tumbuhan lainnya. Beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam perawatannya merupakan ketercukupan air, penyiangan, sinar mentari , dan pemupukan.

Penyiraman ; Tanaman kecombrang yang sudah Sobat tanam jangan biarkan “kehausan.” Sediakan cukup air melalui penyiraman yang teratur. Tidak mesti setiap hari, cukup 2 hari sekali disiram agar media tumbuh terjaga kelembabannya.

Penyiangan ; Yang namanya gulma atau rumput-rumput liar pasti tumbuh di tempat tanah yang subur. Oleh karena itu, penyiangan janganlah sampai terlupakan. Bersihkan rumput-rumput atau tanaman pengganggu lainnya di sekitar kecombrang.

Sinar matahari ; Memang betul tanaman kecombrang butuh sinar matahari sepanjang hari. Namun, kalau ingin kecombrang tumbuh subur dan berbunga terus-menerus sepanjang tahun, kecombrang butuh lahan yang relatif ternaungi. Karenanya, berikan ia beberapa tanaman pelindung atau pelindung lainnya sehingga intensitas cahaya tidak 100% menerpanya.

5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen
Tanaman Kecombrang. Gambar : Dokpri

Pemupukan ; Tanaman mana yang tak butuh nutrisi? Kecombrang juga butuh zat makanan untuk menunjang pertumbuhannya. Namun, tanaman yang satu ini relatif mudah dipupuk.

Jika ingin kecombrang tumbuh cepat, sehat, fertile, dan rajin berbunga, maka pupuklah secara teratur. Sobat mampu pupuk dengan pupuk organik misalnya pupuk kandang atau pupuk kompos sebulan sekali menggunakan dosis sempurna. Pemupukan dosis rendah, namun acapkali akan lebih mengagumkan buat pertumbuhan flora.

Kalau mau menambahkan pupuk NPK, boleh-boleh saja. Tetapi, sebaiknya tetap kombinasikan pupuk kimia menggunakan pupuk organik.

Lima. Panen kecombrang

Panen merupakan tahapan budidaya kecombrang yang dinanti-nantikan. Hasil panen paling kurang untuk konsumsi sendiri. Namun, kalau produksinya berlebih, bisa untuk dijual dan menambahincome tentu saja.

Kunci buat bisa cepat panen ada pada perawatan. Kalau perawatan teratur, baik, & sesuai dengan kaidahnya, maka panen kecombrang seperti batang belia dan bunganya relatif cepat. Apabila sudah mulai berbunga, maka terus berbunga & minimal sebulan sekali kecombrang bisa dipanen.

BACA JUGA : Begini Cara Menanam Jahe Dalam Karung kalau Mau Hasil Panen Berlimpah

( ) Menanam kecombrang pada pot atau polybag

5+ Cara Menanam Kecombrang agar Cepat Panen
Menanam Kecombrang di Pot. Dokpri
Seandainya Sobat hanya ingin menanam beberapa tanaman kecombrang dalam pot atau polybag, cara penanaman dan perawatannya sama seperti yang telah diuraikan di atas.

Hanya saja, kecombrang yg ditanam dalam pot membutuhkan media tanam yg gembur, fertile, dan aeratif agar pertumbuhannya tidak terhambat.

Oleh karenanya, pertama sekali pilih pot dengan diameter minimal 50 centimeter. Kemudian buatlah media tanam yang terdiri berdasarkan adonan tanah kebun, pupuk kandang, & arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Isikan media tanam ke pada pot sampai ? Bagian pot saja. Setengah bagian pot lagi yg tersisa akan ditambah adonan tanah dan pupuk secara sedikit demi sedikit saat tanaman sudah mulai tumbuh & membentuk rumpunnya.

Demikian cara menanam kecombrang. Ternyata memang nir terlampau menyulitkan jika mau menanam kecombrang. Asalkan bibit telah tersedia, maka menanam pun sebagai lancar. Satu hal lagi, rawatlah dengan baik supaya kecombrang fertile & tentunya sanggup cepat memanen bunga kecombrang.

Ringkasan Perbanyakan Bibit Kecombrang menggunakan Cara Stek ada dalam video ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar