Senin, 04 Mei 2020

Tips Tidak Mesti Beli! ZPT Alami Ini Percepat Tumbuh Akar Stek Batang|Tanaman Buah

ZPT Alami – Dalam dunia perbanyakan tanaman secara vegetatif, tidak selalu mesti menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT) yang sintesis seperti nature stek, root up, dan lainnya. Sebab, di sekeliling kita, banyak juga tersedia zpt alami yang tak kalah ampuhannya dengan zpt yang dipasarkan di toko-toko sarana pertanian.

BACA pula : Cara Pakai Root Up Pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas dalam Waktu 7 Hari

Ilustrasi tumbuh akar lantaran zpt alami

Bagi yg hobi stek btg tanam, baik itu tanaman butir juga tumbuhan hias, telah nir asing lagi dengan hormon per4_ng_s4ng tumbuh alami.

Salah satu dari sekian banyak zpt natural yang seringkali digunakan lantaran murah dan gampang dihasilkan adalah bawang merah, ya bawang merah.

Auksin bawang merah percepat tumbuh akar stek btg

Ternyata, bawang merah bukan saja bermanfaat sebagai bumbu dapur atau penyedap kuliner, tetapi bermanfaat jua buat meningkatkan kecepatan tumbuh akar stek batang atau cangkok tumbuhan.

Mengapa bawang merah dapat dipakai sebagai zpt alami? Banyak para ahli sudah mendalami lebih jauh terhadap tubuh bawang merah. Dalam bawang merah terdapat sejumlah zat & keliru satunya adalah hormon auksin.

Hormon auksin yg terdapat dalam bawang merah kabarnya berfungsi sebagai zat yang mengatur pertumbuhan flora, terutama mendorong meningkatkan kecepatan tumbuhnya akar tanaman .

Ini menampakan bahwa ZPT alami menurut bawang merah sama fungsinya dengan auksin yg terdapat dalam hormon sintesis atau zpt produksi orisinil pabrik.

Kita tau, zpt yang banyak dijual di pasar, tentu saja mengandung auksin sebagai akibatnya dapat dipakai menjadi per4_ng_s4ng akar tanaman .

Bawang merah mampu menyetek multitanaman

Bawang merah buat hormon stek batang

Nah, kalau Anda ingin menyetek btg tanaman atau cangkok tanaman butir, sekarang Anda bisa pakai bawang merah menjadi per4_ng_s4ng akar alami.

Bawang merah mampu dipakai buat stek mangga, stek jambu air, stek markisa, stek durian, dan lainnya termasuk stek tumbuhan hias. Tapi, untuk keberhasilannya, Anda tetap perlu menjaga syarat pertumbuhan lainnya seperti media semai stek & sungkup yg baik.

Cara Pakai ZPT Alami Bawang Merah buat Stek Batang

Namun, yang sebagai pertanyaan adalah bagaimana cara menyulap bawang merah agar berfungsi menjadi hormon pengatur tumbuh. Singkatnya, bagaimana cara pakai zpt alami bawang merah untuk stek atau cangkok tanaman supaya cepat tumbuh akar dan tunas?

Tidak terlalu sulit cara pakai ZPT alami bawang merah untuk memperbanyak bibit tanaman. Cara pertama, belah bawang merah, lalu gosok-gosok bawang merah tersebut pada batang stek yang telah disayat/dilukai sebelumnya.

Cara gunakan zpt alami bawang merah

 buat stek btg dengan cara menggosoknya

Cara pakai zpt alami bawang merah yang kedua seperti ini. Jika stek batang jumlahnya banyak, Anda tumbuk-tumbuk bawang merah, lalu diremas-remas dengan menambahkan sedikit air. Atau, ambil beberapa siung bawang merah dan giling dengan blender.

Celupkan btg stek ke dalam larutan ekstrak bawang merah tersebut, dan biarkan 10-15 mnt agar meresap.

Itulah keliru satu zpt alami. Hormon pertumbuhan berdasarkan bawang merah ini paling mudah didapatkan. Bahkan, pada aplikasinya buat setek batang ataupun cangkok tumbuhan buah relatif mudah. Demikian dan selamat mencobanya semoga sukses.

Ini Video ZPT ALami Bawang Merah

untuk Stek Tanaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar