Jumat, 29 Mei 2020

Tips 4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan|Tanaman Buah

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua – Apakah tanaman hias lidah mertua perlu disiram setiap hari? Jika tanpa dipupuk, mungkinkah tanaman lidah mertua subur sehingga memberikan keindahan? Atau pupuk apa yang cocok dan kapan diaplikasinya? Dan seabrek pertanyaan lainnya mengenai perawatan tanaman lidah mertua.

Tidak dipungkiri waktu pertanyaan-pertanyaan seputar cara memelihara tumbuhan pengecap mertua timbul. Sebab, jika tidak cerdas pada mengurus flora penyerap polutan ini, bukan nir mungkin yg ?Tumbuh? Hanyalah fungi, busuk btg, berdebu, kusam, kurang berkilau, dan lain sebagainya.

4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan

Oleh karena itu, postingan ini barangkali bermanfaat untuk Sobat yang sedang mencari cara merawat tanaman, khususnya lidah mertua. Tak usah berlama-lama atau bercerita panjang lebar. Yuk, kita langsung saja menyimak tentang bagaimana sih sebetulnya merawat tanaman lidah mertua.

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua yg Benar

Setelah menanam lidah mertua, Sobat jangan meninggalkannya begitu saja. Luangkan saat kesibukan Sobat sejenak dan tingkalkan aktivitas yang kurang penting sementara waktu buat merawat flora hias Sanseveiria ini dengan baik dan sahih.

Kalau ingin flora lidah mertua tampil menarik & memberikan nuansa rumah yg indah, berikanlah perhatian ekstra untuknya seperti penempatan pot, sinar matahari, kecukupan air, membersihkan daun-daunnya, menyuplai nutrisi berupa pupuk yg cocok, dan mencegahnya berdasarkan agresi hama dan penyakit.

Dari sekian banyak poin-poin pada perawatan tanaman pengecap mertua, kita seleksi beberapa hal saja yg memang memilih dalam pertumbuhannya.

Apa saja yang wajib dilakukan pada merawat tanaman pengecap mertua? Berikut ini terdapat 4 hal penting yang patut diperhatikan & nir boleh diabaikan.

1. Tanaman lidah mertua butuh sinar mentari

4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan
Photo byChris Liverani onUnsplash
Sobat tentu tau mengapa sinar matahari penting untuk tanaman terutama lidah mertua. Tanpa sinar matahari, proses fotosintesa tidak dapat berjalan.  Akibatnya, tanaman akan terganggu pertumbuhannya karena tidak dapat memproduksikan zat-zat makanan dalam jaringannya.

Ini artinya, bila Sobat menanam pengecap mertua, maka pastikan tanaman ini mendapatkan cahaya, baik langsung juga tak langsung, untuk pertumbuhan & menampilkan keindahan warna yg sesungguhnya. Semakin banyak mendapatkan cahaya, tanaman ini semakin indah warnanya.

Bagaimana jika tumbuhan lidah mertua ditaruh pada pada ruangan? Tanaman di dalam tempat tinggal permanen hidup, Namun, monoton di ruang, tanaman tidak sehat.

Nah, bila tumbuhan lidah mertua memang spesifik untuk di ruangan, keluarkan lidah mertua menurut ruangan seminggu sekali atau 2 kali seminggu dan tempatkan pada tempat yang terkena sinar mentari beberapa jam terutama sinar surya pagi. Atau, letakkan tanaman hias ini dekat ventilasi yg tembus sinar mentari terutama kala pagi hari.

2. Bersihkan debu dalam daun-daun pengecap mertua

Debu yg terbawa beserta udara tidak bisa dihindari yg akhirnya akan melekat pada daun-daun lidah mertua. Semakin lama akan semakin tebal debu yg lengket.

4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan
Membersihkan daun lidah mertua.

Gambar : Dokpri

Jika debu yg mengotori daun itu tidak dibersihkan, siapapun yg melihatnya lumayan tidak menarik. Bahkan, debu-debu ini akan mengundang pertumbuhan fungi atau cendawan yang mengakibatkan jelek dalam pertumbuhan tanaman lidah mertua.

4 Hal Penting Merawat Tanaman Lidah Mertua yang Tidak Boleh Diabaikan
Daun Tanaman Lidah Mertua Bersih berdasarkan Debu.

Gambar : Dokpri

Oleh karena itu, debu-debu yang menempel, mengotori, dan menutupi keindahan daun-daun lidah mertua harus dibersihkan secara berkala. Luangkan waktu sesaat untuk menghilangkan kotoran yang ada pada daun lidah mertua dengan menggunakan tisu atau kain lap basah.  Lakukan secara lembut dan perlahan-lahan agar tidah merusak daunnya.

3. Siram flora pengecap mertua secara teratur

Menyiram secara teratur bukan berarti harus dilakukan setiap hari. Teratur yg dimaksudkan merupakan penyiraman tumbuhan pengecap mertua cukup dilakukan sekali seminggu. Bahkan, bisa disiram dua kali seminggu. Namun, permanen monitor media tumbuhnya jangan hingga kritis air pada medianya.

Mengapa tidak disiram setiap hari? Selain mampu bertahan dalam syarat kering alias minim kadar air pada media tumbuh, tumbuhan lidah mertua memang nir menyukai poly air apalagi tergenang.

Apabila air hiperbola, batang flora pengecap mertua cepat sekali berjamur dan membusuk, akhirnya bisa meninggal. Makanya, media tanam lidah mertua pun wajib dibentuk yang poros supaya gampang dilalui air & pada pada media tumbuh nir berlebihan air.

4. Pemupukan tumbuhan pengecap mertua

Yang namanya tanaman telah tentu butuh zat-zat kuliner yang cukup agar bisa tumbuh menggunakan normal. Begitu juga dengan flora pengecap mertua, tanaman hias ini wajib dipupuk dengan pupuk yg mengandung unsur hara makro & mikro.

Karena keelokan yang diinginkan menurut tanaman lidah mertua merupakan daunnya, maka pupuk yang dipakai wajib yang mengandung kadar nitrogen (N) lebih tinggi dibandingkan dengan unsur P & K.

Akan lebih rupawan jika diberikan pupuk slow release. Pupuk ini mampu bertahan lebih usang (mampu hingga 1 tahun) pada media tanam sebagai akibatnya unsur hara permanen tersedia buat menunjang pertumbuhan & perkembangan tumbuhan lidah mertua.

Pupuk slow release misalnya, pupuk majemuk Dekastar 17-11-10 dan aneka brand pupuk tanaman hias lainnya. Pupuk slow release ini diaplikasikan dengan cara membenamkan ke dalam media tanam.

Meskipun demikian, boleh pula memupuk flora pengecap mertua dengan pupuk organik misalnya kompos. Lakukan aplikasi kompos pada rentang ketika 3 bulan sekali.

Kapan diaplikasikan pupuk buat flora pengecap mertua? Sebetulnya, pupuk dasar memang telah terdapat pada media tanam sebelum menanamnya. Dari mana? Ya, menurut bahan-bahan media tanam itu sendiri.

Namun, supaya pertumbuhan tanaman lidah mertuaok, aplikasikan pupuk slow release yang mengandung N, P, dan K  dua minggu atau paling telat satu bulan setelah tanam.

Baca jua ini :

  • Terungkap! Rupanya Ini Pupuk Tanaman Hias agar Rajin Berbunga
  • Cara Membuat MOL Bonggol Pisang Untuk Pupuk Organik Cair
  • Mengapa Sabut Kelapa Cocok Untuk Media Tanam Aglaonema?
  • 5 Jenis Pupuk Ini Membuat Anyelir Tumbuh Optimal dan Berbunga Besar-Besar
  • Cara Aplikasi Pupuk Gandasil D dan B agar Cepat Diserap Tanaman
  • Ada 8 Media Tanam Anggrek yang Cocok, Praktis, dan Ekonomis

Terjawab sudah kegalauan & kebingungan mengenai cara merawat tumbuhan tumbuhan pengecap mertua. Dengan cukup cahaya surya, bebas debu dalam daun, relatif air, & pemupukan yg tepat, maka tumbuhan lidah mertua tumbuh sehat, subur, dan tentu saja memancarkan keindahan rona-warna daunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar