Jumat, 01 Mei 2020

Tips Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville|Tanaman Buah

Bougenville sangat mudah berbunga asalkan saja mendapakan perawatan yang baik. Rahasia flora kembang kertas ini agar rajin berbunga sebetulnya adanya sinar surya yg cukup. Selain itu, ketersediaan nutrisi dalam media tumbuhnya akan membantu bougenville cepat, lebat, & cerah bunganya. Karena itu, usahakan Anda berikan pupuk buat bunga bougenville.

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Pupuk mendorong bougenville berbunga

Tanaman hias bugenvil (bougenville) yang cukup nutrisi akan tampak sehat dan indah. Bunga-bunganya tumbuh di seluruh ranting-rantingnya membalut daun-daun alias rimbun. Apalagi kalau warna mahkota kembangnya ngejrenk atau cerah, lengkaplah keindahannya yang bikin mata tak bosan memandangnya.

Nutrisi sempurna, kembang bougenvile lebat

Mengapa bougenville yang tumbuh di tanah pribadi tak pernah ?Kering? Bunganya meskipun tanpa dipupuk? Ini sanggup jadi karena unsur-unsur hara misalnya nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), & unsur hara mikro masih ada pada jumlah yang relatif buat menunjang pertumbuhannya. Bahkan, akar bugenvil bisa bebas beranjak menjangkau nutrisi tanpa batas.

Ini akan sangat tidak selaras menggunakan bougenville yg tumbuh dalam media terbatas misalnya pot atau polybag. Media tumbuh dalam pot dapat membatasi konvoi akar bougenville. Selain itu, tanah yang terdapat pada pot cepat jenuh & miskin unsur haranya.

Oleh karena itu, bougenville yg Anda tanam pada pot, butuh perhatian berdasarkan Anda buat mencukupi zat-zat kuliner yg dia butuhkan agar tumbuh fertile dan berbunga lebat. Dengan nutrisi sempurna, bougenville berbunga lebat.

Meskipun tidak perlu poly & sering-seringkali dipupuk, namun pupuk buat kembang bougenville yang tumbuh dalam media sempit tetap diharapkan.

Sekilas perawatan bougenville

Sebelum menyingkap tabir pupuk untuk bunga bougenville, kita lihat sekilas review beberapa perawatan sehingga tanaman manis ini rajin berbunga. Sebab, kunci estetika bunga kertas (bougenville) tergantung bagaimana Anda merawatnya. Anda sayang padanya, ia pun tumbuh & memberikan keindahannya buat Anda.

Selain pupuk, perawatan bougenville yg mesti Anda lakukan adalah menyediakan tempat tumbuhnya yang fertile, siram secara teratur, tempatkan pada area terkena cahaya matahari, pemangkasan, dan ganti media tumbuh jika telah jenuh. Perawatan ini juga termasuk cara membungakan bougenville.

BACA Juga : 5 Cara Mudah Membungankan Bougenville atau Kembang Kertas, Termasuk Pupuk?

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Dengan pemupukan, kembang kertas subur dan berbunga

Pupuk Untuk Bougenville izin lebat bunganya

Okay, agar tidak semakin penasaran, mari kita lihat pupuk untuk bunga bougenville. Apa pupuk dan bagaimana cara aplikasinya akan kita kuak dalam ulasan di bawah ini. Yuk, simak.

1. Pupuk organik

Pupuk organik merupakan pupuk terbaik untuk bougenville. Pupuk ini bisa menyuburkan tanah & menaruh nutrisi buat bugenvil serta aman bagi lingkungan. Bukan hanya unsur hara makro & mikro, namun juga menyediakan bahan organik yang bisa menggemburkan tanah.

Ada beberapa pilihan buat pupuk organik. Tetapi, umumnya pupuk organik yg sering diaplikasi buat bougenville merupakan pupuk kompos dan pupuk sangkar. Anda dapat memilih galat satunya saja, apakah ingin menaburkan kompos atau pupuk kandang. Pilih mana yang gampang terjangkau.

Cara aplikasi pupuk organik untuk bunga bougenville

Pupuk organik diberikan tergantung dimana bougenville tumbuh. Apabila bougenville tumbuh ditanah pribadi, Anda sanggup memupuknya setahun sekali dengan dosis lima-10 kg per tumbuhan. Cara aplikasinya dengan cara membenamkan di sekeliling tanaman bougenville.

Tetapi, apabila bougenville tumbuh atau Anda tanam dalam pot, maka aplikasikan 1-dua kg pupuk kandang atau kompos setiap 6 bulan sekali. Caranya aplikasinya, campurkan eksklusif menggunakan media tumbuh yang terdapat pada dalam pot.

Dua Pupuk kimia buat bunga bougenville

Sebetulnya meskipun kecil unsur haranya, dengan pupuk organik saja sudah cukup membantu menyuburkan bougenville. Akan namun agar bugenville lebih fertile, lebat bunga, & cerah warnanya, Anda mampu memupuknya dengan pupuk kimia.

Cukup poly jenis pupuk kimia yang bisa diaplikasi untuk tanaman bougenville. Ada pupuk tunggal & tersedia pula pupuk majemuk. Bahkan, terdapat pupuk beragam yg khas diproduksi buat mendorong pembungaan & butir.

Tetapi dalam artikel ini, kami hanya menyajikan untuk Anda dua jenis pupuk buat bunga bougenville. Tak usah banyak-banyak, ya cukup 2 saja dululah supaya tidak membingungkan dalam memilihnya. Yang jelas semua jenis pupuk kimia mengagumkan tergantung penggunaannya.

Dua.1. NPK

Kalau Anda ingin memupuk bougenville, Anda mampu aplikasikan pupuk NPK. Untuk pupuk majemuk ini jenisnya poly, terdapat phonska, NPK 15:15:15, NPK Mutiara, & lain sebagainya. Pilih keliru satunya saja.

BACA Juga : NPK Mutiara 16:16:16, Apa Keunggulan dan Manfaatnya?

Misalnya, Anda ingin memupuk bougenville menggunakan NPK Mutiara. Maka caranya begini. Untuk bougenville yang tumbuh pada tanah eksklusif dan miskin unsur hara, ambil 10-20 gr NPK & benamkan di sekeliling tanaman . Buat lubang secara melingkar sejauh tajuk flora, kemudian taburkan pupuk & tutup pulang. Anda mampu ulangi setiap 6 bulan sekali.

Apabila bougenville tumbuh pada pot, berikan 1 sdt NPK di sekeliling tumbuhan dengan cara membenamkannya. Ingat, jangan terlalu dekat dengan pangkal bougenville. Pemupukan dapat diulangi setiap 3 bulan sekali.

Kalau Anda ingin mengocor pupuk boleh-boleh saja. Larutkan 1 sdt NPK ke pada 1 liter air, siram ke tanaman bougenville (dosisnya, 1 sendok teh/liter air/flora bougenville)

Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari. Pastikan Anda memupuk bougenville bukan dalam waktu animo hujan atau cuaca sedang mendung. Sebab, apabila hujan, pupuk yg Anda aplikasi sia-sia karena mampu saja tercuci atau hilang oleh hujan.

Dua.Dua. Pupuk Daun Growmore buat bougenville

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Pupuk Growmore 10:55:10 buat bougenville

Jika Anda lebih suka memupuk flora bougenville menggunakan cara menyemprot, pupuk daun Growmore sanggup jadi pilihannya. Pupuk bunga ini mempunyai kadar 10% N, 55%P, & 10persenK. Karena itu, salah satu jenis pupuk daun ini dikenal dengan Growmore 10:55:10.

BACA Juga : Inilah Manfaat Pupuk Daun Growmore & Cara Aplikasinya yg Tepat

Pupuk growmore ini mengandung sejumlah unsur hara lengkap & khusus buat mempercepat keluarnya bunga & butir. Pupuk yg satu ini lebih disarankan aplikasinya pada flora yg telah masuk fase generatif atau sudah siap buat berbunga.

Anda bisa aplikasi pupuk growmore 10:55:10 untuk bougenvile setiap 10 hari sekali sampai mulai munculnya kuncup bunga. Larutkan 1 gram ke dalam 1 liter air, dan semprot pada daun terutama bagian bawah daun. Jika tersisa larutan pupuk, siram ke media tumbuhnya.  Lakukan pemupukan pada pagi atau sore hari.

Dari ke 2 jenis pupuk kimia buat bougenvile yg tadi di atas, silakan Anda pilih keliru satunya saja. Sebab, apabila Anda menggunakan keduanya, dikhawatirkan sanggup over dosis. Bukannya subur & berbunga, malah mampu mengganggu pertumbuhannya.

Simpulannya, biar bougenville tumbuh fertile, aplikasikan pupuk organik & jua pupuk kimia. Kombinasi kedua pupuk tadi, menciptakan flora kembang kertas ini tumbuh subur, bunga lebat, dan menghadirkan pesona yang menakjubkan.

Pastikan sehabis Anda membenamkan pupuk buat bunga bougenville, siram secukupnya. Lakukan perawatan dengan sungguh-sungguh agar bougenville berbunga lebat menggunakan warnanya yg cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar