Sabtu, 30 Mei 2020

Tips Jangan Keliru Memupuk Tanaman Buncis!! Ini Pupuk dan Cara Pemupukannya|Tanaman Buah

Pupuk untuk Tanaman Buncis – Jika Sobat menanam buncis, maka jangan sekali-kali menelantarkan atau menyerahkan sepenuhnya kepada alam untuk pertumbuhannya. Apapun varian buncis yang Sobat tanam, baik buncis tumbuh tegak maupun yang merambat, tentu saja sangat perlu diberikan pupuk kalau mau hasil buncis optimal.

Ini merupakan, waktu keputusan menanam buncis telah bundar , maka pengetahuan pupuk untuk pertumbuhan & perkembangan flora buncis harus telah "pada luar kepala.?

Tidak hanya pupuk dasar, namun juga pupuk susulan tanaman buncis wajib benar -betul dimengerti misalnya jenis pupuk, kapan diaplikasikan, & berapa dosisnya. Intinya, jangan sampai menjadi bingung dan keliru memupuk flora buncis apabila mengharapkan panennya berlipat-lipat alias tinggi.

Jangan Keliru Memupuk Tanaman Buncis!! Ini Pupuk dan Cara Pemupukannya
Gambar : pixabay/Paul Brennan

Sekilas mengenal tanaman buncis

Sebelum pupuklahan menguraikan secara detail tentang pupuk untuk tanaman buncis, mari kita lihat sekilas tentang sayuran buncis. Sebab, dengan sedikit lebih familiar dengan buncis, akan memberikan spirit dan motivasi untuk budidaya tanaman buncis.

Orang-orang di negeri Belanda menyebut buncis dengan boontjes sebab buncis memang termasuk ke dalam suku kacang-kacangan atau polong-polongan. Buncis ini lebih tepat kalau dibilang sayuran buah karena memang buncis memiliki biji di dalamnya. Jadi, ketika panen yang dipetik adalah buah buncis yang kemudian siap dimasak untuk menjadi salah satu sayuran.

Kandungan gizi buncis dan manfaat buat kesehatan

Buncis merupakan komoditas sayuran yang banyak digemari masyarakat. Mengapa? Karena buncis merupakan jenis sayuran yang kaya dengan nilai gizinya. Buncis mengandung protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C,  dan bahkan mengandung stigmasterol, sitisterol, serat dan enzim.

Apabila melihat kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah buncis, ini tentu sangat berguna buat kesehatan. Adanya stigmasterol dan sitisterol sanggup membantu mengatasi orang-orang yg terkena diabetes atau gula darah. Bahkan, bagi penderita hipertensi, konsumsi buncis akan menurunkan tekanan darah.

Buncis komoditas sayuran prospektif

Karena nilai gizi dan manfaat buat kesehatan, maka tidak mengherankan jika buncis sebagai komoditas yang banyak dibeli oleh warga . Lantaran itu pula, tidak usah bertanya kenapa waktu poly petani cenderung memilih menanam buncis karena memang sangat prospektif & pasar pun terbuka lebar. Ini berarti menanam buncis menguntungkan lantaran pasar siap menampung produk sayuran tadi.

Agar dapat merespon peluang pasar tadi menggunakan baik, maka menanam buncis wajib dirawat menggunakan baik terutama pemupukan supaya buncis yg ditanam menghasilan buah yg poly. Banyak buahnya, tentu banyak juga pendapatannya. Pendapatan tinggi, sudah tentu kesejahteraan petani buncis meningkat.

Varietas buncis

Banyak varietas buncis yg sudah dilepaskan menggunakan tingkat produksi yang tinggi. Selain varietas buncis merambat yg tingginya hingga menggunakan 2 meter, ada pula varietas buncis tumbuh tegak dengan ketinggian batangnya mencapai 30-50 cm.

Beberapa varietas buncis merambat yg relatif popular diantaranya merupakan Horti-1, Horti-dua, Horti-tiga. Sedangkan buat varietas buncis tumbuh tegak misalnya Balitsa 1, Balitsa 2, Balitsa tiga, dan ada pula varietas buncis tegak yg cukup familiar menggunakan petani, yaitu buncis FLO.

Syarat tumbuh tumbuhan buncis

Jangan Keliru Memupuk Tanaman Buncis!! Ini Pupuk dan Cara Pemupukannya
Gambar : Pixabay/GaelleB
Sayangnya, buncis tidak bisa ditanam sembarang lokasi. Artinya, buncis tidak akan optimal produksi buahnya kalau ditanam tidak sesuai dengan kondisi tumbuhnya. Walaupun dipupuk dengan pupuk yang tepat, buncis enggan memberikan hasil yang tinggi kalau tempatnya tidak cocok.

Jadi, bagaimana loka yg cocok buat menanam buncis? Buncis tegak & buncis yg merambat (butuh turus) tumbuh baik pada ketinggian berbeda.

Buncis yang merambat atau membutuhkan lanjaran tumbuh dengan baik di daerah dekat dengan pengunungan atau ketinggian tempatnya 1000 ? 1500 m di atas bagian atas laut (dpl). Sedangkan buncis tegak dapat ditanam pada ketinggian tempat berkisar 300 ? 600 m dpl.

Namun, keduanya, baik buncis tegak maupun buncis merambat, tumbuh dengan baik dalam tanah lempung ringan. Demikian jua dengan pH tanah, keduanya menghendaki pH dalam kisaran 5,8 ? 6.0.

Apa pupuk untuk flora buncis?

Baik, pertanyaan yg belum terjawab adalah pupuk apa buat tumbuhan buncis agar tumbuh subur & produksinya tinggi? Pupuknya merupakan pupuk organik & anorganik. Dan ini menjadi pupuk terbaik buat tanaman buncis sebab keduanya melengkapi sebagai akibatnya kandungan unsur hara makro & mikro lengkap.

Kedua pupuk tersebut, baik organik & anorganik, diaplikasi dalam saat yg berbeda-beda. Ada yang diberikan pada saat pengolahan lahan dan ada juga yg ditambahkan pada ketika buncis tumbuh yang dikenal menggunakan pemupukan susulan.

Pupuk dasar tumbuhan buncis

Sebagaimana menanam sayuran lainnya, menanam buncis juga mesti diberikan pupuk dasar. Ini bertujuan agar huma lebih subur & lebih siap buat mendukung pertumbuhan tanaman buncis.

Apa pupuk dasar tanaman buncis? Pupuk dasar tumbuhan buncis ada yang memberikan pupuk kandang saja dan ada juga yang memberikan pupuk kandang plus pupuk anorganik.

Tetapi, buat hasil buncis terbaik, kombinasi pupuk kandang & pupuk anorganik tampaknya sebagai pilihan yang tepat. Sebab, kehadiran pupuk anorganik akan menyediakan N, P, dan K pada jumlah nisbi relatif buat mendukung pertumbuhan awal tanaman buncis.

Berikut ini pupuk dasar buat tanaman buncis berserta dosis dan cara aplikasinya.

Pupuk kandang ; Dosis pupuk kandang (bisa pupuk kandang kuda, sapi atau ayam, mana yang tersedia dan terjangkau) untuk pupuk tanaman buncis adalah 10-15 ton/hektar atau 1 – 1,5 ton per 1000 m2. Sedangkan cara aplikasinya dengan cara menyebar pada bedengan dan kemudia dicampurkan dengan tanah secara merata. Waktu aplikasinya 2 minggu sebelum tanam.

Pupuk anorganik ; Pupuk anorganik yang diaplikasikan untuk pupuk dasar tanaman buncis adalah NPK 16:16:16. Dosisnya adalah 100 – 150 kg/hektar atau 10 – 15 kg per 1000 m2 luas lahan. Cara aplikasinya dengan cara menyebar di atas bedengan dan diaduk merata dengan tanah. Waktu aplikasi 1 minggu sebelum tanam.

Agar huma buat menanam buncis bebas menurut fungi fusarium, maka lebih rupawan jika ditambah menggunakan Natural Glio sebelum menanamnya. Natural GLIO ini adalah salah satu paket menurut pupuk NASA buat buncis yg berperan menjadi agen hayati buat mencegah fungi parasit.

Atau boleh pula menggunakan produk antijamur lainnya. Yang krusial merupakan lahan buat menanam buncis tetap steril dari fungi. Sebab, fungi keliru satu penyebab terganggu pertumbuhan flora buncis..

Pupuk susulan tanaman buncis

Ketika tumbuhan buncis telah mulai tumbuh, pastikan nutrisi permanen tersedia agar buncis tumbuh sehat dan fertile. Oleh karena itu, aplikasikan segera pupuk susulan dengan jenis & dosis yg tepat. Kapan, apa jenis & berapa takaran pupuk susulan tanaman buncis?

Pupuk susulan I ; Pada saat tanaman buncis berumus 15 hari setelah tanam (HST), aplikasikan pupuk NPK 16:16:16 dengan dosis 100 – 150 kg/hektar atau 10 – 15 kg per 1000 m2 luas lahan atau +/- 5 gram/tanaman buncis.

Pupuk susulan II ; Pada saat tanaman buncis berumus 30 hari setelah tanam (HST), aplikasikan lagi pupuk NPK 16:16:16 dengan dosis yang sama seperti pada pupuk susulan I.

Cara pelaksanaan pupuk susulan flora buncis.

Karena memberikan pupuk secara bertahap lebih bagus dari pada pemberian sekaligus,  maka cara aplikasi pupuk susulan juga mesti dipahami.

Cara aplikasi pupuk susulan merupakan menggunakan cara membenamkan ke pada tanah kurang lebih pangkal flora buncis. Tugal tanah dengan kedalaman lima-10 centimeter & jeda berdasarkan flora 10 cm. Lalu, masukkan pupuk & tutup balik menggunakan tanah.

Baca pula ini :

  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos
  • 4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat
  • Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat
  • Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya Agar Panennya Berulang Kali

Itulah pupuk buat tanaman buncis supaya subur & produksi buahnya tinggi. Jangan keliru atau galat memupuk buncis lantaran hasilnya akan "jauh api menurut panggang." Begitu juga, supaya tidak sia-sia dalam pemupukan buncis seperti pribahasa "arang habis besi binasa," pastikan lahan untuk menanam buncis sudah oke punya alias cocok. Selain itu, drainase pula harus baik supaya pertumbuhan buncis tidak terganggu.

Tips

Agar pertumbuhan buncis baik dan produksi ok, aplikasikan pupuk daun yang mengandung unsur hara makro dan mikro setiap 2 minggu sekali dengan cara menyemprot. Misalnya, Sobat bisa menggunakan Gandasil atau pupuk NASA untuk buncis atau produk pupuk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar