Jumat, 22 Mei 2020

Tips Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya|Tanaman Buah

Cara Menanam Semangka – Salah satu tanaman hortikultura yang banyak dilirik petani untuk dibudidayakan adalah semangka.  Mengapa? Alasannya sederhana sekali. Selain relatif mudah menanam dan merawatnya, menanam semangka cukup prospektif karena respon pasar, baik domestik maupun internasional, cukup bagus.

Semangka ; Buah penyegar dan bernutrisi

Umumnya, masyarakat memang menyukai semangka. Sebab, butir semangka memiliki citra rasa yang anggun, enak, berair, dan bertekstur halus & lembut. Karena itu jua, buah semangka banyak dijadikan galat satu pilihan yang cocok menjadi penyegar.

Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya

Bukan hanya penyegar, rupanya semangka merupakan butir yg menyehatkan. Lihat saja, butir ini kaya menggunakan kandungan nutrisi seperti vitamin dan sejumlah mineral krusial pada dalamnya. Bahkan, semangka diyakini poly orang bermanfaat buat kesehatan seperti menjaga kadar kolesterol & menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebelum menanam semangka, ?Tanam? Dulu semangat dan pengetahuan

Terlepas dari betapa dahsyatnya manfaat semangka, yang mesti ?Ditanam? Terlebih dulu pada diri calon petani semangka adalah semangat dan pengetahuan cara menanam semangka yang baik dan sahih.

Lantaran dengan penguasaan teknik menanamnya, sudah tentu membentuk semangka yang berkualitas. Tidak hanya berkualitas, namun produksi butir semangka tinggi.

Sekilas mengenal semangka

Tanaman semangka dalam bahasa latin dikenal dengan nama Citrullus lanatus. Namun orang di luar Indonesia, mereka umumnya menyebut semangka dengan watermelon. Mungkin, di beberapa daerah juga punya julukan tersendiri untuk semangka. Di Aceh misalnya, mereka menyebut semangka dengan boh timon taiwan.

Apapun sebutan atau julukannya, semangka merupakan kerabat tumbuhan timun-timunan misalnya mentimun, melon, & lain sebagainya yg tumbuh dengan cara merambat. Bunga atau butir semangka ada dalam ruas-ruas batangnya.

BACA JUGA : Cara Budidaya Melon Dalam Pot pada Perkarangan Sempit supaya Buahnya Besar & Manis

Pilih varietas semangka untuk ditanam

Semangka cukup poly varietas atau jenisnya. Ada semangka yang berbiji dan terdapat juga yang non biji. Ada semangka yang rona dagingnya merah & banyak jua yg berwarna kuning.

Karena itu, jangan keliru pada budidaya semangka terutama dalam menentukan varietas. Pilihlah varietas yang banyak disukai orang.

Kondisi tumbuh tanaman semangka

Sobat tidak usah khawatir menanam semangka. Sebab, semangka merupakan flora yg tumbuh pada daerah tropis & sub tropis. Bahkan, jika dilihat asalnya, semangka asal menurut Afrika. Sobat tau tentang iklim Afrika, bukan? Iklim disana subtropis (sedang) dan tropis.

Baik supaya lebih konfiden buat menanam semangka, berikut ini akan kita simak tentang kondisi atau kondisi tumbuh yg dikehendaki tanaman semangka supaya dapat tumbuh dan produktivitasnya tinggi.

Ketinggian tempat

Tanaman semangka tumbuh optimal kalau ditanam pada ketinggian tempat 0-400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di atas ketinggian tersebut masih bisa tumbuh, namun hasilnya tidak sesuai harapan alias kurang menguntungkan karena produksinya bisa jadi rendah dan kualitasnya yang kurang ok.

Kondisi tanah

apabila mau menanam semangka, perhatikan jua syarat tanah. Semangka tumbuh menggunakan baik pada tanah yang fertile & gembur. Kondisi keasaman tanah perlu permanen terjaga agar ketersediaan hara dan penyerapan unsur hara tidak terganggu. PH yang ideal buat semangka berkisar dalam angka 6 ? 7. Tanah loka menanam semangka jua harus mempunyai drainase yang baik.

Sinar matahari

Semangka suka dengan sinar matahari. Bukan hanya pagi hari saja, namun sepanjang hari. Lantaran itu, huma menanam semangka nir boleh ternaungi atau terhalang sinar menggunakan pepohonan.

Suhu udara

Selain yang tesebut di atas, satu hal lagi yang penting diperhatikan ketika menanam semangka, yaitu suhu udara. Temperatur udara yang mendukung pertumbuhan dan produktivitas semangka adalah lebih besar dari 250C atau 770F.

Bibit buat menanam semangka

Kita paham bahwa buat menanam semangka memerlukan bibit yang sehat dan berkualitas. Bibit yang sehat & berkualitas tentu haruslah menurut biji (benih) yang sehat jua.

Oleh karenanya, agar benih semangka yang akan disemai atau ditanam benar-sahih terjamin mutunya, belilah benih di toko-toko pertanian. Pastikan bungkus benih semangka yang Sobat beli minimal tercantum lepas kadaluarsa (expired date) & izin produksi.

Tetapi, bila hanya buat menanam 1 atau dua tumbuhan semangka di tempat tinggal sebagai hiasan, ambil saja biji berdasarkan semangka yg sudah tua buat ditanam.

Cara perlakuan benih semangka

Sebelum menyemai, benih semangka hendaknya diberi perlakuan terlebih dahulu supaya proses pertumbuhan lebih cepat dan bebas berdasarkan hama & penyakit.

Berikut ini cara perlakuan benih semangka sebelum disemai

  • Isikan air hangat dalam baskom secukupnya
  • Larutkan Atonik (zat pengatur tumbuh lainnya) dan fungisida ke dalam air. Aduk hingga merata
  • Rendam biji semangka ke dalam air selama 2-4 jam
  • Pisahkan biji semangka yang melayang, terapung, dan tenggelam
  • Ambil biji semangka yang tenggelam saja untuk disemai

BACA JUGA : Hama Tanaman Semangka Resahkan Petani? Kendalikan Seperti Ini
Perlakuan Benih Semangka. Gambar : Dokpri

Media semai benih semangka

Sebelum menyemai benih semangka, siapkan dulu media semainya. Media semai terdiri dari adonan tanah & kompos atau tanah dan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Media semai dimasukkan ke pada polybag. Tiap polybag diisi menggunakan dua/3 media semai.

Menyemai benih semangka

Benih semangka yg sudah diberi perlakuan tersebut bisa langsung disemai ke dalam polybag. Ada pula benih semangka yang sudah diberi perlakuan, disimpan dulu dua-3 hari pada dalam kantong plastik supaya perkecambahannya cepat. Setelah berkecambah, baru disemai ke dalam polybag.

Tetapi, pada artikel ini, benih semangka yg telah direndam pribadi disemai ke pada polybag yg telah berisi media semai. Berikut ini cara menyemai benih semangka.

  • Siram media semai sampai lebab
  • Tanam satu biji semangka setiap polybag
  • Tempatkan pada tempat terlindungi dari terpaan hujan dan matahari langsung
  • Siram setiap hari media semai yang sudah berisi biji semangka
  • Pindahkan atau tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari jika biji semangka sudah tumbuh
  • Jika bibit sudah tumbuh 4 helai daun, bibit semangka siap dipindahkan ke lahan tanam

Menyiapkan huma tanam semangka

Supaya huma mendukung untuk pertumbuhan semangka, maka lahan tanam perlu disiapkan dengan baik. Lahan yang siap tanam merupakan huma yang higienis menurut gulma dan gembur.

Oleh sebab itu, huma tanam semangka mesti dibersihkan dari semak belukar dan rumput-rumput liar agar nir mengganggu pertumbuhannya. Selain itu, huma perlu dibajak atau dicangkul dengan kedalaman 20-30 centimeter.

Setelah tanah diolah, dibentuk guludan/bedengan dengan lebar 4-6 m & panjangnya disesuaikan dengan lahan. Usahakan antar bedengan terdapat jarak yg berfungsi buat drainase & memudahkan perawatan nantinya. Jarak antar bedengan 50-60 cm & dibuat juga lubang tanam dengan jarak lubang tanam 1 m x 0,5 m atau 1 m x 0,8 m.

Bersamaan menggunakan penyiapan bedengan, taburkan pupuk organik berupa pupuk sangkar atau pupuk kompos. Sedangkan hadiah kapur atau dolomit kalau pH tanah dibawah lima,5. Kalau pH berada dalam range 6-7, nir perlu penambahan dolomit.

Kalau menurut sisi finansial alias kapital memungkinkan, huma tanam usahakan dipasang mulsa plastik. Dengan adanya mulsa, maka bisa mengurangi penguapan dan mencegah tumbuhnya gulma dalam huma semangka.

Menanam bibit semangka pada lahan tanam

Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya
Bibit Semangka
Bibit semangka yang sudah tumbuh 4 helai daun atau minimal telah berumur +/- 15 hari setelah semai, sudah dapat dipindahkan ke lahan untuk ditanam. Untuk menghindari bibit stres, penanaman semangka dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.

Berikut ini cara menanam bibit semangka ke lahan tanam

  • Siram media semai bibit semangka
  • Lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak tanah dan akar
  • Tanam bibit semangka (satu lubang tanam, satu bibit semangka)
  • Tumtup kembali dengan tanah sampai menutup semuai media semai dan akarnya serta padatkan tanah disekelilingnya
  • Siram secukupnya

Merawat flora semangka

Kalau telah menanam, jangan lupa merawat semangka. Sebab, perawatan keliru satu kunci sukses pada budidaya semangka.

Ada beberapa hal yg mesti diperhatikan sesudah penanaman semangka, yaitu penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan, pemangkasan, & pengendalian hama & penyakit.

Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya

Penyiraman ; Tanaman semangka perlu mendapatkan cukup air pada awal-awal pertumbuhannya. Oleh karena itu, lakukan penyiraman 2 kali sehari kalau cuaca cukup panas. Ketika tanaman semangka sudah berbuah, penyiraman harus dikurangi (2-3 hari sekali) untuk meningkatkan kualitas buah.

Penyulaman ; Monitor segera perkembangan bibit semangka yang ditanam apakah tumbuh semua atau mungkin ada yang layu atau mati. Jika ada yang layu atau mati, segera dilakukan penyulaman.

Penyiangan ; Lakukan penyiangan jika gulma sudah mulai tumbuh. Gulma akan mengganggu pertumbuhan semangka dan mengundang hama dan penyakit tanaman semangka.

Pemupukan ; Setelah dilakukan penyiangan, segera pupuk tanaman semangka. Satu minggu setelah tanam, semangka sudah dapat dipupuk agar tumbuh subur.

Apa pupuk untuk semangka? Apakah semangka ada dipupuk dengan pupuk urea? Semangka boleh diaplikasikan pupuk beragam misalnya NPK atau bisa pula memakai pupuk tunggal urea, SP-36, & KCL.

BACA JUGA : Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka supaya Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun OK

Jadi, jelas bahwa semangka tidak terlepas dari urea baik pada bentuk pupuk beragam juga tunggal buat memasok unsur nitrogen (N).

Pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan cara pengocoran. Menjelang tumbuhan semangka berbunga, kurangi aplikasi pupuk yg mengandung N. Pada fase generatif atau semangka mulai berbunga, perlu dipupuk menggunakan pupuk yang mengandung kalium (K) supaya kualitas buas lebih bagus dan cita rasanya lebih cantik.

BACA JUGA : 4 Tahap Memupuk Mentimun pada Polybag supaya Buahnya Lebat

Pemangkasan ; Agar buah tanaman semangka besar dan rasanya manis, maka tanaman semangka perlu adanya pemangkasan. Cabang utama dipangkas, tapi tidak dipangkas semua 😅. Sisakan cabang utama sekitar 2-3 cabang.

Di setiap cabang primer, tumbuh pula cabang-cabang yg dikenal cabang sekunder. Nah, cabang sekunder ini dipangkas. Pangkas cabang sekunder tersebut tepat pada atas daun ke 2 atau menyisakan 2 helai daun saja pada cabang sekunder.

Pemeliharaan buah semangka ; Buah semangka yang muncul, tidak dipelihara semua. Cukup dipelihara 1-2 buah saja per tanaman, yang lain dipangkas/dibuang.

Buah yg akan dipelihara sampai panen adalah buah yang tumbuh di atas ruas daun ke-13 atau jarak menggunakan pangkal tumbuhan kurang lebih 1,tiga meter. Tapi jangan keliru, butir yang dipelihara merupakan buah yg nir stigma dan bentuknya baik.

Lakukan jua pembalikan butir semangka secara rutin agar rona buahnya rupawan & menarik konsumen. Di samping itu, pembalikan buah juga bertujuan agar buahnya matang secara menyeluruh.

Pengendalian hama dan penyakit ; Kalau lahan bersih dan tanaman cukup nutrisinya, biasanya semangka jauh dari hama dan penyakit. Lahan yang bersih, berarti tidak ada tempat untuk berkembangnya hama dan penyakit. Demikian juga dengan nutrisi yang cukup, semangka tumbuh sehat dan mampu melawan terhadap penyakit.

Namun, kalau hama dan penyakit jua hadir menggaggu tumbuhan semangka, lakukan pengendalian dengan cara-cara bijak misalnya penggunaan pestisida organik. Dengan cara ini, butir semangka aman dikonsumsi & lingkungan pun bebas dari pencemaran.

BACA JUGA :Hama Tanaman Semangka Resahkan Petani? Kendalikan Seperti Ini

Penen semangka

Umur panen semangka tergantung varietasnya. Namun, homogen-homogen panen telah dimulai 35 hari sejak tumbuhan berbunga.

Walaupun demikian, semangka telah bisa dipanen jika telah terlihat pertanda-indikasi sulur dekat pangkal sudah mulai mengering. Selain itu, kalau dipukul akan mengeluarkan suara agak berat.

Itulah cara menanam semangka yg baik dan benar. Dengan perawatan yang baik, maka semangka akan berbuah tepat ketika, jauh dari hama & penyakit, produksinya tinggi, & gambaran cita rasanya yang mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar