Jumat, 08 Mei 2020

Tips Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi|Tanaman Buah

Pupuklahan.Blogspot.Com ?- Mungkin lantaran Anda acapkali memperhatikan adanya nasi basi, kemudian muncul indikasi tanya adakah manfaat nasi basi bagi tanaman . Jika ada, bagaimana cara pemanfaatanya?

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
Ilustrasi Nasi Bekas buat Tanaman [updated 25/01/2020]

Setiap hari terdapat saja nasi basi

Lantaran sebagian akbar penduduk Indonesia konsumsi nasi, maka tentu saja hampir setiap hari, terdapat saja nasi yg tersisa yang lalu menjadi basi.

Nasi bekas yg tidak bisa dimakan lagi, sanggup saja asal menurut tempat tinggal tangga ataupun restoran atau tempat tinggal makan. Jika dikumpul, jumlahnya tidak mengecewakan banyak.

Nasi basi buat unggas, tanaman , atau limbah?

Kemana pergi nasi basi selama ini? Sebagian akbar dibuang & sebagai limbah. Sebagian lagi untuk pakan unggas (ayam dan bebek). Dan sisanya yang sedikit, dimanfaatkan buat memupuk tumbuhan.

Yang memanfaatkan nasi basi buat tumbuhan merupakan teman-teman yang cerdas. Mereka tau, mulai berdasarkan air cucian beras hingga nasi bekas punya manfaat buat flora. Mereka paham nasi basi dapat dimanfaatkan buat menyuburkan tanah dan flora.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras buat Nutrisi Tanaman

Anda pecinta flora? Jangan buang nasi basi

Nasi yang sudah berubah tekstur dan rasanya alias basi tentu saja tidak lagi bermanfaat untuk manusia.  Jikapun nasi basi dikonsumsi oleh manusia, tentu akan menimbulkan resiko kesehatan.

Nah, bila Anda pecinta tumbuhan, usahakan nasi basi yang telah berubah tekstur & cita rasanya itu jangan dibuang karena sangat banyak kegunaannya buat flora.

Bukan hanya satu jenis flora, akan tetapi nasi dingin yang sudah bermalam berguna buat aneka jenis flora misalnya tanaman hias, cabai, tomat, padi, & lain-lain.

Sebagai orang yang suka tanam-menanam, Anda mesti tau, nasi basi bukan sekadar pupuk tanaman atau sekadar cerita basa-basi, tapi nyata lebih dari itu manfaatnya. Karena itu, Yuk simak penjelasannya di bawah ini tentang betapa hebat manfaat nasi basi dan cara pemanfaatannya untuk tanaman.

Manfaat nasi basi buat tanaman

Kita relatif mengerti bahwa buat tumbuh & berkembangnya tanaman sangat membutuhkan tanah yang subur dan nutrisi yang relatif.

Nah, galat satu zat organik yg mampu menyuburkan tanah & flora merupakan nasi basi. Sebab, di dalam nasi masih ada sejumlah nutrisi krusial seperti karbohidrat, protein, mineral seperti besi (Fe), fosfor (P), mangan (Mn), selenium, magnesium (Mg), dan sejumlah vitamin.

Adakah nitrogen (N) apabila nasi basi diberikan untuk tanaman ? Tentu ada. Lantaran ada protein, maka terdapat N. Tapi, N menurut nasi basi baru dilepaskan & tersedia buat tanaman bila sudah mengalami perombakan protein sang mikroba.

Berikut ini secara umum sejumlah manfaat nasi basi bagi tanaman

  • Menyediakan unsur hara makro dan mikro untuk tanaman
  • Memacu pertumbuhan vegetatif dan perkembangan tanaman
  • Menyehatkan tanaman
  • Mengatasi dan mengendalikan serangan hama tanaman
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur
  • Memperkaya bahan organik tanah
  • Meningkatkan aktivitas bakteri tanah yang menyuburkan tanaman
  • Memperbaiki sifat-sifat fisika tanah seperti tanah menjadi lebih gembur, aerasi lebih bagus, dan lainnya.

Nasi basi mesti diolah supaya berguna buat flora

Sayangnya, nasi basi tidak serta-merta dapat diaplikasi untuk tanaman. Kita saja bisa sakit perut, apalagi nasi basi diberikan untuk tanaman, tentu tanaman pun terganggu. Kalau tanaman bisa ngomong, tentu ia akan menolak. Please deh, jangan nasi basi begituan, olah dulu dunk😅😅.

Misalnya, nasi basi ditebarkan atau dibenamkan pada sekeliling flora, apa jadinya? Dalam waktu singkat seperti ini dampak buruknya.

Pertama, tanaman bisa terganggu karena bahan organik nasi basi belum terdekomposisi sempurna.

Mengapa tergganggu flora? Mikroorganisme tanah akan mengambil zat hara tersedia di kurang lebih akar tumbuhan buat tenaga & pertumbuhannya agar bisa merombak bahan organik nasi basi. Jadi, buat sementara waktu flora bisa kehilangan unsur hara yg telah tersedia di kurang lebih akarnya.

Kedua, nasi basi yang ditaburkan dalam pot atau pada media tumbuh tanaman, akan mengundang hama seperti tikus, ayam, kucing, serangga, dan lainnya. Akibatnya, tanaman akan terganggu.

Cara pemanfaatkan nasi basi buat tanaman ?

Agar nasi basi tersebut benar-benar bermanfaat buat flora, maka perlu adanya pengolahan atau perlakuan terlebih dulu sebelum diaplikasikan untuk tanaman .

Berikut ini beberapa cara pemanfaatan nasi basi sebelum dipakai buat memupuk tanaman .

1. Nasi basi buat pupuk kompos.

Salah satu cara pemanfaatan nasi basi yg cerdas & elegan adalah mengubahnya sebagai pupuk kompos. Dengan berubah wujud sebagai kompos, maka nutrisi berdasarkan nasi bekas tersedia dan bisa mudah diserap tanaman .

Oleh karena itu, sebelum digunakan untuk flora, nasi basi diolah sedemikian rupa menggunakan adonan bahan-bahan organik lainnya sebagai akibatnya sebagai pupuk kompos. Jadi, ini keliru satu pupuk berdasarkan nasi basi.

2. Nasi basi buat pupuk cair

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
POC Nasi Basi (Gambar Sebelah Kanan)
Cara pemanfaatan nasi basi lainnya untuk tanaman adalah dengan mengolahnya terlebih dulu sehingga menjadi pupuk organik cair.

Biasanya, nasi basi dibiarkan beberapa hari sehingga tumbuh banyak mikroba atau fungi. Lalu, ditambah air dan gula dan difermentasikan sebagai akibatnya menghasilkan produk pupuk cair.

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
Jamur Nasi Basi Setelah Dibiarkan 5-7 Hari
Pupuk cair yang dihasilkan dari nasi basi mengandung sejumlah nutrisi tanaman dan mikroorganisme menguntungkan. Pupuk ini dikenal dengan pupuk organik cair dari nasi basi.

Tiga. Nasi basi untuk pestisida organik

Hebatnya Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman, Bukan Sekadar Pupuk atau Basa-Basi
Biopestisida Dari Nasi Basi
Untuk mengatasi dan mengendalikan hama tanaman dibutuhkan pestisida. Nah, nasi basi bisa dimanfaatkan untuk pestisida organik karena mengandung mikroba atau bakteri yang menguntungkan.

Misalnya, Untuk mengusir kutu putih dalam daun, ulat, belalang, dan hama serangga lainnya, pestisida menurut nasi basi digdaya & bisa menjadi alternatif buat mengendalikan hama yang ramah lingkungan.

Tetapi, supaya nasi basi bisa sebagai pestisida organik atau bioinsektisida, perlu diolah terlebih dulu sebelum dipakai.

4. Nasi basi untuk jamur trichoderma

Nasi yang tersisa & nir digunakan lagi mampu berguna buat membuat biofungisida (jamur trichoderma). Jamur ini bisa menghalau jamur patogen dari flora.

Karenanya, agar bisa berguna buat tanaman , lakukan pembiakan jamur tersebut terlebih dulu dengan nasi atau nasi basi. Setelah diperoleh jamur tadi, baru diproses dengan adonan bahan-bahan organik lain supaya berkembang lebih banyak dan siap diaplikasikan buat flora.

BACA JUGA : dua Cara Praktis Membiakkan Biofungisida Trichoderma dan Siap Pakai pada waktu 7 Hari

5. Nasi basi buat dekomposer (bioaktivator)

Masih ingatkah dengan bioaktivator pada pembuatan pupuk kompos? Itu adalah mikroba yg sanggup merombak bahan-bahan organik, yg kemudian dikenal dengan dekomposer.

Nasi basi keliru satu media yang bisa menarik sejumlah mikroorganisme lokal (MOL). MOL ini dapat sebagai dekomposer bahan organik.

Oleh sebab itu, sebelum bisa berguna buat tumbuhan, maka nasi basi diolah terlebih dulu. Setelah didapatkan dekomposer berdasarkan nasi basi, maka dekomposer tadi digunakan buat perombakan bahan organik dalam pembuatan pupuk kompos.

Bagaimana, dahsyat sekali manfaat nasi basi untuk tanaman, bukan? Oh, iya..andaikan Anda masih penasaran bagaimana membuat pupuk cair nasi basi, dekomposer nasi basi, kompos nasi basi, pestisida nasi bekas, dan biofungisida dari nasi sisa, pupuklahan.blogspot.com akan menjelaskan satu persatu pada artikel lain dalam waktu dekat. Makanya, Andasubscribe dulu agar mendapat artikel terbaru gratis dari pupuklahan.blogspot.com

BACA JUGA : Pestisida Nasi Basi AMpuh Usir Hama Lho, Begini Langkah Membuatnya

Demikian manfaat nasi basi bagi tanaman . Sekali lagi, agar nasi basi mampu betul-betul berguna seperti menyuburkan dan menyehatkan tanaman , usahakan nasi basi dilakukan pengolahan atau perlakuan sebelum diaplikasikan buat flora.

Ini Video Cara Membuat Pupuk Organik Cair berdasarkan Nasi Basi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar