Senin, 11 Mei 2020

Tips Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah|Tanaman Buah

Pupuklahan.Blogspot.Com -- Bicara stek btg flora jambu air memang sangat menyenangkan dan bahkan mengasyikkan bagi yang hobi flora. Apalagi buat menumbuhkan akar cuman gunakan zpt yang cukup alami tanpa mengambil kocek, yaitu bawang merah.

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Bawang Merah. Gambar : Pupuklahan.Blogspot.Com

Namun, sebelum kita lanjutkan, pastikan Anda membaca artikel "Cari ZPT?  Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah" tepat di blog pupuklahan.blogspot.com agar informasi yang Anda terima benar dan berkelanjutan. Sekali lagi, artikel stek jambu yang sedang Anda baca adalah di pupuklahan.blogspot.com

Stek jambu air gampang apalagi pakai bawang merah

Mengapa Admin pupuklahan.Blogspot.Com memberikan model jambu air untuk disetek? Lantaran jambu air termasuk tumbuhan jambu yg sangat mudah buat tumbuh akar. Kadang-kadang jika syarat cuaca mendukung, bagian cabang jambu air yang langsung ditanam pada tanah, bisa tumbuh sendirinya.

Admin dari pupuklahan.Blogspot.Com pernah mengamati petani di desa-desa tempo dulu. Mereka merogoh sisa dari bagian tanaman jambu air dan menanam di tanah, tapi tempatnya ternaungi menurut sinar dan hujan. Ada yang tumbuh & ada juga yg gagal.

Nah, jika ingin lebih berpotensi sukses perbanyakan jambur air melalui stek btg, pupuklahan.Blogspot.Com menyarankan buat menambah atau mengolesi ekstrak zat penumbuh akar atau ZPT alami, yaitu bawang merah.

Bawang merah terdapat hormon auksin penumbuh akar

Bisakah distek batang jambu air dengan bawang merah? Pengalaman admin pupuklahan.Blogspot.Com, stek jambu dengan cairan bawang merah berhasil. Ini menampakan hampir tidak terdapat beda antara ZPT protesis menggunakan ZPT alami.

Sebab, dalam hormon pertumbuhan yg sintesis atau ZPT buatan mengandung salah satu hormon auksin. Demikian pula dengan kandungan hormon dalam bawang merah, yaitu aksin.

Anda tau, bukan? Hormon auksin ini digunakan buat meningkatkan kecepatan pertumbuhan akar. Jadi, jika zat berdasarkan bawang merah dipakai buat stek jambu air, maka stek btg jambu air akan cepat tumbuh akar.

Admin pupuklahan.Blogspot.Com yakin bahwa diantara teman-teman masih penasaran bagaimana sebetulnya perlakuan bawang merah menjadi zat pengatur tumbuh buat stek jambu air.

Baik, berikut adalah admin pupuklahan.Blogspot.Com ingin mengembangkan menggunakan teman-sahabat bagaimana caranya supaya proses menyetek batang jambu air dengan bawang merah cepat berhasil

1. Siapkan dulu btg jambu air

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Contoh Batang Stek Jambu Air. Pupuklahan.Blogspot.Com

Tugas pertama dalam stek jambu air menggunakan bawang merah tentu saja perlu Anda siapkan batang jambu air yg sehat dan produktif serta induknya kentara.

Cari batang jambu air atau cabang jambu air menggunakan diameter minimal 1 cm, namun tidak belia & tidak sedang tumbuh tunas-tunas baru. Potong cabang jambu air buat stek batang sepanjang 20-25 centimeter.

2. Giling halus bawang merah dengan blender

Anda siapkan beberapa umbi bawang merah buat dijadikan zat pengatur tumbuh dalam stek btg. Kemudian Anda blender menggunakan menambahkan air sedikit saja buat menggilingnya.

Setelah penggilingan bawang merah terselesaikan, saring ke pada gelas atau baskom atau wadah lain. Diamkan ekstrak bawang merah beberapa ketika 10-20 mnt sebelum digunakan buat stek batang jambu air.

3. Segera lakukan stek btg jambur dengan ekstrak bawang merah sebagai ZPT alami

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Posisi sayatan stek pada galat satu node/tempat

tumbuh daun/tunas. Pupuklahan.Blogspot.Com Lagi-lagi Admin pupuklahan.Blogspot.Com yakin bahwa Anda masih penasaran bagaimana cara olesi zpt bawang merah dalam batang jambu yang akan disetek.

Tidak sulit, hanya saja Anda perlu menyayat/melukai bagian pangkal btg jambu air yg akan distek dalam sisi kiri & kanan (pakai pisau tajam & steril). Jarak pelukaan kulit jambu air menurut pangkal kira-kira 1-dua cm.

Pastikan buat menandai posisi btg jambu buat stek jangan terbalik, yang pucuk ke atas, yg pangkal ke bawah.

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Ilustrasi pupuklahan.Blogspot.Com buat

pelukaan btg stek jambu air.

Source : pupuklahan.Blogspot.Com Rendam bagian batang jambu air ke pada ekstrak bawang merah dua-tiga jam supaya meresap hingga ke pada jaringan stek batang. Setelah itu, batang jambu yg telah diolesi hormon pertumbuhan alami dari bawang merah telah siap buat ditanam pada media tanam yang sudah dipersiapkan.

Media tanam terdiri menurut tanah yg liat & sedikit pupuk kompos. Menggunakan tanah liat buat tanam stek jambur air supaya tanah dan btg jambu air menyatu padat. Dengan demikian tidak terdapat rongga buat masuk udara yang adalah penyebab gagal stek btg.

4. Gunakan sungkup dalam stek btg jambu air

Cari ZPT? Yuk Stek Jambu Air dengan Bawang Merah
Admin pupupuklahan.Blogspot.Com menciptakan

sungkup stek jambu air. Source : Pupuklahan.Blogspot.Com

Untuk mempercepat pertumbuhan akar & tunas, sungkup atau tutup dengan plastik transparan. Penyungkupan ini juga supaya tidak terkena udara berdasarkan luar karena bisa menyebabkan btg jambu air sebagai kemarau.

5. Tempatkan stek btg jambu air pada loka yg teduh

Hal yang paling krusial diingat, menurut Admin pupuklahan.Blogspot.Com, setelah mengolesi zpt bawang merah, menanam, dan menyukup stek btg jambu air merupakan jangan menempatkan dalam area yg terkena sinar matahari pribadi. Berikan pelindung supaya terhindar dari panas dan hujan.

Demikian cara stek btg jambu air dengan bawang merah atau zpt alami. Untuk gambar-gambar lengkap lainnya pelan-pelan akan menyusul, mohon bersabar. Semoga pengalaman admin pupuklahan.Blogspot.Com dapat menginspirasi Anda buat menyetek jambu air dan mungkin tanaman buah lainnya dengan hormon penumbuh akar alami bawang merah. Demikian & salam pupuklahan.Blogspot.Com. Semoga Anda sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar