Kamis, 07 Mei 2020

Tips Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK untuk Tanaman Kedelai|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com -- Salah satu jenis pupuk kimia yang sering diaplikasi dalam budidaya tanaman kedelai adalah pupuk NPK. Pupuk majemuk ini dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman kedele karena mengandung unsur hara esensial nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Tanaman Kedelai

Seandainya Anda ingin aplikasi pupuk NPK untuk kedele, maka aplikasikanlah  dengan dosis yang tepat, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Tujuannya adalah agar tanaman pangan kedelai tumbuh subur dan dapat meningkatkan produksi biji kedelai.

Yang sebagai pertanyaannya adalah berapa dosis pupuk NPK buat flora kedelai?

Mengapa kedelai mesti dipupuk?

Baik, sebelum menjawab seberapa banyak takaran pupuk NPK untuk tanaman kedelai per hektar atau mungkin dosis NPK per lubang tanam kedelai, yuk kita lihat dulu sekilas mengapa kita mesti memupuk tanaman kedelai.

Kita tau bahwa selain padi & jagung, tumbuhan pangan yg pula relatif poly ditanam petani adalah kedelai. Ada yang menanam di huma sawah, huma kemarau, dan bahkan pada huma pasang surut.

BACA JUGA : Ini Langkah Pemupukan Jagung Hibrida dan Non-Hibrida supaya Produksi Tinggi

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Lahan Sawah Tadah Hujan buat Tanam Kedelai

Nah, lahan-huma yang ditanami kedelai tersebut mempunyai taraf kesuburan yg berbeda-beda, terdapat yg rendah, sedang, & tinggi. Tetapi, secara umum tanah di wilayah tropis kesuburannya rendah.

Kedelai yang tumbuh dalam lahan rendah nutrisi atau taraf kesuburan rendah, pertumbuhan terhambat dan produksi biji kedelai mampu jadi amat rendah, bahkan mampu jadi tanpa hasil alias gagal.

Jadi, satu-satunya jalan buat menaikkan kesuburan lahan tanam kedelai adalah pemupukan, baik pupuk organik maupun pupuk anorganik misalnya NPK.

Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
NPK buat Kedele Jangan Over Dosis

Tanaman kedelai butuh nutrisi yg cukup dan lengkap mulai semenjak berkecambah hingga dengan pengisian biji. Karenanya, pemupukan menggunakan pupuk NPK perlu dilakukan beberapa kali atau bertahap dengan takaran yang tepat. Hati-hati, jangan hingga over takaran??

Untuk jenis pupuk NPK, Anda bebas memilih. Anda sanggup memberikan pupuk NPK 16:16:16 atau Phonska untuk kedelai. Yang krusial adalah tersedianya unsur hara N, P, dan K buat flora kacang kuning (sebutan lain buat kedelai) dalam jumlah yang cukup dan harga beli pupuk tersebut terjangkau.

BACA : NPK Mutiara 16-16-16 ; Apa keunggulan & manfaatnya?

Aplikasikan pupuk NPK buat tumbuhan kedelai pada ketika tanam

Agar tanaman kedelai segera dapat menikmati lezatnya nutrisi pada tanah, berikan pupuk NPK pada ketika tanam.

Atau, jika tidak memungkinkan memupuk bersamaan dengan tanam, pelaksanaan pupuk NPK segera setelah tanam kedelai pada rentang waktu 1-15 hari terhitung semenjak saat penanaman.

Berapa takaran NPK buat kedelai? Untuk 1 hektar lahan tanam kedelai, membutuhkan pupuk NPK sebesar 100-125 Kg/Ha. Ini artinya, takaran pupuk NPK untuk tanaman kedelai 100-125 Kg/Ha.

Kalau kita konversikan ke dalam ukuran lebih kecil lagi, maka dosisnya adalah 0,4-0,5 gram/lubang tanam kedelai. Dosis NPK tersebut dihitung berdasarkan asumsi jarak tanam kedelai 40 cm x 10 cm atau 250.000 lubang tanam kedelai

Ingat, lubang tanam tidak sama dengan jumlah tanaman kedelai. Sebab, setiap lubang tanam umumnya diisi 2 benih kedelai. Dengan demikian, kalau tumbuh 100%, maka dalam 1 hektar lahan terdapat sebanyak 500.000 tanaman kedelai Sebagai gambaran, begini rumus umumnya.

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Menghitung Lubang Tanam dan Tanaman Kedelai

buat Kalkulasi Kebutuhan Pupuk NPK

Berikan pula pupuk NPK susulan untuk tumbuhan kedelai

Jangan sampai Anda terlena dengan kesuburan pertumbuhan tanaman kedelai. Pemupukan kedelai mesti dilanjutkan saat usia flora sudah 30 hari atau menjelang berbunga.

Dosis pupuk NPK susulan sama dengan takaran pupuk NPK dalam saat tanam, yaitu 100-125 kg/ha atau 0,4-0,lima gr/lubang tanam kedelai.

Cara pelaksanaan pupuk NPK buat tanaman kedelai

Biar Produktif, Ini Dosis Pupuk NPK buat Tanaman Kedelai
Aplikasi NPK pada samping Lubang Tanam Kedelai

Pemupukan tanaman kedelai dilakukan dengan cara tugal di samping lubang tanam menggunakan jeda lima-7 centimeter menurut pangkal tumbuhan,

Selain cara pemupukan kedelai menggunakan tugal, Anda mampu pula memupuk dengan cara menyebar pupuk NPK pada larikan pada samping barisan flora kedelai.

Setelah pupuk NPK dimasukkan ke dalam lubang atau larikan, tutup menggunakan tanah atau pupuk sangkar.

Tip

  • Tetap berikan pupuk kandang sebanyak 2,5 ton per hektar atau 5 gram per tanaman kedelai agar tanah tetap subur dan tersedianya unsur-unsur hara mikro. Pupuk kandang sebanyak itu digunakan untuk menutupi lubang tanam kedelai, bukan disebar.
  • Perhatikan pH tanah, jika agak asam, aplikasikan kapur atau dolomit untuk menurunkan kemasaman tanah.

Pertanyaan-pertanyaan seputar pupuk kedelai

Tanya :

Kalau ingin memakai pupuk tunggal buat memupuk kedelai, apakah boleh?

Jawaban dari pupuklahan.Blogspot.Com:

Tentu saja boleh, tetapi tetap pertimbangkan efisiensi biaya dan tenaga kerja dan kemudahan berdasarkan sisi aplikasinya.

Tanya :

Pupuk tunggal apa saja yang dipakai buat memupuk kedelai?

Jawaban dari pupuklahan.Blogspot.Com:

Pupuk tunggal yang diaplikasikan buat kedelai mesti mengandung unsur hara esensial, terutama unsur nitrogen (N), fosfor (P), & kalium (K). Untuk itu, Anda dapat menggunakan pupuk Urea, SP-36 atau TSP, dan KCL

Tanya

Berapa takaran masing-masing pupuk tunggal buat memupuk tanaman kedelai pada saat tanam & susulan?

Jawaban dari pupuklahan.Blogspot.Com:

Agar kebutuhan N, P, & K buat tanaman kedelai tetap sama, maka kita mesti menghitung terlebih dulu N, P, dan K pada NPK 16:16:16.

Dosis pupuk tunggal dalam waktu tanam sama menggunakan takaran pupuk susulan

Ini takaran masing-masing pupuk tunggal untuk kedelai.

N dari NPK = 16/100 x 100 Kg/ha = 16 kg

Maka Dosis Pupuk Urea buat Kedelai = 100/45 x 16 kg = 35,56 kg/ha

P menurut NPK = 16/100 x 100 kg/ha = 16 kg

Maka Dosis Pupuk SP-36 buat Kedelai = 100/36 x 16 kg = 44.44 kg/ha

K dari NPK = 16/100 x 100 kg/ha = 16 kg

Maka Dosis Pupuk KCl untuk Kedelai = 100/60 x 16 kg = 26,67 Kg/ha

Kalau Anda ingin meracik pupuk NPK dan menghitung kebutuhan pupuk tunggal, Anda dapat membaca artikel "Sulit Mendapatkan Pupuk NPK Kadar Tinggi? Begini Cara Meracik Sendiri dari Pupuk Tunggal "

Itulah takaran pupuk NPK buat flora kedelai. Agar produksi kacang kedelai tinggi, selain pemupukan, pilihlah varietas unggul, penyiapan lahan yg baik, & kendalikan hama & penyakit secara cepat & sempurna. Salam sukses berdasarkan admin pupuklahan.Blogspot.Com untuk Anda seluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar