Selasa, 12 Mei 2020

Tips Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com  -- Cara Menanam Kacang Tanah -- Komoditas kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan tanaman yang cukup banyak ditanam oleh petani. Anda tau, mengapa mereka menanam kacang tanah? Selain tanaman pangan prioritas pemerintah, respon pasar terhadap kacang tanah pun cukup baik dan menggiurkan. Mulai pasar domestik sampai internasional siap menampung hasil panen kacang tanah.

Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat
Gambar : Pixabay/Alexas_Fotos

Menanam kacang tanah ; di lahan kering ok, sawah pun bisa

Kalau Anda lihat dari sisi budidaya, kacang tanah bukanlah tanaman yang ‘manja-manja banget.’  Sebab, selain bisa ditanam di lahan kering, jenis tanaman polong-polongan ini juga tumbuh jika dikembangkan di lahan sawah.

Bahkan, diantara tanaman lain juga bisa ditanam, misalnya tumpangsari kacang tanah menggunakan ubi kayu atau jagung menggunakan kacang tanah.

Walau terbilang & kelihatan mudah menanam kacang tanah, namun dalam praktiknya para petani sering kali harus menghadapi aneka tantangan.

Mulai berdasarkan memastikan lahan menanam kacang tanah fertile atau nir, pupuk buat kacang tanah yang sempurna apa agar bijinya besar dan padat, hingga harus melawan sejumlah organisme pengganggu tumbuhan (OPT), petani wajib sanggup melewati dan mengatasinya supaya dapat memetik hasil yang memuaskan.

Meskipun demikian, Anda jangan mengurung niatnya buat menanam kacang tanah. Sebab, artikel ini akan memandu Anda agar mudah menanam kacang yg ginefor dan polongnya 'bersembunyi' dalam tanah.

Supaya sukses menanam kacang yang tinggi protein ini, Anda mesti mengusai teknik budidayanya.  Kalau kunci budidaya kacang tanah sudah di tangan Anda, bukan hanya tumbuh, tetapi produksi pun tinggi.

CARA MENANAM KACANG TANAH

Nah, Anda mau tau, bagaimana cara menanam kacang tanah yang baik dan sahih supaya berbuah lebat? Yuk kita simak penjelasannya supaya saat Anda tanam kacang tanah, hasilnya tidak kurang.

1. Pastikan kondisi tanah & iklim pada daerah Anda sesuai buat menanam kacang tanah

Jika ingin menanam kacang tanah, Anda wajib dapat memastikan syarat tumbuhnya, misalnya syarat tanah & iklim, sesuaikah atau tidak buat pertumbuhannya.

Kacang tanah tumbuh relatif baik kalau ditanam dalam tanah yang fertile, gembur, kaya bahan organik, dan bertekstur ringan misalnya jenis tanah lempung berpasir. Selain itu, pH tanah 6,lima-7, drainase & aerasi yang baik merupakan syarat tumbuh yang dikendaki kacang tanah.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya dalam budidaya kacang tanah adalah iklim. Andai ditanam pada daerah yang memiliki suhu yang hangat, 27-320C, dan kelembaban yang sedang, pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah cukup baik.

Belum relatif dengan kondisi tadi, tanaman kacang tanah pula butuh cahaya surya yg poly atau sepanjang hari (10-12 jam) buat fotosintesis. Lantaran itu, Anda mesti memilih lokasi yang terbuka buat menanam kacang tanah.

Dua. Pilih benih varietas unggul & berbiji dua atau lebih

Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat
Gambar : Pixabay/Mustafa Shehadeh
Jangan asal menanam, tapi tentukan dulu benih kacang tanah. Cari benih yang unggul agar produksi tinggi. Jika ditanam benih kacang tanah tersebut akan berbiji 2 atau lebih dalam satu polong, tahan serangan hama dan penyakit, dan umur panen yang cepat.

Banyak sekali varietas unggul kacang tanah yang dapat Anda pilih untuk benih, misalnya ada varietas domba, varietas talam, varietas garuda, varietas bison, varietas gajah, dan lainnya. Kayaknya nama hewan semua nih, yap begitulah nama varietas kacang tanah.

Selain itu, sebelum membeli benih kacang tanah, Anda lirik dulu ke pasar untuk melihat varietas apa yg relatif tinggi permintaanya supaya hasil panen nantinya menguntungkan.

Tiga. Olah tanah supaya gembur dan siapkan bedengan

Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat
Gambar : Pixabay/ksunliang
Tahap selanjutnya dalam budidaya kacang tanah adalah mengolah tanah. Supaya akar dan ginofor dapat dengan mudah menembus tanah, tanah untuk menanam kacang tanah mesti diolah dengan gembur dengan kedalaman sampai 20 cm.

Ada laba lainnya bila tanah diolah cukup gembur? Bukan saja menghilangkan gulma atau Anda lebih mudah menanamnya, tetapi pula polong & biji kacang tanah dapat berkembang dengan paripurna.

Setelah mengolah tanah, untuk bedengan menggunakan berukuran tiga m x 4 m atau menyesuaikan. Meskipun menanam kacang tanah bisa tanpa bedengan, tetapi menggunakan bedengan bisa menghindari genangan air karena lebih tinggi dan terbentuknya pula drainase.

4. Suburkan huma tanam menggunakan aplikasi pupuk dasar buat kacang tanah

Anda tentu ingin kacang tanah cepat tumbuh dan subur. Nah, jangan lupa memupuknya. Sebelum menanam kacang tanah, Anda taburkan pupuk dasar berupa pupuk kimia yg mengandung unsur hara N, P, & K.

Bukan cuman pupuk kimia, pupuk kandang jua perlu. Dengan memberikan pupuk sangkar sebagai pupuk dasar kacang tanah, tanah lebih remah, kaya bahan organik, unsur hara mikro tersedia, kekurangan sulfur (S) bisa diatasi, & aktivitas mikroba dalam tanah juga semakin baik.

Kalau Anda ingin tau secara lengkap mengenai pupuk buat kacang tanah, mulai penyiapan huma hingga pupuk susulan, Anda bisa membaca artikel "Yuk Intip Pupuk untuk Kacang Tanahdanquot;

lima. Pilih ketika tanam yg sempurna buat menanam kacang tanah

Kacang tanah memang dapat tumbuh kapan saja Anda tanam. Akan namun, jikalau ingin tumbuh dengan baik dan produksinya tinggi, Anda menentukan ketika tanam kacang tanah yang sempurna.

Ini nih waktunya, seandainya Anda menanam kacang tanah pada lahan kering/tegalan, tentu menanamnya akan lebih baik pada awal musim hujan. Sebaliknya, musim kemarau setelah panen padi, cukup tepat kalau dimanfaatkan untuk menanam kacang tanah pada lahan sawah.

6. Tanam kacang tanah dengan pola monokultur atau tumpangsari

Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat
Menanam Kacang Tanah Tumpangsari

(kacang tanah dengan jagung)

Menanam kacang tanah memang relatif mudah. Ia sanggup hayati bersama menggunakan flora lain. Jadi, nir mesti tanam kacang tanah saja, bukan?

Kalau Anda memanfaatkan lahan untuk menanam kacang tanah saja, it’s ok. Ini namanya menanam pola monokultur.

Kalau memang memilih menanam kacang tanah secara monokultur, akan lebih bagus jika Anda gilir saja lahan tanam tersebut. Misalnya, Anda bisa menanam padi, lalu kacang tanah, kemudian kedelai. Dengan begini, lahan tanam tetap produktif sepanjang tahun.

Akan tetapi, kalau bisa menanam multitanaman (tumpangsari) sekaligus, mengapa harus tanam satu jenis saja. Yang begini nih lebih menguntungkan, ibarat pepatah “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Anda sanggup menanam kacang tanah tumpangsari menggunakan jagung misalnya. Atau, tumpangsari jagung, ubi kayu, dan kacang tanah. Tetapi, atur jarak tanam agar memberi ruang cahaya yg cukup & tidak terjadi kompetisi nutrisi satu sama lainnya

BACA JUGA :9 Langkah Budidaya Jagung Manis yg Tepat Agar Hasil Melimpah

Langkah-langkah menanam kacang tanah

Oh, iya..Bagaimana cara menanamnya? Menanam kacang tanah cukup mudah. Tetapi, Anda atur jarak tanamnya, misalnya 40 cm x 10 centimeter atau 35 centimeter x 15 centimeter.

Berikut ini langkah-langkah menanam kacang tanah.

  • Siapkan benih kacang tanah
  • Campurkan benih dengan pupuk hayati yang mengandung bakteri rhizobium
  • Buat lubang tanam dengan alat tugal dengan kedalaman 3 cm
  • Masukkan 1 biji kacang tanah per lubang tanam.
  • Tutup dengan tanah halus di atasnya

7. Rawat kacang tanah supaya tumbuh subur dan produksi tinggi

Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat
Gambar : Pixabay/Bishnu Sarangi
Masih ada tugas Anda walaupun sudah selesai menanam, yaitu perawatan kacang tanah. Merawat kacang tanah menjadi bagian penting agar tumbuh subur dan produksinya tinggi.

Seminggu selesainya menanam, pantau apakah terdapat benih kacang tanah yang tidak tumbuh. Kalau terdapat, segera lakukan penyulaman.

Selain penyulaman, jaga kacang tanah Anda menurut gangguan gulma. Singkir rumput-rumput liar yang tumbuh dalam media tumbuh kacang tanah.

Penyiangan gulma dibarengi menggunakan pembumbunan agar akar, ginofor, polong kacang tanah dapat berkembang dengan optimal.

Kalau dibutuhkan, contohnya tampak daun-daun kacang tanah yg kekuningan atau kurang fertile, berikan pupuk susulan. Sebetulnya, jika pun kacang tanah tidak memberitahuakn tanda-tanda kekurangan nutrisi, menambah sedikit pupuk susulan lebih baik buat mempertahankan ketersediaan unsur hara pada dalam tanah.

8.Jaga kacang tanah menurut serangan organisme pengganggu tanaman (OPT)

Kacang tanah yang sudah tumbuh, niscaya hama & penyakit sangat suka mengganggunya. Hama wereng, ulat, dan penggerek daun merupakan OPT yang menciptakan petani pusing lantaran kerap hadir mengganggu kacang tanah.

Selain hama, terdapat juga penyakit misalnya bercak daun, layu bakteri, & penyakit lain yang seperti-mirip dengannya. Ia nir ?Menelan,? Tetapi ?Menyiksa? Flora kacang tanah pelan-pelan hingga akhirnya petani pulang menggunakan ?Tangan kosong.?

Nah, sebelum OPT tiba, sejak awal Anda harus sudah menentukan varietas yg kuat daya tahan serangan hama. Kemudian, pastikan lahan kacang tanah higienis dan flora relatif nutrisi agar kebal terhadap agresi hama dan penyakit.

Kalau pun muncul OPT, Anda usir dan singkirkan menggunakan cara bijak dulu menggunakan pestisida organik atau cara mekanis. Jika, memang ?Terpaksa,? Baru Anda pakai pestisida kimia.

9. Panen kacang tanah segera bila telah tampak pertanda-tandanya

Kurang Hasilnya? Yuk Cobain 9 Cara Menanam Kacang Tanah Ini Biar Berbuah Lebat
Gambar : Pixabay/Praesentator
Semua kelelahan akan sirna manakala panen kacang tanah tiba. Apalagi produksinya tinggi dan harganya tidak jatuh, merupakan sebuah kepuasan dan kegembiraan bagi petani kacang tanah.

Kacang tanah telah bisa dipanen ketika sudah berumur 90-110 hari (tergantung varietas). Tapi, buat lebih jelasnya, kacang tanah sudah masanya buat dipanen jika telah menujukkan indikasi seperti berikut ini.

  • Daun sudah kuning dan rontok
  • Jika ditekan, 90% kulit polong sudah keras
  • Polong sudah penuh terisi biji
  • Warna bagian dalam kulit polong coklat
  • Kulit biji mengkilap

Seandainya semua cara menanam kacang tanah pada atas tadi, Anda terapkan menggunakan sahih, kacang tanah tumbuh fertile & berkembang dengan baik. Bukan hanya itu, produksi biji kacang tanah lebih tinggi alias berbuah lebat. Selamat menanam kacang tanah dan salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar