Jumat, 22 Mei 2020

Tips Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok|Tanaman Buah

Pupuk untuk Semangka – Apa sebetulnya pupuk yang diaplikasikan untuk tanaman semangka agar tumbuh subur, buahnya besar-besar, dan juga rasanya manis? Apakah mereka yang sudah sukses menanam semangka menggunakan pupuk kandang, phonska, KCL, urea, pupuk organik? Atau, jangan-jangan ada rahasia khusus tentang pupuk untuk semangka.

Pupuk memang menjadi persoalan tersendiri manakala menanam semangka. Jika pupuk yang diaplikasikan tidak tepat, seperti tidak tepat jenis, dosis berlebih atau berkurang, waktu pemupukan yang tidak sesuai dengan umur tanaman, atau cara aplikasi yang keliru, akan menyebabkan produksi buah semangka rendah, buahnya kecil-kecil bak kelereng 😅, dan rasanya tidak manis bin hambar.

Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok

Semangka terganggu bila kekurangan unsur hara

Kita ambil satu contoh saja, yaitu kekurangan unsur kalium (K) dalam waktu pembentukan butir semangka. Jika unsur K tidak tercukupi pada fase tadi, maka sudah kentara kualitas buah nir sanggup diberi ?Cap jempol? Alias kualitasnya rendah. Ukuran butir semangka mini -mini , warna & bentuknya kurang menarik, & rasanya pun nir sedap.

Mengapa seperti itu? Sobat mungkin masih ingat mengenai peran unsur K untuk tanaman . Kalium berperan memperbaiki berukuran dan kualitas butir serta menambah rasa manis buah. Kalium pula berperan dalam pembentukan protein & karbohidrat disamping membuat flora lebih tahan terhadap agresi penyakit.

Sebetulnya, nir hanya unsur K, namun semua unsur hara baik makro juga mikro berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan semangka. Unsur-unsur hara esensial terutama N, P, & K mesti tersedia pada jumlah yang cukup sinkron menggunakan fase pertumbuhannya, baik fase vegetatif maupun fase generatif.

Makanya, petani yg cerdas selalu melengkapi nutrisi tadi seperti menggunakan pupuk KCl buat semangka atau menggunakan pupuk beragam seperti pupuk NPK. Selengkapnya, kita ulas pada bawah ini.

Bukan rahasia lagi, ini pupuk dan pemupukan flora semangka

Rahasia Pupuk dan Pemupukan Semangka agar Tumbuh Subur dan Kualitas Buah Pun Ok
Ilustrasi tentang pertanyaan pupuk semangka

Okay, kalau demikian, apa pupuk untuk semangka? Yuk, kita simak pupuk dan pemupukan semangka secara detail dalam ulasan di bawah ini.

BACA JUGA : Cara Menanam Semangka Supaya Buahnya Besar dan Manis Rasanya

1. Pupuk buat semangka waktu penyiapan huma tanam

Lahan tanam semangka harus dapat dipastikan fertile dimana tersedia unsur-unsur hara dalam jumlah yg relatif pada pada tanah. Makanya, lahan yang dipesiapkan buat menanam semangka mesti disuburkan dengan penambahan pupuk dasar.

Pupuk dasar yg aplikasikan sebelum semangka ditanam, yaitu pupuk organik berupa pupuk sangkar ataupun pupuk kompos dan pupuk kimia. Selain pupuk tadi, bisa pula ditambah menggunakan pelaksanaan pupuk organik cair (POC) buat menaikkan kesuburan tanah. Sebab, dalam POC terdapat unsur hara, hormon pertumbuhan, & juga terdapat mikroorganisme dekomposer bahan organik.

Jadi, pupuk dasar yg diaplikasikan buat semangka adalah menjadi berikut ;

  • Pupuk kandang ; dosisnya +/- 1 Kg per lubang tanam. Aplikasikan dengan cara menempatkan ke dalam lubang tanam. Aduk/campur hingga merata dengan tanah.
  • Pupuk ZA ; Dosisnya 15 gram per lubang tanam.
  • Pupuk SP-36 ; Dosisnya 30 gram per lubang tanam
  • Pupuk KCL ; Dosisnya 15 gram per lubang tanam

Cara aplikasi pupuk dasar ZA, SP-36, dan KCL adalah dengan cara ditabur pada lubang tanam dan dicampur secara merata dengan tanah. Biarkan pupuk yg telah diberikan selama /- 7 hari sebelum menanam semangka.

Selain pupuk dasar semangka yg tersebut pada atas, sebenarnya masih ada lagi pupuknya, yaitu Pupuk organik cair (POC). Namun, pupuk ini opsional saja, bila diaplikasi lebih mengagumkan karena bisa membentuk kesuburan tanah. Aplikasi POC dengan cara menyiram/menyemprot lubang tanam sesuai menggunakan takaran yang tertera dalam bungkus.

BACA JUGA : Mengolah Buah Nanas buat Pupuk Organik Cair (POC) yg Mengandung ZPT

Sedangkan pengapuran tanah dengan dolomit dilakukan bila pH tanah di bawah pH ideal kondisi tumbuh semangka. Kalau tanah normal-normal saja, ya nir perlu penambahan dolomit ke huma tanam semangka.

Dua. Pupuk buat semangka sesudah tanam

Setelah penanaman semangka, tugas merawat semangka belum usai. Sobat masih banyak pekerjaan yg mesti dilakukan terutama pemupukan susulan.

Apa jenis pupuk susulan tanaman semangka dan kapan diaplikasikan? Yuk lanjutkan ke info pemupukan susulan semangka seperti di bawah ini.

A. Pupuk susulan semangka pada fase vegetatif

Pemupukan susulan dalam fase vegetatif sudah dapat dimulai 7 hari sesudah tanam. Jenis & takaran pupuk yang diberikan merupakan menjadi berikut

  • Pupuk ZA ; Dosisnya 2,5  - 4 gram per tanaman
  • Pupuk SP-36 ; Dosisnya 1,25 – 2 gram per tanaman
  • Pupuk KCL : Dosisnya 0,75 – 1,25 gram per tanaman

Jika Sobat gampang menerima pupuk beragam, misalnya NPK 15:15:15, NPK 16:16:16, atau phonska, maka tidak perlu memberikan pupuk tunggal ZA, SP-36, & KCL, cukup aplikasikan saja NPK dengan takaran tiga-lima gr per flora.

Pupuk susulan diberikan 7 hari sekali dengan takaran yang sama hingga umur flora semangka 35 hari sehabis tanam ( 35 HST) atau hingga flora semangka menjelang berbunga (fase generatif).

B. Pupuk susulan semangka dalam fase generatif

Pemupukan susulan semangka pada fase generatif dimulai dalam umur 35 hari setelah tanam. Jenis & dosis pupuk yang diberikan adalah menjadi berikut.

  • Pupuk ZA ; Dosisnya 2,5  - 4 gram per tanaman
  • Pupuk SP-36 ; Dosisnya 1,25 – 2 gram per tanaman
  • Pupuk KCL : Dosisnya 3,75 – 6,25 gram per tanaman

Kalau mau lebih praktis, Sobat bisa ganti pupuk tunggal tersebut (ZA, SP-36, & KCL) menggunakan NPK atau phonska. Namun, pupuk NPK perlu dikombinasikan dengan pupuk KCL.

Berikut ini kombinasi pupuk & dosisnya.

  • NPK ; Dosisnya 3-5 gram per tanaman
  • KCL ; Dosisnya 3-5 gram per tanaman

Pupuk susulan pada fase generatif diberikan 7 hari sekali menggunakan takaran yang sama sampai umur tumbuhan semangka 49 hari setelah tanam ( 49 HST).

Cara pelaksanaan pupuk susulan semangka dalam fase vegetatif dan genaratif sama, yaitu menggunakan cara pengocoran & bisa pula dengan cara ditugal pada samping tanaman .

Pada fase pembungaan & pembuahan, pupuk organik cair buat semangka boleh pula diaplikasikan buat melengkapi ketersediaan & ketercukupan unsur hara baik makro maupun mikro.

Seperti telah disinggung pada atas, POC buat semangka ini bersifat opsional atau pilihan saja. Apabila diaplikasi POC, maka dilakukan dengan cara penyemprotan ke tumbuhan semangka.

Itulah rahasia pupuk dan pemupukan tanaman semangka. Dengan terungkap rahasianya ini, maka pupuklah tanaman semangka Sobat dengan pupuk dasar dan pupuk susulan yang tepat agar tumbuh subur dan kualitas buahnya bagus serta sesuai dengan selera pasar.

BACA JUGA : Dahsyatnya Furadan 3GR buat Multitanaman yang Perlu Anda Tau

Oh, iya Sobat, supaya pertumbuhan & perkembangan tumbuhan semangka baik, maka selain pemupukan, jangan lupa melakukan perawatan lainnya seperti penyiraman, pemangkasan, pemeliharaan buah, & pula pengendalian hama dan penyakit flora semangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar