Jumat, 15 Mei 2020

Tips Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Stek Tanaman Markisa – Kalau hobi menanam di rumah, Anda bisa mencoba menanam tanaman markisa. Bibitnya dari mana? Tenang, Anda bisa perbanyak sendiri melalui stek tanaman markisa.

Apabila Anda belum mengerti perbanyakan bibit markisa secara vegetatif, yaitu stek btg markisa, tidak perlu risau. Sebab, postingan ini membantu Anda menggunakan menyajikan cara stek tumbuhan markisa yg simple & praktis.

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Markisa. Gambar : Pixabay/david diaz

Mengapa mesti bibit markisa hasil stek? Sebetulnya bisa saja menggunakan cara menyemai biji markisa buat memperoleh bibit. Tetapi, bila mau pohon markisa genjah & rasa buahnya persis seperti indukannya, maka bibit output stek adalah pilihan tepat buat menanam markisa.

Selain stek, terdapat teknik sambung pucuk markisa

Ada satu lagi bibit markisa yang cepat berbuah, yaitu bibit markisa hasil perbanyakan vegetatif melalui teknik sambung pucuk. Dalam sambung pucuk (top grafting), batang bawah berasal dari biji dan batang atas digunakan dari pohon markisa yang sudah berbuah dan tentu saja sehat.

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Ilustrasi Perbanyakan Markisa

Secara Vegetatif Melalui Sambung Pucuk

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Bagaimana cara sambung pucuk markisa, akan pupuklahan.blogspot.com ulas secara lengkap pada artikel khusus, silakan berkunjung kembali. Sebagai ilustrasi sambung pucuk pohon markisa dapat Anda perhatikan pada gambar di atas.

Segudang kelebihan bibit markisa hasil stek

Baiklah, kita fokuskan saja dulu ke stek markisa pada artikel ini. Lihatlah segudang kelebihan atau keuntungan andaikan Anda tanam markisa dari bibit hasil stek batang. Ini beliau kelebihannya

  • Anda tidak perlu berlama-lama menanti tanaman markisa berbuah, dalam waktu 2-3 bulan setelah tanam, buah markisa sudah mulai bermunculan
  • Anda bisa menikmati rasa buah yang sama dengan rasa buah dari pohon induk markisa yang Anda stek.
  • Anda dapat memperbanyak bibit sebanyak-banyaknya asalkan pohon induknya tersedia.
  • Jauh dari resiko terserang hama dan penyakit kalau bibit yang Anda stek berasal dari induk markisa yang selektif.
  • Dan kelebihan lainnya

Baik, bagaimana langkah-langkah memperbanyak bibit tanaman markisa dengan cara stek batang? Yuk, kita simak secara lengkap stek tanaman dari genis passiflora dalam ulasan berikut ini.

1. Anda siapkan dulu alat-alat dan bahan buat stek markisa

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Gunting Pangkas. Gambar : Pixabay/Arturs Budkevics
Sebelum melakukan stek tanaman markisa, Anda mesti menyiapkan alat dan bahan termasuk media tanam stek. Ini bertujuan agar proses stek batang tanaman markisa berjalan lancar.

Berikut ini beberapa indera dan bahan yang perlu Anda siapkan

  • Pisau atau gunting pangkas tanaman. Alat ini usahakan steril. Jika kotor, cuci dengan air dan bilas dengan air panas.
  • Zat pengatur tumbuh (ZPT). Anda bisa gunakan Root Up atau Rootone F.
  • Plastik untuk sungkup bibit stek
  • Media tanam stek batang atau media semai stek diracik dari campuran tanah agak liat dan kompos (2:1). Media semai stek ini diisi ke dalam polybag.
BACA JUGA : Media Tanam Stek Batang yang Baik agar Cepat Tumbuh Akar

2. Pilih pohon induk markisa sebelum merogoh batang buat disetek

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Pohon Markisa. Gambar : Pixabay/yarafabrin
Agar mendapatkan bibit yang unggul, maka tugas Anda sebelum melakukan stek adalah mencari atau melihat-lihat dulu mana tanaman induk markisa yang unggul dengan rasa yang enak dan lebih manis.

Batang induk tanaman markisa untuk stek mungkin terdapat pada seputaran domisili Anda. Misalnya, Anda sanggup minta sedikit cabang flora markisa pada sahabat atau tetangga yg sudah menanam pohon markisa. Namun, permanen pastikan tumbuhan markisa tadi unggul dan layak buat dijadikan bibit.

Tiga. Seleksi cabang tumbuhan markisa

Cara Stek Tanaman Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar
Seleksi Cabang Markisa. Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com
Untuk stek tanaman markisa tidak boleh sembarangan mengambil cabang. Makanya, Anda harus seleksi dulu cabang markisa yang memenuhi syarat untuk distek.

Berikut ini kriteria cabang tumbuhan markisa yang dapat dijadikan buat stek

  • Cabang untuk stek berasal dari tanaman induk markisa yang sudah pernah berbuah
  • Cabang tanaman markisa yang telah berumur lebih dari 1 tahun
  • Bukan cabang yang cacat dan terserang hama dan penyakit
  • Ukuran besarnya cabang untuk stek kira-kira memiliki diameter 1 cm.

4. Pangkas cabang flora markisa buat stek

Cabang flora markisa yg sudah diseleksi, selanjutnya dipangkas. Kalau cabang yg dipangkas terlalu panjang, maka usahakan buat dipangkas-pangkas lagi hingga setiap cabang stek memiliki panjang 20-25 cm. Jadi, pada setiap cabang stek, mempunyai dua-3 mata tunas

Satu hal lagi yang krusial Anda perhatikan setelah memotong batang stek, pastikan menempatkan btg stek menggunakan posisi yang gampang diingat mana yg bagian pangkal & mana posisi ujung.

Setelah memangkas cabang markisa, cabang tadi segera diberi perlakuan dengan ZPT. Tetapi, bila Anda tidak sempat atau ingin menyimpan dulu buat sementara ketika, misalnya 4-6 jam, maka cabang-cabang yg sudah dipotong tadi dibungkus menggunakan kertas lembab atau dibalut dengan daun pisang.

Lima. Olesi ZPT pada pangkal stek markisa

ZPT seperti root up atau rootone F disiapkan terlebih dulu menggunakan menambahkan sedikit air sehingga menciptakan misalnya pasta.

BACA JUGA : Cara Pakai Root Up pada Stek Batang agar Tumbuh Akar & Tunas dalam 7 Hari

Olesi pasta ZPT tadi pada bagian pangkal secara merata. Setelah itu, biarkan sebentar ,supaya pasta ZPT mengering, sebelum disemai dalam media semai stek.

6. Semai stek btg tanaman markisa dalam media semai

Bagaimana cara menyemai stek btg flora markisa? Cukup gampang, Anda tinggal memasukkan stek yang sudah diolesi ZPT ke dalam media semai.

Caranya seperti ini ; Buat sedikit lubang menggunakan sepotong kayu atau jari tangan, tepat di tengah media semai polybag, tambahkan pangkal stek markisa menggunakan kedalaman 5 centimeter atau paling kurang 1 mata tunas terbenam di dalam media. Lalu, padatkan supaya batang stek menyatu dengan media semai.

7. Pasang sungkup dan tempatkan polybag semai stek markisa pada loka ternaungi

Agar pertumbuhan tunas stek markisa cepat, maka perlu diberikan sungkup plastik. Penutup menurut plastik ini akan membangun iklim mikro sehingga lebih hangat & kelembaban terjaga di dalamnya.

Penempatan stek batang markisa pula perlu diperhatikan. Tempatkan dalam loka ternaungi sehingga tidak diterpa hujan deras atau terkena sinar matahari langsung.

8. Buka sungkup bila bibit markisa telah tumbuh akar dan tunas

Monitor perlakuan stek tumbuhan markisa secara rutin. Jika bibit markisa telah mengeluarkan tunas dan akar, ini tanda telah saatnya membuka sungkup.

Cara membuka sungkup secara sedikit demi sedikit alias jangan membuka sekaligus. Dari bukaan mini sampai membuka seluruh penutupnya. Ini agar bibit markisa output stek bisa mengikuti keadaan menggunakan lingkungan yg baru.

Itulah cara stek tumbuhan markisa supaya cepat tumbuh tunas & akar. Meskipun telah membuka sungkup, bibit stek tanaman markisa tetap dipelihara sampai benar -benar adaptif & tumbuh sehat sebelum dipindahkan ke lahan tanam.

Video Menanam Markisa di Halaman Rumah

dari Bibit Stek Sudah Mulai Berbuah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar