Jumat, 08 Mei 2020

Tips Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya|Tanaman Buah

Pupuklahan.Blogspot.Com ? Nanas mampu tumbuh menggunakan baik apabila syarat lahan & agroklimat cocok. Bahkan, jika syarat sinkron, nanas yg ditanam pada polybag di tempat tinggal pun sanggup tumbuh dengan subur. Bagaimana cara menanam nanas pada polybag di rumah?

Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya
Tanaman Nanas Dalam Polybag dari Mahkota Buah Nanas

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita telusuri dulu mengapa Anda ingin menanam nanas pada polybag pada perkarangan tempat tinggal . Bukankah harga nanas pada pasar nir mahal-mahal amat?

Nanas di Polybag hadirkan perbedaan makna estetika tempat tinggal Anda

Penulis yakin bahwa menanam nanas dalam polybag pada tempat tinggal bukan berarti Anda tidak mampu membeli nanas. Bukan karena itu, namun Anda ingin memanfaatkan perkarangan rumah yg kosong sekaligus bisa menikmati output & nilai estetikanya. Benarkah?

Tanaman nanas yang tumbuh di polybag dan ditata dengan rapi, akan menciptakan nuansa keindahan tersendiri. Apalagi, jika nanas yang Anda tanam di polybag itu berbuah, sesuatu yang amazing dan menjadi nilai kesenangan tersendiri untuk Anda yang cukup mahal harganya.

Jadi, menanam nanas pada polybag atau pot atau media terbatas lainnya pada rumah, tidaklah rugi. Selain bisa menikmati hasilnya, tetapi nanas yang tumbuh & berkembang pada polybag jua memberikan nilai estetika dan kebahagian bagi pemiliknya.

Begini Cara Menanamnya

Tetapi, yg menjadi dilema merupakan bagaimana cara menanam nanas pada polybag agar tumbuh fertile & mau berbuah? Nah, bagi Anda yg masih galau, mari simak penjelasannya pada bawah ini.

1. Jangan buang mahkota dari buah nanas, untuk bibit lho

Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya
Buah Nanas dan Mahkotanya

Gambar : pixabay.Com/tee2tee

Jika Anda ingin budidaya nanas di polybag, maka jangan buang mahkota dari buah nanas yang Anda beli di pasar. Daripada dibuang, 'kan lebih baik ditanam. Sebab, mahkota nanas tersebut dapat dijadikan bibit untuk ditanam di polybag.

Mahkota buah nanas sebetulnya bisa eksklusif ditanam di media tanam tanpa perlu semai. Caranya, pangkas mahkota butir nanas dan buang beberapa helai daun yang terdapat dalam bagian bawah mahkota. Setelah itu, langsung sanggup ditanam di polybag.

Cara lain, jika Anda ingin menunggu 2-tiga minggu sampai mahkota nanas tumbuh akar boleh pula, akan tetapi mesti dibentuk perlakuan terlebih dulu.

Berikut ini cara menyiapkan mahkota nanas buat dijadikan bibit.

  • Siapkan gelas dan isikan air sumur setengah bagian saja
  • Potong mahkota buah nanas. Bentuk mahkota nanas, ya seperti pohon nanas, tapi kecil. Mahkota ini terdapat di atas buah nanas.
  • Buang beberapa daun yang ada pada bagian pangkal mahkota nanas
  • Celupkan pangkal mahkota nanas ke dalam air
  • Biarkan 2-3 minggu atau sampai tumbus akar.

Dua. Buat media tanam yang fertile dan gembur

Sebelum menanam nanas pada polybag, racik dulu media tanam. Media tanam mesti subur, gembur, & poros.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan buat menciptakan media tanam nanas adalah tanah kebun, pupuk sangkar, sekam padi, dan sedikit pasir. Perbandingan bahan-bahan tadi 1:1:1:seperempat (1:1:1: sedikit pasir). Campurkan seluruh bahan tersebut hingga merata.

Tiga. Sediakan polybag atau pot yang relatif besar

Karena ingin menanam nanas pada polybag, tentu saja perlu disediakan polybag atau pot. Ukuran polybag yg agak akbar supaya dapat menampung media tanam, nutrisi, & loka tumbuh dan berkembangnya akar.

4. Isi media tanam ke pada polybag

Media tanam yang telah dibuat dalam poin ke-dua pada atas, dimasukkan ke dalam polybag hingga 2/tiga tinggi polybag. Biarkan media tanam pada polybag tersebut minimal 1 minggu supaya lebih kompak.

Lima. Tanam mahkota butir nanas ke pada polybag

Kalau Anda telah menyiapkan media tanam & bibit butir nanas pun sudah ada, maka Anda sudah sanggup menanam nanas pada polybag.

Buat lubang tanam di tengah polybag & masukkan bibit nanas. Tutup pulang menggunakan tanah & jangan lupa disiram.

BACA JUGA : Cara Menanam Nanas Agar Sukses dan Bisa Panen pada 12 Bulan

6. Tempatkan bibit nanas yg baru ditanam pada loka yg teduh.

Hindari menempatkan bibit nanas yang baru saja ditanam pada polybag dalam area yg terkena sinar mentari eksklusif karena bisa menyebabkan layu, kemarau, & berpotensi gagal tumbuh.

Jadi, bibit nanas ditempatkan dulu pada loka yang teduh selama beberapa minggu. Apabila akar-akarnya sudah tumbuh & daun-daun terlihat segar, maka nanas di polybag sudah mampu diperkenalkan dengan cahaya.

7. Jaga kelembaban media tumbuh tanaman nanas di polybag

Agar flora nanas dalam polybag tumbuh menggunakan baik, maka Anda mesti menjaga kelembaban media tumbuh.

Anda sanggup menyiram tanaman nanas pada polybag sehari atau dua hari sekali atau menyesuaikan dengan cuaca. Yang penting, media tumbuh tidak kritis air.

Kalau tanaman nanas yang Anda tanam di polybag sudah menjelang berbunga, jangan sampai Anda lupa menyiramnya. Kalau kurang air pada fase ini, duh sayang sekali bisa-bisa gagal berbunga.

8. Berikan pupuk buat tumbuhan nanas dalam polybag supaya fertile & produktif.

Rawat nanas dalam polybag yang Anda tanam di tempat tinggal dengan cara memupuknya. Apabila nutrisi relatif, nanas pada polybag tumbuh subur & tentu saja akan berbuah jika sudah datang masanya (fase generatif).

Anda bisa memupuk nanas pada polybag menggunakan pupuk NPK sebulan sekali. Caranya larutkan sedikit pupuk NPK ke pada air dan siram air pupuk tadi secukupnya.

BACA : NPK Mutiara 16:16:16, apa manfaat & keunggulannya?

Dan sekali-sekali, Anda sanggup selingi dengan menyiram air cucian beras untuk melengkapi nutrisi tumbuhan nanas pada polybag.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras buat Nutrisi Tanaman

Jika terlihat media tumbuh nanas di polybag telah agak keras, Anda mampu menambahkan pupuk organik seperti pupuk sangkar atau kompos. Anda sanggup memupuk menggunakan pupuk organik setiap 6 bulan sekali.

Demikian dari pupuklahan.Blogspot.Com cara menanam nanas pada polybag di rumah. Dengan perawatan yang rajin & rutin, tanaman nanas tumbuh subur dan berbuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar