Selasa, 23 Juni 2020

Tips Teknik Menanam Ubi Kayu Agar Produksi Tinggi dan Sesuai Kebutuhan Pasar|Tanaman Buah

Teknik Menanam Ubi Kayu --- Masih banyak yang menanam ubi kayu menemui berbagai macam kekecewaan terhadap pertumbuhan dan hasil produksinya. Ada yang begitu bersemangat merawat dan memanen ubi kayu, namun ketika panen mengalami kerugian karena tidak sesuai dengan peruntukannya atau varietas permintaan pasar. Barangkali ini terjadi karena terbatasnya pengetahuan budidaya ubi kayu yang baik dan benar.

Oleh lantaran itulah, artikel ini hadir ke hadapan Sobat sekalian buat menaruh pedoman atau cara menanam ubi kayu supaya bisa sukses.

Teknik Menanam Ubi Kayu Agar Produksi Tinggi dan Sesuai Kebutuhan Pasar

Dalam artikel ini, Sobat akan menemui bagaimana menanam & memilih varietas ubi kayu yg tinggi produksinya & sesuai peruntukannya. Bahasannya yg singkat dan sederhana dimulai dari pembibitan, persiapan media tumbuh, penanaman hingga menggunakan panen.

Sekilas mengenal ubi kayu

Akan tetapi, sebelum melangkah membuka tabir tentang menanam ubi kayu, alangkah indahnya bila kita mengenal dulu sekilas dengan ubi kayu dari sisi kandungan gizi, prospek pasar dan peruntukan/kegunaan ubi kayu.

Sebab, terdapat banyak teman-sahabat yang menanam ubi kayu, tetapi mengabaikan hal-hal misalnya itu. Padahal, dengan melihat sisi tersebut, kita akan lebih cerdas melihat potensi pasar dan akan menerima laba dalam budidaya ubi kayu.

Ubi kayu seringkali pula disebut menggunakan singkong atau ketela pohon. Pohonnya tinggi hingga 3 meter atau lebih & batangnya beruas-ruas. Ketika ubi kayu ditanam akan membuat umbi pada dalam tanah yg adalah bagian produksi yg dinanti-nanti sang petani.

Selain umbi, bagian lain yang bisa dimanfaatkan merupakan daun/pucuk yang masih gampang buat sayuran/lalapan. Namun, pengambilan pucuk ubi kayu ini jarang dilakukan bila produksi utama yg diharapkan merupakan umbinya.

Kandungan gizi ubi kayu

Memang, ubi kayu bukan sekadar umbi yang panjang & akbar-besar , tetapi lebih menurut itu lantaran mengandung nilai nutrisi/gizi yg nisbi tinggi.

Karena kandungan gizinya, ubi kayu dimanfaatkan menjadi bahan pangan & aneka macam produk olahan kuliner dan minuman. Selain pangan, dunia medis pun melirik ubi kayu lantaran terdapat manfaat yg dikandungnya buat kesehatan.

Kalau rajin menyimak ulasan tentang ubi kayu, maka di sana akan kita temui zat-zat bergizi yang terdapat dalam daging umbi ubi kayu.  Apa saja kandungan gizi ubi kayu?

Ubi kayu mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin (nisbi lengkap), ada zat besi, kalium, sodium, & lain-lain.

Di antara sekian poly jenis gizi yang dikandungnya, karbohidrat menduduki posisi tertinggi dengan kandungannya kurang lebih 38 gram pada setiap 100 gr umbi. Kemudian urutan nilai di bawah karbohidrat disusul menggunakan gula, protein, dan lainnya.

Untuk apa ubi kayu?

Apakah ubi kayu hanya untuk sumber pangan saja seperti dibakar atau direbus atau hanya untuk keripik? 😅 Untuk apa peruntukan atau kegunaan ubi kayu sebenarnya sehingga pemerintah dan petani begitu bersemangat mengembangkan/menanam ubi kayu?

Berikut ini pemanfaatan atau peruntukan hasil produksi ubi kayu.

  • Untuk memenuhi sumber karbohidrat selain beras (pangan)
  • Untuk bahan baku industri pengolahan pakan ternak
  • Untuk bahan baku pembuatan bioetanol
  • Untuk bahan olahan berbagai macam produk makanan seperti keripik, kue lapis legit dan lainnya
  • Untuk bahan baku industri minuman
  • Untuk bahan baku pembuatan 4l-k0hol
  • Untuk bahan baku industri plastik
  • Untuk bahan baku pembuatan lem
  • Untuk bahan pembuatan tepung tapioka
  • Untuk bahan baku gula cair
  • Dan masih banyak peruntukan lainnya

Permintaan pasar/industri

Nah, melihat begitu poly manfaat ubi kayu, baik sebagai pangan maupun bahan baku industri, maka potensi permintaan pasar sudah tidak perlu diragukan lagi.

Artinya, budidaya ubi kayu adalah peluang akbar buat menaikkan pendapatan & kesejahteraan. Tetapi, supaya hasil produksi kita cantik & sesuai dengan selera pasar, maka membekali diri dengan pengetahuan menanam ubi kayu adalah sebagai keharusan.

Syarat tumbuh ubi kayu

Baik, kita eksklusif saja menuju ke ?TKP? Yang diawali dengan kondisi tumbuh ubi kayu. Orang bilang ubi kayu relatif mudah hidup walaupun pada huma marginal atau kurang subur, benarkah?

Kalau mendengar lirik lagu “Kolam Susu” yang dinyanyikan oleh Koes Plus, “..Orang bilang tanah kita tanah surga, Tongkat kayu dan batu jadi tanaman..” membuat kita yakin untuk menanam apa saja termasuk ubi kayu.

Tetapi, terlepas menurut itu, yg jelas syarat tumbuh ubi kayu adalah menjadi berikut :

  • Mendapat sinar matahari penuh
  • Hidup pada ketinggian 0,5 – 800 m dpl
  • Curah hujan 760 – 2.500 mm/tahun
  • Tanah gembur sampai agak gembur (padat)
  • Adaptif dari tanah subur hingga kurang subur (marginal)
  • Adaptif terhadap tanah masam

Wow, melihat kondisi tumbuh ubi kayu, pantas saja dibilang mudah tumbuh. Tanah kurang subur dan sedikit asam pun ubi kayu masih bisa tumbuh.

Tapi, jikalau mau hasilnya optimal, huma penanaman ubi kayu perlu jua sedikit dikelola menggunakan baik. Kalau diserahkan sepenuhnya kepada alam, hasilnya ya sinkron dengan produktif tidaknya lahan itu.

Varietas dan Pembibitan

Masalah pembibitan ubi kayu mesti mendapat perhatian yang baik. Sebab, berdasarkan sinilah awal kesuksesan budidaya ubi kayu. Apalagi pada pemilihan varietas, bila keliru akan sangat fatal lantaran menyangkut dengan rasanya & kebutuhan pasar.

Kita tau bahwa ubi kayu ada yang lezat cita rasanya & ada yang pahit. Rasa pahit ini karena terdapat kandungan asam si4nid4 (HCN). Nah, bila menanam ubi kayu, tentukan dulu buat apa penggunaannya, apakah buat pangan atau untuk industri seperti pembuatan tepung tapioka. Setelah kentara peruntukannya, pilihlah varietas yg cocok.

Kalau demikian, yuk kita lihat dulu beberapa varietas ubi kayu dan hubungannya dengan rasa.

Adira 1 – Varietas ini rasanyaenak, cocok untuk keripik atau kue lainnya. Potensi hasil dari varietas ini sekitar 25 ton/hektar. Panen sudah dapat dilakukan pada umur 7 bulan

Malang 1 – Ini varietas yang masih tergolong enak dengan potensi hasil tinggi, yaitu sekitar 36 ton/hektar, namun umur panen sedikit lama 9-10 bulan.

Adira 4 – Hasil panen memang tinggi sampai 40 ton/hektar, tetapi rasanyaagak pahit.

Malang 6 – Jenis ubi kayu ini memiliki rasa yangpahit. Umbinya diperuntukkan untuk bahan pembuatan tepung. Produksinya mencapai 40 ton/hektar

Litbang UK-2 – Varietas singkong yang tinggi produksinya, mencapai 42 ton/hektar. Tapi, umbinya terasa agak pahit. Karena rasa pahit, peruntukannya cocok untuk industri tepung dan etanol

CMM 02048-6 (calon varietas) – Salah satu varietas yang terasa enak dan sangat cocok untuk pangan. Sayangnya, produksi rendah hanya berkisar pada angka 32 ton/hektar.

Itulah beberapa varietas ubi kayu yg telah siap untuk ditanam. Sekarang terpulang pada Sobat mau menentukan yang mana & sesuaikan menggunakan varietas permintaan pasar.

Bibit ubi kayu

Sekarang pulang ke pembibitan. Bibit ubi kayu dari menurut stek btg. Namun, jangan berasal stek, pilihlah induk yg memenuhi kriteria seperti ini dia :

  • Indukannya sehat
  • Memiliki mata tunas yang sehat juga
  • Batang induknya lurus
  • Produksi umbi tinggi
  • Terlihat kekar batangnya
  • Ukuran batang memiliki diameter minimal 2 cm
  • Usianya sudah mencapai minimal 7 bulan

Bagaimana cara stek ubi kayu untuk bibit? Begini langkah-langkahnya.

  • Pastikan induk ubi kayu sudah berumur 7 – 12 bulan
  • Potong batang ubi kayu kira-kira 20 cm dari pangkalnya dan buang bagian pucuknya
  • Batang ubi kayu dipotong-potong dengan menggunakan pisau yang tajam/gergaji sepanjang 20-25 cm dengan bentuk ujung bawahnya runcing

Persiapan huma menanam ubi kayu

Ketela pohon/ubi kayu bisa ditanam secara tunggal (monokultur) atau tumpang sari dengan tumbuhan lain misalnya kedelai, kacang tanah, & lainnya. Secara umum jarak tanam dibuat 80 x 70 m ( /- 18.000 btg per hektar).

Tanah buat menanam ubi kayu perlu diolah agar lebih gembur sehingga pertumbuhan umbinya aporisma. Kedalaman olah tanah kurang lebih 25 cm & dibuat parit-parit yang berfungsi menjadi drainase & memudahkan pada perawatan.

Berikan sedikit pupuk sangkar pada setiap lubang tanam supaya kesuburan tanah sebagai lebih baik.

Penanaman ubi kayu

Menanam ubi kayu sangat mudah karena tinggal menancapkan bibit stek ke dalam tanah menggunakan posisi tegak. Kedalaman bagian stek yg tertimbun tanah kira-kira 10 centimeter.

Tapi ingat, lantaran ubi kayu membutuhkan juga air terutama dalam masa pertumbuhannya, maka sebaiknya penanaman dilakukan pada awal demam isu hujan.

Pemupukan ubi kayu

Ubi kayu termasuk tanaman yang banyak memerlukan nutrisi buat bisa tumbuh & membentuk umbi. Oleh karena itu, ubi kayu perlu diberi pupuk setelah tanam.

Pupuk apa & berapa kebutuhan pupuk buat budidaya ubi kayu per hektar? Pupuk yang diberikan merupakan pupuk tunggal, yaitu 250 Kg urea, 100 Kg SP-36, & 75 Kg KCL.

Namun, jumlah pupuk ini diberikan dalam 2 tahapan, yaitu 7 hari selesainya tanam dan 2 bulan sesudah tanam.

Pada umur 7 hari diberikan pupuk masing-masing sebesar 150 Kg urea, 100 Kg SP-36, dan 25 Kg KCL. Kemudian pada umur dua bulan dipupuk lagi dengan 150 Kg urea dan 50 Kg KCL.

Pupuk diberikan secara melingkar pada sekeliling tumbuhan ubi kayu. Caranya, buat lubang pada sekeliling tanaman , tambahkan pupuk, lalu tutup kembali. Atau sanggup pula dengan cara ditugal kiri & kanan tanaman .

Pewiwilan dan pembumbunan ubi kayu

Pada usia ubi kayu 1 bulan sudah banyak tumbuh tunas. Nah, tahap ini harus dibuang sebagian tunas (pewiwilan). Sisakan hanya 2 tunas saja dan biarkan sampai menjadi batangnya.Syarat tunas yang disisakan adalah yang sehat dan posisinya saling berhadapan.

Baca pula :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Mudah Stek Cabai Untuk Pembibitan
  • Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar

Selanjutnya dalam usia tanaman ubi kayu memasuki dua bulan telah dapat dilakukan pembumbunan. Kegiatan ini buat menggemburkan tanah & sekaligus menutupi akar yang menyembul keluar. Caranya menggunakan menaikkan tanah sekeling tanaman mendekati pangkal tumbuhan.

Panen ubi kayu

Usia panen singkong atau ubi kayu tidak selaras antara satu varietas menggunakan varietas lainnya. Secara generik, panen sudah dimulai pada umur 7-8 bulan setelah tanam.

Cara penen ubi kayu dengan cara mencabut batangnya dengan menggunakan ke 2 tangan. Lakukan panen saat tanah agak lembab agar gampang mencabutnya. Setelah panen, segera dipasarkan/diolah karena umbi tidak tahan usang.

Tip

Panen ubi kayu dilakukan saat harga di pasar indah. Jika harganya rendah, tunda dulu panen 2-3 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar