Senin, 01 Juni 2020

Tips Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air|Tanaman Buah

Menanam Melati Air untuk Aquascape – Melati air merupakan tanaman berbunga sangat indah dan menawan. Hidupnya pun unik, ditanam di tanah, berbunga di air.

Maksudnya, menanam melati bisa tumbuh dalam tanah biasa tanpa air yang berlebih. Apalagi ditanam dalam air tergenang, melati siap berbunga meskipun akar dan batangnya terendam air (water 4ddict). Karena adaptif menggunakan air, maka melati air sangat pantas buat ditanam dalam aquascape. Bagaimana menanamnya?

Sekilas mengenal melati air

SabarSob, mungkin ada teman-teman yang belum familiar dengan melati air. Oleh karena itu, mari sekilas mengenal tanaman bunga melati air sebelum menanamnya.

Melati air jua salah satu tanaman hias, tepatnya tanaman hias aquascape. Tanaman yang suka tumbuh pada genangan air ini sangat indah baik daunya juga bunganya.

Kalau dipandang menurut daun, maka daun melati air berwarna hijau menggunakan bentuk oval & semakin semakin ke atas semakin melebar. Bahkan, di bagian atas bawah daun terdapat bulu-bulu halus.

Melati air tidak lelah berbunga sepanjang musim. Bunganya yang berwarna putih dengan tiga kelopak & ada ketua sari berwarna kuning yang melingkar di tengahnya.

Tetapi, bunga melati tidak bertahan lama . Setelah mekar pada pagi hari, estetika bunga melati air telah lenyap dalam sore hari lantaran hilang ditelan waktu, yaitu menguncup.

Ketika bunga-bunga habis mengembang dan menguncup, usang-kelamaan akan mulai tumbuh anakannya pada sepanjang sulur bunganya. Ini jua adalah bagian keunikan yang dimilikinya.

Luar biasa! Bukan hanya latif & menyegarkan udara, akan tetapi melati air pula penuh dengan keunikan dalam hidupnya.

MENANAM MELATI AIR

Nah, itulah melati air. Jadi jikalau tertarik ingin menanam melati air pada aquascape, maka terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu bibit, media tanam, pot, & perwatannya.

Bibit melati air

Untuk kebutuhan bibit melati air tidak terlalu sulit lantaran bibitnya diperoleh secara vegetatif, yaitu anakannya. Apalagi sudah ada indukan melati air pada rumah, bibitnya tidak perlu membelinya.

Bibit melati air diperoleh menggunakan cara memisahkan anakan berdasarkan rumpunnya atau memisahkan anakan yang tumbuh dalam sulur bunga. Jadi, kedua-duanya sanggup dilakukan. Tetapi, usahakan, diambil anakan berdasarkan sulur bunga agar indukannya tetap tumbuh dan berkembang sebagai akibatnya bunga yg tumbuh pun menjadi poly.

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Bakal bibit melati air pada sulur. Dokpri

Membuat media tanam melati air buat aquascape

Seperti menanam tanaman hias lainnya, melati air juga butuh media buat tumbuh dan berkembang. Media tanam melati air terdiri dari tanah dan kompos dengan perbandingan dua:1. Media tanam dibentuk sebanyak ? Volume wadah tanam (pot).

BACA JUGA : Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

Menyiapkan pot untuk menanam melati air

Ada aneka macam bahan untuk wadah tanam atau pot untuk menanam melati air berdasarkan yg mahal sampai yang murah, menurut baru sampai bekas, dan berdasarkan beton hingga plastik. Semua itu dapat dipilih sinkron menggunakan kemampuan finansial & tampilan estetikanya.

Pastikan pot nir bocor lantaran pot ini nantinya akan diisi menggunakan air buat menggenangi melati air. Apabila pot memiliki lubang drainase, lakukan penambalan/penyumbatan sebagai akibatnya tidak ada air yg keluar menurut dasar atau sisi dinding pot.

Mengisi pot dengan media tanam melati air

Media tanam yang sudah dibentuk tersebut, dimasukkan ke pada pot sampai ? Bagian pot. Kenapa ? Pot? Sebab, setengahnya lagi akan diisi menggunakan air.

Cara Menanam melati air

apabila pot dan media tanam sudah siap, maka saatnya menanam melati air. Caranya, buat lubang tanam sempurna pada tengah media dengan kedalaman lima-7 centimeter, lalu tanam bibit melati ke dalam media tanam dan tutup dengan tanah. Padatkan tanah di lebih kurang pangkal melati air supaya nir roboh waktu dituangkan air ke dalamnya.

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Tanaman melati air pada pot. Gambar : Dokpri

Menghias media tumbuh melati air

Agar media tumbuh tampak indah & nantinya akan tampak mendekati aquascape, hiasi menggunakan pasir, kerikil, batu-batu putih yg sedang, & sanggup juga menggunakan terumbu karang. Taruh dengan teratur & rapi bahan-bahan tersebut di atas media tanam dan mengelilingi melati air.

Mengisi air ke pada pot melati air

Isikan air ke dalam pot hingga menggenangi tanaman melati air setengahnya. Air bisa ditambah lagi secara sedikit demi sedikit sesuai dengan pertumbuhan tinggi melati air. Air boleh diisi hingga mendekati penuh bila melati air sudah akbar dan melewati batas bibir pot.

Masukkan ikan hias kecil-mini ke pada air

Yang namanya aquascape tentu saja berbentuk ekosistem pada dalamnya, Di sana ada tanaman , kerikil atau batu-batuan, ada ikan dan lainnya. Oleh karenanya, kalau perlu lepaskan ikan-ikan hias mini ke dalam media tumbuh melati air misalnya ikan molly, cupang, platy, & lain sebagainya.

Selain buat memperindah tampilan media melati air, ikan-ikan mini ini juga akan berperan buat menyuburkan tumbuhan melati air dan menyehatkan lingkungan. Sebab, ikan-ikan akan sebagai predator jentik-jentik nyamuk yg berkembangbiak pada air yg menggenangi melati air.

Merawat melati air

Sebetulnya, melati air bukanlah flora yg manja. Tanpa dirawat pun, dia akan tumbuh baik-baik saja. Asalkan media tumbuh permanen terdapat air dan organisme yg hayati pada dalamnya.

Tetapi, apabila mau merawatnya, melati air akan lebih indah lagi pertumbuhannya dan menaruh keindahan yg menakjubkan. Rawatlah melati air dengan menempatkan media tumbuh dalam tempat yang terkena sinar surya.

Selain itu, kontrol air agar jangan hingga kering. Sebab, kalau kering, ikan-ikan dan teman melati air lainnya akan hilang dan meninggal walaupun melati air permanen hayati tanpa air tergenang.

Berikanpupuk NPK bunga atau pupuk daun seperti pupukgandasil D (untuk pertumbuhan daun) danGandasil B (untuk pembungaan) dengan cara menyemprot ke daun terutama bagian bawah permukaan daun. Atau bisa juga disemprot dengan pupuk organik cair 1-2 minggu sekali.

Baca jua ini :

  • Terungkap! Rupanya Ini Pupuk Tanaman Hias agar Rajin Berbunga
  • Cara Membuat MOL Bonggol Pisang Untuk Pupuk Organik Cair
  • Mengapa Sabut Kelapa Cocok Untuk Media Tanam Aglaonema?

Agar tangkai bunga melati air yg tumbuh tinggi nir gampang patah atau menjulur kemana-mana, sebaiknya dipasang ajir/penopang. Ajirnya bisa bambu atau dawai yang ditancapkan dekat pangkal tanaman .

Demikian secuil mengenai menanam melati air untuk aquascape. Tanaman hias unik ini mampu tumbuh tanpa air & juga berbunga pada genangan air. Dengan perawatan yg teratur, melati air akan berbunga sepanjang isu terkini dan siap memberikan keindahan eksotis nan memikat hati. Sekian & Salam sukses untuk Sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar