Senin, 29 Juni 2020

Tips Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya|Tanaman Buah

Cara Menanam Tomat di Polybag -- Tak ada lahan luas, lahan sempit pun bisa bercocok tanam tomat seperti menanam tomat di polybag atau pot. Budidaya tomat di polybag atau pot adalah cara cerdas memanfaatkan perkarangan sempit atau lahan terbatas.

Walaupun menanam tomat dalam polybag, bisa saja memberikan hasil yang melimpah jika teknik budidayanya dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, sebelum mulai menanam tomat, sebaiknya kita memahami dan membaca petujuk praktis tentang bagaimanacara menanam tomat di polybag atau pot.

Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya

Ada yang telah menanam tomat pada polybag walaupub tidak mengerti cara menanam tomat. Makanya tomat nir produktif. Banyak bunga yg rontok, buahnya pun mini -kecil & tanaman tumbuh kerdil.

Tidak sedikit yang kecewa & menyalahkan syarat tumbuh tomat mungkin tidak sesuai misalnya harus wilayah dingin atau sejuk. Ada juga yang bingung apa pupuk tomat di polybag yg cocok & alasan-alasan lainnya. Padahal, semuanya lantaran belum menerapkan cara menanam tomat yang sahih.

Menanam tomat di polybag sesuaikan dengan syarat tumbuh

Kalau melihat kondisi tumbuh komoditas tomat sebenarnya tomat bisa hidup hampir pada semua tempat, baik pada dataran tinggi maupun di dataran rendah. Jadi, kalau menanam tomat dalam polybag atau pot tidak aporisma buahnya, bukan karena ketinggian loka. Ada kondisi-kondisi lain mungkin belum terpenuhi. Yuk kita lanjut, apa syarat lainnya.

Asalkan tanah gembur, drainaseokay, cukup unsur haranya, dan kelembaban tanah tetap terjaga, tanaman tomat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, tanaman tomat menghendaki ada penyinaran yang cukup agar dapat menghasilkan karbohidrat sehingga bunga dan buahnya banyak.

Sudahkah Andamenanam tomat di polybag sesuai dengan kondisi tumbuhnya" Apakah tanaman tomat mendapat cahaya matahari yang cukup minimal 6 jam, terutama matahari pagi? Atau sudah cukupkah unsur hara dengan memberi pupuk tanaman tomat yang sesuai jenis, dosis dan waktunya?

Baiklah, yuk kita mulai menggunakan lembaran baru buat menumbuhkan atau menanam tomat di polybag atau pot. Sebab, menggunakan mengetahui tip/cara menanam tomat di polybag, maka tumbuhan akan tumbuh fertile mulai masa vegetatif hingga memasuki fase generatif (masa berbuah).

Tahapan budidaya tomat pada polybag

Ada beberapa tahapan yg perlu mendapat perhatian ketika memulai budidaya tomat pada polybag. Tahapan menanam tomat yg dimaksud merupakan mulai pembibitan, pengolahan tanah/media tanam, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama & penyakit & sampai dengan tahapan panen. Secara generik, kita melihat tahapan-tahapan ini hampir sama menggunakan cara menanam tomat di huma yang luas.

Tetapi, yg namanya menanam tomat pada wadah terbatas, perlakuannya tetap terdapat yg berbeda. Menanam tomat di polybag tidak perlu bedengan, tetapi perlu meracik media tanam buat dimasukkan dalam polybag .

Demikian jua menggunakan jarak tanam tomat, tomat pada polybag mampu kita atur sesuai dengan keterbatasan loka yang ada. Jadi, terdapat perbedaan-perbedaan eksklusif antara budidaya tomat di kebun/sawah menggunakan teknik tanam tomat pada pot atau polybag.

Menanam Tomat pada Polybag perlu menyiapkan benih & penyemaiannya

Benih tomat yang akan dijadikan bibit buat menanam tomat pada polybag tentu harus didapat berdasarkan induk yg sehat & bebas penyakit. Benih jua bisa diperoleh menggunakan cara membeli pada toko pertanian.

Siapkan benih tomat

Serius mau menanam tomat? Belilah benih tomat varietas unggul. Tapi, harap diperhatikan bungkus benih misalnya lepas kadaluarsa, biar produksi, dan daya tumbuh. Intinya, belilah benih pada kemasan yg sah & terjamin mutunya.

Kebutuhan benih tomat buat ditanam pada polybag diubahsuaikan menggunakan jumlah polybag atau pot. Tiap-tiap polybag akan ditanam nantinya dengan satu bibit tomat.

Jadi, kalau daya tumbuh benih tomat 90%, maka kebutuhan benih wajib ditambah 10% lagi menurut jumlah polybag yang sudah disiapkan. Kalau kebutuhan benih tomat buat tanam di lahan umumnya 100 ? 150 gram per hektar.

Perlakuan benih tomat sebelum semai

Bagaimana cara semai benih tomat biar cepat tumbuh? Sebelum disemai, benih tomat direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama 30 menit sampai 1 jam. Kemudian pisahkan benih yang mengambang dan yang tenggelam. Ambil benih tomat yang tenggelam saja. Lalu semai di tempat persemaian.Ups,,,tunggu dulu. Kita buat media persemaian dulu seperti di bawah ini.

Menyiapkan media/wadah semai benih tomat

Sebaiknya, benih tomat yang akan ditanam dalam polybag disemai terlebih dahulu. Tempat persemaian benih tomat banyak pilihannya seperti bedengan, kotak kayu, polybag besar, polybag kecil, gelas air mineral bekas, planter bag, dan lainnya. Kita pilih contoh wadah semai benih dalampostingan cara menanam tomat di polybag dua saja, yaitu kotak kayu dan gelas air mineral bekas.

Pilihanpertama menyemai benih dalamkotak kayu ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm. Campurkan tanah dan pupuk kandang 1:1 dan aduk secara merata. Masukkan campuran media semai tersebut ke dalam kotak kayu sampai ketinggian 3/4 saja. Siram sampai lembab media semai tersebut. Selanjutnya, sebar benih secara jarang 3-5 cm jarak tiap benih. Tutup dengan tanah tipis saja di atasnya. Dan tutup lagi dengan daun pisang atau daun kelapa atau kertas koran. Dalam waktu 3-4 hari benih tomat sudah mulai berkecambah.

Pilihankedua menyemai benih dalamgelas air mineral bekas. Masukkan media semai campuran tanah dan pupuk kandang sampai ¾ gelas dan siram. Masukkan satu benih tomat tiap gelas tepat di tengahnya dengan kedalaman 3 mm. Tutup dengan tanah secara tipis saja.

Setelah tumbuh bibit tomat tumbuh daun 4-lima helai atau dalam saat 30 hari sehabis semai, bibit tomat sudah bisa ditanam dalam polybag atau pot besar .

Ukuran polybag/pot untuk menanam tomat

Pilihlah polybag atau pot yang ukurannya agak akbar buat bercocok tanam tomat. Ini supaya bisa menampung media tanam, nutrisi yg optimal, dan berkembangnya akar tomat di pada polybag. Ukuran polybag supaya menghasilkan tomat yg berlimpah digunakan polybag minimal yg berdiameter 30-35 centimeter. Di samping itu, pastikan polybag buat menanam tomat atau wadah lainnya yg digunakan berkualitas sehingga nir mudah sobek/pecah.

Petunjuk Praktis Cara Menanam Tomat di Polybag Agar Banyak Buahnya

Media tanam tomat pada polybag

Menanam tomat di polybag harus dipersiapkan media tanam yang berkualitas. Media tanam tomat pada polybag harus tersedia unsur hara, gembur, poros, dan drainase yang lancar.

Oleh karena itu, ramulah media tanam tomat terdiri berdasarkan tanah gembur, pupuk kompos, dan arang sekam dengan perbandingan dua:1;1 & masukkan NPK 16:16:16 yang telah dihaluskan sebanyak dua gram per polybag/pot. Aduk sampai merata. Terakhir, tambahkan media tanam tadi ke dalam polybag atau pot setengahnya saja.

Setengahnya lagi akan ditambahkan secara sedikit demi sedikit nantinya mengikuti pertumbuhan tanaman tomat pada polybag (lihat di pemupukan di bawah). Oh, iya, biarkan media tanam yg telah diisi dalam polybag atau pot selama seminggu sebelum tanam supaya media tanam lebih kompak.

Menanam tomat di polybag

Cara menanam tomat pada polybag atau cara memindahkan bibit tomat ke media tanam dalam polybag sangat mudah. Jika bibit dari media semai kotak kayu, cungkil bibit. Usahakan bibit yg dicungkil ada tanah yg inheren bersama akarnya. Apabila bibit berdasarkan media semai gelas air mineral bekas, keluarkan bibit bersama media semainya, hati-hati jangan rusak media semai dengan perakaran.

Selanjutnya, buat lubang tanam sempurna pada tengah media tanam di polybag. Masukkan bibit tomat secara perlahan-huma ke dalam lubang & tutup menggunakan tanah. Padatkan media tumbuh pada sekelilingnya agar bibit tomat nir goyah. Kemudian bibit tomat yang telah ditanam di polybag jangan lupa disiram secukupnya. Tempatkan polybag atau pot pada area yang terkena sinar mentari .

Pemeliharaan tomat pada polybag

Agar flora tomat di polybag tumbuh fertile & memberikan hasil yg melimpah atau berbuah banyak, pemeliharaan tanaman tomat pada polybag mesti dilakukan. Siram tanaman tomat secara teratur. Sambil menyiram, perhatikan mana bibit yang nir tumbuh. Tanaman tomat yang tidak tumbuh sehabis 7 hari tanam, segera disulam menggunakan bibit lain. Makanya, sebaiknya bibit buat penyulaman wajib tersedia atau ada stok bibit.

Walaupun menanam tomat di media polybag, lakukan penyiangan jika tumbuh gulma agar tidak terjadi perebutan nutrisi tanaman tomat dengan rumput-rumput pada sekitarnya. Ini salah satu perhatian yg harus dilakukan agar tomat tumbuh sehat, daun-daun hijau, dan buahnya banyak serta akbar-besar .

Tunas-tunas air atau tunas liar & nir produktif agar dilakukan perempelan tunas. Kegiatan perompesan tunas tomat sudah harus dilakukan semenjak flora tomat telah mulai tumbuh tunas di ketiak daunnya. Lakukan perempelan tunas sampai beberapa kali. Tinggalkan 2-tiga cabang primer saja.

Selanjutnya adalah pemasangan ajir. Meskipun menanam tomat di polybag, pemasangan ajir tetap diperlukan. Sebab, tanaman tomat tumbuhnya tinggi sampai 1 meter lebih dan buahnya yang berat.  Dengan adanya ajir, maka akan dapat menyangga atau menopang tanaman tomat. Ajir bisa menggunakan bambu dengan ketinggiannya 1,5 meter atau lebih sesuai dengan ketinggian tanaman tomat. Ikat tanaman tomat dan ajir secara longgar agar batang tomat dapat tumbuh tanpa terganggu.

Satu hal lagi yg sangat memilih produktivitas flora tomat pada polybag adalah pemupukan. Pemupukan wajib diberikan dalam ketika, jenis dan dosis yang tepat. Kita bahas pupuk secara spesifik pada bawah ini.

Pemupukan tomat di polybag

Tips pemupukan tomat yg ditanam dalam polybag berbeda dengan yg ditanam di huma. Pupuk yg diaplikasikan buat tomat dalam polybag sanggup pupuk organik saja dan boleh jua kombinasi. Penulis menggunakan cara pemupukan tomat menggunakan kombinasi pupuk kompos tanah gembur NPK.

Pada umur tomat dalam pot atau pada polybag 15 hari selesainya tanam, berikan pupuk NPK 16:16:16 sebesar dua,5 gr per tanaman tomat. Tempatkan pupuk NPK di sekeliling pangkal tumbuhan dengan jarak 10 cm dari btg. Kemudian tutup menggunakan campuran pupuk kompos dan tanah gembur (top soil) menggunakan perbandingan dua:1.

Lantaran penambahan media tumbuh tomat pada polybag secara sedikit demi sedikit, maka dalam tahap pertama ini adonan tanah & kompos ditambah hingga ketinggian tiga/4 tinggi polybag.

Pemupukan tomat pada polybag selanjutnya dilakukan dalam umur tomat 30 hari sesudah tanam (HST). Dosis pupuk NPK diberikan sebanyak lima gr per polybag/pot. Caranya sama menggunakan cara pemupukan pada tahap pertama yang diikuti menggunakan penambahan campuran tanah dan kompos.

Walaupun demikian, altenatif lain pemupukan tomat di polybag mampu pula menggunakan pengocoran. Dosis dan waktunya permanen sama dan diikuti dengan pembumbunan dengan adonan tanah dan kompos.

Pada umur flora tomat pada polybag sudah memasuki fase generatif atau pada usia 45 hari, berikan pupuk organik cair (POC) yang mengandung unsur hara N, P, K dan unsur mikro dan mikroorganisme. Siram sinkron dengan dosis anjuran.

Pengendalian hama & penyakit tomat di polybag

Secara umum, hampir nir ada serangan hama dan penyakit dalam tanaman tomat yang dibudidaya pada polybag di perkarangan tempat tinggal . Apalagi, kebersihan media tumbuh dan lingkungan yang higienis dari semak-semak, maka tumbuhan tomat di polybag kondusif berdasarkan serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti serangga & penyakit lainnya.

Baca pula ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa dan Cara Applikasi
  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya

Biarpun demikian, bila terdapat hama dan penyakit yg mengganggu flora tomat pada polybag, lakukan tindakan cerdas, yaitu kendalikan dengan cara mekanis & memakai pestisida organik supaya butir tomat kondusif dikonsumsi dan nir mencemarkan lingkungan.

Panen tomat pada polybag

Tanaman tomat yang dikembangkan pada polybag atau pot telah bisa dipanen mulai usia 2 bulan atau lebih sedikit. Waktu ini sangat ditentukan dalam sempurna tidaknya mengikuti prosedur atau petunjuk mudah menanam tomat pada polybag.

Tanda-pertanda buah tomat sudah bisa dipanen apabila telah terlihat perubahan rona menurut hijau menjadi kuning kemerahan atau kurang lebih 30% sudah matang. Cara panen tomat sangat mudah, yaitu dengan memetiknya. Demikian cara menanam tomat di polybag atau pot.Agar tumbuh subur dan poly buahnya.

Begitulah cara menanam tomat, khususnya, menanam tomat di polybag. Dengan cara semai biji tomat yg benar & diikuti menggunakan perawatan yang baik, maka flora tomat Insya Allah akan berbuah banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar