Minggu, 14 Juni 2020

Tips Cara Tingkatkan Hara Kompos Dengan Cangkang Telur|Tanaman Buah

Cara Tingkatkan Hara Kompos Dengan Cangkang Telur -- Banyak yang abaikan keberadaan cangkang telur. Bahkan, cangkang telur dibuang dan menjadi limbah yang tak berguna. Padahal, jika diteropong dengan kacamata petani, cangkang telur punya manfaat untuk tanaman. Anda mau tau manfaatnya? Baik, pupuklahan.blogspot.com akan menjelaskannya untuk Anda dengan lengkap.

Cara Tingkatkan Hara Kompos Dengan Cangkang Telur
Cangkang Telur buat Meningkatkan Kualitas Kompos

Cangkang telur menyuburkan tanah & tanaman

Mengapa cangkang telur berguna buat tanaman ? Cangkang telur mengandung mineral atau unsur hara yang dapat menurunkan keasaman (pH) tanah dan mempertinggi kesuburan tanaman .

Namun, cangkang telur tadi bukan secara eksklusif dapat diberikan buat tanaman . Cangkang telur mesti diolah dan kemudian dicampurkan menggunakan kompos. Nah, kompos inilah yg diberikan untuk tumbuhan lantaran kualitasnya telah tinggi.

Sumber cangkang telur

Cara Tingkatkan Hara Kompos Dengan Cangkang Telur
Limbah Cangkang Telur

Well..Pertama saya ingin mengatakan bahwa kita sudah tidak asing dengan cangkang telur, bukan? Hampir setiap keluarga mengosumsi telur sebagai menu makan sehari-hari.

Demikian juga dengan restoran, rumah makan, penjual martabak telur,home industry kue, peternakan, dan lain-lain menghasilkan limbah cangkang telur yang sangat banyak.

Yang namanya cangkang telur, bukan hanya telur ayam ras yg biasa kita konsumsi sehari-hari pada rumah menjadi lauk. Jangan juga membayangkan telur itu saja.

Cangkang telur bisa berasal dari telur itik, telur ayam kampung, telur puyuh, dan semua telur unggas lainnya. Tapi, memang umumnya cangkang telur yang terbanyak berasal dari ayam ras dan mudah kita mendapatkannya.

Telur apa telor..he..he..😅 Baik, sebut saja telur. Telur, umumnya, hanya memanfaatkan putih dan kuning telur saja. Cangkang telur dibuang karena tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Lapisan keras bewarna kecoklatan pelindung cairan telur itu menjadi sampah karena dianggap tidak bermanfaat lagi.

Jumlah Limbah Cangkang Telur dari Rumah Tangga

Rata-homogen sampah cangkang telur yg dibuang setiap hari per famili 120 gram. Asumsi setiap famili masih ada 4 orang & mengonsumsi telur tiga kali sehari. Itu belum berdasarkan sumber lain.

Itu berarti dalam sebulan, 1 rumah tangga membuat cangkang telur seberat tiga,6 Kg (berat per cangkang telur 10 gr). Nilai berat yg fantastis.

Kalau saya formulasikan begini :

  • Tc = O x Jp x D x Bt
  • Tc = Total berat cangkang telur (gram)
  • O  = Jumlah orang konsumsi per keluarga (orang)
  • Jp = Jumlah Konsumsi telur per orang setiap hari (telur/orang/hari)
  • D  = Jumlah hari konsumsi (hari)
  • Bt = Berat rata-rata cangkang per telur (gram)

Dengan memasukkan nomor -nomor yg kita perkiraan tersebut pada atas maka dihasilkan berat cangkang telur yang dihasilkan selama 1 bulan adalah :

  • Tc = 4 org x 3 telur/org/hari x 30 hari x 10 gram/telur
  • Tc = 3.600 gram

Atau

  • Tc = 3,6 Kg Cangkang telur

Dalam 1 bulan, sebesar 3,6 Kg cangkang telur "pergi" berdasarkan setiap rumah tangga menuju loka sampah. Entah bagaimana nasibnya di sana, dibakar atau dibiarkan menjadi tempat lalat dan semut "bermain."

Apa kandungan kimia cangkang telur?

Menjadi pertanyaan merupakan apa kandungan kimiawi cangkang telur & bagaimana memperlakukan cangkang telur sehingga berguna buat flora?

Dengan kata lain, bagaimana menaikkan hara kompos atau kualitas pupuk organik padat sehingga ketika diaplikasikan bisa menyuburkan tumbuhan?

Berikut ini Anda bisa lihat kandungan mineral cangkang telur.

Kandungan Kalsium (Ca) dan mineral lainnya

Kenapa dibuang? Padahal, cangkang telur sangat berguna buat menaikkan kualitas kompos. Mengapa? Lantaran cangkang telur adalah lapisan kapur menggunakan kisaran lapisan tersebut 10% menurut total berat telur.

Kalsium karbonat (CaCO3) adalah senyawa terbanyak pada kulit atau cangkang telur. Kandungan kalsium kira-kira sebanyak 97-98%.

Selain kapur, ternyata juga menyimpan unsur-unsur lain yg bermanfaat buat tumbuhan. Zat-zat peyusun cangkang telur lainnya, seperti magnesium karbonat (MgCO3), kalium posfat (K3PO4), & bahan-bahan lain termasuk bahan organik.

Tampak jelas bahwa dalam cangkang telur terdapat keliru satu unsur hara utama yg diperlukan flora, yaitu kalsium. Bahkan, terdapat unsur hara lainnya terdapat Mg, P, K, dan beberapa unsur lainnya dalam jumlah kecil.

Dengan sentuhan tangan kita sedikit saja, maka cangkang telur itu akan menjadi sesuatu yg berguna untuk tanaman & bukan merupakan sampah lagi.

Seperti umumnya diketahui bahwa pupuk kompos mengadung unsur hara yang lengkap, tetapi jumlah yang sangat minim. Di pada pupuk kompos masih ada N,P,K, & unsur hara mikro pada jumlah yg nisbi mini sekali.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan cangkang telur, paling nir dapat meningkatkan nutrisi krusial tumbuhan dalam pupuk kompos, terutama unsur Ca.

Manfaat kalsium dari cangkang telur buat nutrisi tumbuhan

Anda tau manfaat kalsium untuk tumbuhan, bukan? Tanaman sangat butuh hara kalsium buat pertumbuhannya. Dengan adanya kalsium dalam tanah, tumbuhan akan mengambilnya untuk mengaktifkan pembentukan bulu-bulu akar. Selain itu, dengan ketersedian kalsium akan membuat btg tumbuhan lebih kuat & dapat menetralisir tanah berdasarkan keasaman.

Namun, apabila kekurangan kalsium, pertumbuhan flora terganggu. Gejalanya akan tampak terutama sekali dalam daun. Daun-daun muda akan terjadi khlorosis (sebagai kuning) sampai ke tulang daun dan bahkan kuncup tanaman muda bisa mati.

PENAMBAHAN CANGKANG TELUR

Cangkang telur, demikian kita menyebutnya. Tapi, ada jua yg menyebutnya menggunakan istilah kerabang. Terserah mana yang mudah buat diingat. Di sini, aku menyebutnya cangkang telur saja.

Sekilas review lagi bahwa cangkang telur rupanya mengandung Ca yang jumlahnya nisbi tinggi, yaitu sekitar 97-98%. Lantaran kandungan Ca, maka cangkang telur kini dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kualitas kompos.

Baca pula ini :

  • Dari Limbah Got Hasilkan Pupuk Organik Cair (POC)
  • Membuat POC dari Libah Biogas Kotoran Sapi
  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa dan Cara Aplikasi

Cara tingkatkan kualitas kompos menggunakan cangkang telur supaya bermanfaat buat tanaman

Okay...Bagaimana cara meningkatkan hara kompos dengan cangkang telur? Anda harus mengumpulkan cangkang telur terlebih dahulu dari berbagai sumber. Atau jika di rumah Anda ada cangkang telur, mulai sekarang, jangan dibuang lagi.

Cangkang telur yang telah terkumpul, Anda jemur terlebih dahulu agar benar-sahih kemarau. Kemudian tumbuk cangkang telur itu hingga halus seperti tepung. Jika perlu diayak agar ukurannya benar -benar halus misalnya tepung.

Nah, tepung cangkang telur itu ditambahkan ke pada kompos dan campur merata. Berapa poly dibubuhi? Anda bisa menambahkan lebih kurang 1 kg tepung cangkang telur pada setiap 100 kg kompos.

Itu merupakan apa? Perbandingan adonan tepung cangkang telur dengan kompos adalah 1 : 100. Atau 1 bagian cangkang telur bisa ditambah ke pada 100 bagian kompos.

Karena cangkang telur bermanfaat untuk tanaman melalui peningkatan kualitas kompos, yuk kumpulin cangkang telur mulai sekarang. Campur tepung cangkang telur ke dalam kompos dan aplikasikan untuk tanaman Anda. Demikian ulasan dari pupuklahan.blogspot.com dan salam sukses (Last Updated by pupuklahan.blogspot.com, 05/02/2020)

Sedikit tambahan sebagai Tip saja :

1. Cangkang telur bisa anda gunakan sebagai pupuk tanaman dalam pot di rumah Anda.    Biarkan ia di dalam pot dan akan diambil secara pelan-pelan oleh tanaman. Campurkan dengan media tanam dalam pot.

2.  Jika ingin mengusir siput yang sering memangkas tanaman muda yang Anda tanam, maka taburkan kulit telur di sekitar tanaman. Siput akan sangat takut terkena bagian badannya dengan cangkang telur itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar