Rabu, 24 Juni 2020

Tips Mau Sukses Budidaya Jeruk Purut? Begini Caranya|Tanaman Buah

Budidaya Jeruk Purut -- Jeruk purut merupakan komoditas hortikultura yang prospektif untuk dibudidayakan. Bukan hanya buahnya yang bernilai ekonomi, tapi daun dan batang diincar oleh para pembeli. Menarik, bukan? Jika tertarik untuk sukses dengan komoditi pertanian ini, Sobat bisa memulai menanam jeruk purut sekarang juga?Yuk kita simak bagaimana cara budidaya jeruk purut.

Mau Sukses Budidaya Jeruk Purut? Begini Caranya

Walaupun Sobat mungkin belum pernah menanam jeruk purut, tetapi saya yakin buah jeruk purut sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebab, jeruk ini gampang sekali kita mengenalinya karena sangat tidak selaras dengan jeruk lainnya seperti jeruk nipis atau lemon. Jeruk purut ditandai menggunakan permukaan kulitnya kasar & banyak tonjolannya.

Peluang bisnis budidaya jeruk purut

Sebagai bumbu masak, jeruk purut selalu diperlukan buat menghilangkan bau amis ikan atau daging. Sedangkan daunnya dijadikan sebagai penyedap aneka kuliner. Bahkan, daun & kulit buahnya sanggup dimanfaatkan lantaran menghasilkan minyak atsiri yg sangat mahal harganya.

Meskipun permintaan pasar akan jeruk purut nisbi tinggi, tetapi yang tergugah buat mengembangkan usaha budidaya jeruk purut masih sedikit. Padahal, pada negeri agraris ini, lahan yg subur & berpotensi buat menanam jeruk masih sangat luas.

Melirik begitu banyak kebutuhan, terbuka potensi pasar dan masih luasnya lahan yang belum dimanfaatkan, menanam jeruk purut sangat menjanjikan & menjadi peluang usaha yg menguntungkan.

Tapi, kalau mau menanam janganlah satu pohon, tanamlah dalam skala luas supaya bisa menikmati ?Manisnya? Output bisnis budidaya jeruk purut ??

Ya, itu tadi sekilas ilustrasi agar Sobat termotivasi untuk budidaya jeruk purut. Baik, ๐Ÿ˜…mari kita melangkah mencari tau langkah budidaya jeruk purut yang tepat agar tumbuh subur dan berbuah lebat.

Rencanakan lokasi menanam jeruk purut yang sempurna

Hal yang pertama sekali perlu dipikirkan merupakan di mana area atau lokasi menanam jeruk purut yg cocok? Sebab, lokasi sangat memilih tumbuh & berkembanngnya jeruk purut.

Memang, orang bilang bahwa jeruk purut mudah sekali hidup. Benar sekali kalau cuman mau memetik daunnya saja atau hanya beberapa buah yang selamat diantara ranting-ranting. Tapi, kalau lokasi tepat, bisa menghasilkan 300 lebih buah jeruk per pohon ketika panen. Kalikan saja dengan rupiah,wow sangat fantastis.

Makanya, bila hendak berakibat komoditi jeruk purut menjadi sebuah bisnis tani menggunakan tujuan komersial, maka area yg cocok buat budidaya pada dataran rendah dengan ketinggian antara 0-400 m pada atas bagian atas bahari (dpl).

Jeuk purut perlu menerima sinar matahari penuh. Walaupun demikian, jeruk purut memerlukan sedikit naungan karena merupakan kondisi buat pertumbuhannya.

Selain itu, pastikan tanah yang hendak ditanam jeruk purut gembur menggunakan jenis lempung berpasir, kaya unsur hara, keasaman tanah 5,5-6,5, kedalaman air tanah lebih 2 meter, dan mempunyai drainase yang baik.

Siapkan huma tanam

apabila loka buat menanam jeruk purut sudah ketemu, segera lakukan persiapan lahan. Bersihkan huma, bila perlu buat pagar, & buatkan lubang tanam.

Berapa jeda tanam jeruk purut? Ini tentu saja berkaitan menggunakan lubang tanam. Buat lubang tanam dengan jarak 5m x 5m atau minimal 4 m x 4 m. Ini adalah, pada satu hektar huma bisa memuat 400 sampai 625 pohon jeruk purut.

Lubang tanam jeruk purut dibentuk dengan berukuran 50 centimeter x 50 centimeter x 50 centimeter (p x l x t). Biarkan lubang tanam terbuka selama tiga-4 minggu. Kemudian tanah galian dicampur menggunakan pupuk organik, TSP dan dolomit (dolomit diberikan bila tanah agak masam), tambahkan ke lubang tanam dan abaikan lagi seminggu sebelum tanam.

Berapa poly atau takaran pupuk dasar jeruk purut? Berikan setiap lubang lima-10 Kg pupuk sangkar/kompos, 50-100 gram TSP, dan 100-200 gram dolomit.

Penyiapan bibit jeruk purut

Mau semai biji jeruk dulu buat bibit? Boleh-boleh saja. Tapi, sayangnya bila melakukan semai biji dulu, maka butuh ketika 1-dua tahun baru mulai tanam. Padahal, di zaman sekarang, cukup banyak penyedia bibit genjah output perbanyakan vegetatif & kita tinggal order saja sinkron kebutuhan.

Masih tetap mau nyemai benih dulu?Ok, begini cara semai biji jeruk purut.

A. Perlakuan biji jeruk

  • Siapkan jeruk purut yang sudah cukup tua
  • Belah dan ambil bijinya
  • Cuci sampai bersih
  • Keringkan biji dengan cara menjemur selama 3-6 jam di bawah sinar matahari
  • Rendam dengan hormon pengatur tumbuh (atonik), atau alternatifnya bisa direndam menggunakan air kelapa muda yang sudah diencerkan 50% dengan air biasa. Rendam selama 1-2 jam
  • Tiriskan biji jeruk dan diangin-anginkan sebentar
  • Biji jeruk siap disemai di tempat persemaian.

Baca jua ini :

  • Cara Perlakuan Benih Sebelum Disemai Beserta Contohnya

b. Cara semai biji jeruk

  • Siapkan tempat persemaian. Penyemaian bisa polybag, gelas bekas air mineral, atau bedengan. Media semai harus ada campuran pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Masukkan/letakkan 1 biji jeruk purut per polybag. Kalau di bedengan, taburkan dengan jarang-jarang agar mudah ketika dipindahkan
  • Tutup dengan tanah yang telah dicampurkan dengan pupuk kandang/kompos (1:1)
  • Tunggu 2-3 minggu, biji jeruk purut mulai berkecambah dan tumbuh

Nah, mempersiapkan biji hingga berkecampah saja sudah menghabiskan ketika satu bulan. Belum lagi menunggu tumbuh, tentu saja akan sangat lama hingga mampu dipindahkan ke lahan tanam.

Bibit jeruk purut hasil perbanyakan vegetatif

Oleh karena itu, supaya setelah lahan dipersiapkan dapat segera ditanam jeruk purut, maka carilah bibit jeruk purut hasil perbanyakan vegetatif. Bisa bibit output stek atau sambung. Pastikan bibit jeruk purut sehat, belum tua, & mempunyai ketinggian minimal sekitar 50 centimeter.

Penanaman jeruk purut

Kapan sebaiknya menanam jeruk purut? Jawabnya, kapan saja boleh baik kemarau juga isu terkini hujan. Yang paling krusial adalah bibit jeruk purut yg ditanam nir hingga kering. Kalau menanam lagi musim kering, ya mesti disiram sehabis ditanam.

Berikut ini cara menanam jeruk purut supaya cepat tumbuh.

  • Buat lubang tanam seukuran dengan media tumbuh bibit di polybag
  • Kurangi daun dan ranting bibit agar tidak banyak terjadi penguapan saat ditanam
  • Siram bibit jeruk purut di polybag terlebih dulu
  • Buka polybag dengan cara menyobek atau menarik polybag dan keluarkan bibit jeruk purut. Hati-hati jangan sampai rusak akar dan medianya.
  • Masukkan bibit jeruk ke dalam lubang tanam
  • Tutup kembali dengan tanah dan padatkan sedikit agar tidak goyah
  • Siram secukupnya

Perawatan jeruk purut

Tugas selanjutnya apa? Setelah menanam jeruk purut masih banyak kegiatan yang perlu dilakukan. Pada tahap ini belumlah bisa duduk santai ๐Ÿ˜… karena belum memberikan hasil apapun untuk sang penanamnya.

Perhatikan mana bibit flora jeruk yang gagal tumbuh, layu, atau terdapat lubang kosong yang lupa ditanam, maka lakukanlah menggunakan segera penyulaman. Maka berdasarkan itu, siapkanlah bibit jeruk purut sedikit lebih lebih kurang 2-5% dari total lubang tanam.

Pada tahap awal-awal penanaman jeruk purut perlu dilakukan penyiraman 1-dua minggu sekali. Ini apabila animo kemarau. Jika flora sudah memasuki usia 1 tahun lebih, penyiraman sudah dapat dikurangi lantaran akar flora telah jauh menembus ke pada tanah.

Untuk mendapatkan hasil yang menggembirakan, jeruk purut mesti dikasih “makanan bergizi”   berupa pupuk agar tersedianya unsur hara yang cukup untuk pertumbuhannya.

Pemberian pupuk harus dikombinasikan pupuk organik dan anorganik. Pemberian pupuk susulan pertama sudah dapat dilakukan dalam 6 bulan sehabis tanam. Pupuk yg diberikan berupa NPK sebanyak 50 gr per lubang tanam dan ditambah dengan pupuk kandang secukupnya.

Baca jua ini :

  • Cara Menanam dan Memupuk Jeruk Nipis Dalam Pot
  • Cara Membuat Tepung Darah Untuk Meningkatkan Hara Kompos
  • Cara Sukses Cangkok Jeruk Nipis ; 3 Minggu Tumbuh Akar

Pemberian pupuk buat tanaman jeruk purut jangan terlalu dekat dengan pangkal pohon. Berikan pupuk dengan cara membuat lubang secara melingkar pada sekelilingnya sejauh tajuk terluar atau minimal 15-20 cm dari batangnya.

Lakukan pemupukan 6 bulan sekali. Dosis pupuk ditingkatkan sinkron menggunakan pertumbuhan dan usia tanaman . Dosis pupuk yg diberikan dalam tahun ke-dua sedikit lebih tinggi menurut tahun pertama.

Selain memupuk menggunakan pupuk padat tersebut sebagai pupuk akar, jeruk purut perlu pula dipupuk menggunakan pupuk daun buat menambah suplemen nutrisi flora. Lakukan penyemprotan dengan pupuk organik cair (POC) atau anorganik cair sebulan sekali.

Perawatan lainnya yg patut diperhatikan pada budidaya jeruk purut seperti selalu menjaga lahan permanen bebas menurut semak belukar, mengendalikan hama dan penyakit & pemangkasan cabang yang nir produktif.

Panen jeruk purut

apabila budidaya jeruk purut memakai bibit yg asal dari perbanyakan vegetatif dan perawatan dilakukan menggunakan rajin & sahih, maka umumnya jeruk purut sudah mulai berbuah sesudah tahun pertama dan akan terus banyak buahnya seiring menggunakan saat.

Panen jeruk purut sudah dapat dilakukan saat buahnya sudah cukup tua kira-kira berumur 30 minggu semenjak pembungaan.

Demikian sekilas tentang budidaya jeruk purut terutama pada lahan & skala luas. Semoga artikel ini mampu menaruh citra buat Sobat yang ingin memulai menanam jeruk purut. Semoga sukses selalu, ya..Amiin.

Tips

Ketika pembukaan lahan tanam jeruk purut, sisakan beberapa pohon yg dianggap bisa menjadi pelindung buat tumbuhan jeruk. Atau, apabila nir terdapat pohon pada lahan tadi, tanamlah flora pelindung seperti lamtoro. Hal ini perlu supaya bibit jeruk purut yg baru ditanam bisa cepat tumbuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar