Senin, 01 Juni 2020

Tips Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat|Tanaman Buah

Pupuk untuk Rambutan – Dalam budidaya rambutan sebetulnya banyak hal yang mesti diperhatikan. Namun, dari sekian banyak hal, saya kira pupuk menjadi hal penting dan sangat menentukan lebat tidaknya rambutan berbuah.

Karena itu, artikel ini menyajikan informasi seputar pupuk dan pemupukan mulai dari jenis pupuk, waktu pemupukan, dan cara pemupukan yang tepat.Yuk, kita cari tahu pupuk apa sebenarnya untuk rambutan agar berbuah lebat dan kualitas buah yang tinggi.

Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat

Sekilas rambutan sebelum memupuk

Sebelum memupuk, kita kenal sekilas dengan rambutan. Rambutan (Nephelium Lappaceum. L) merupakan tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis. Kalau dilihat asalnya, rambutan memang berasal dari Indonesia dan negeri jiran, yaitu Malaysia.

Buah berambut pada kulitnya ini sebetulnya banyak sekali varietas/jenisnya. Setiap varietas memiliki kualitas yang bhineka. Apa saja varietas rambutan?

Varietas Rambutan Binjai

Varietas rambutan ini sangat dikenal menggunakan sebutan rambutan binjai. Rambutan yg asal dari Provinsi Sumatera Utara ini sangat banyak dicari orang karena memang kualitasnya indah.

BACA JUGA : 11 Jenis Tanaman Buah dan Jarak Tanamnya, Salah Satunya yang Anda Cari?

Rasanya yang anggun, warna rambut merah menggunakan ujung hijau, & daging butir yg tidak lekat menggunakan kulit biji adalah daya tarik dari rambutan Binjai.

Varietas Rambutan Lebak Bulus

Rambutan lebak bulus pula relatif popular pada kalangan petani. Rambutan ini mempunyai ciri khasnya, yaitu rasa daging buahnya manis, namun berair. Produksi buahnya tidak mengecewakan tinggi mencapai 50 ? 100 kg/pohon.

Selain varietas tersebut pada atas, masih poly varietas rambutan yang tumbuh & beredar di pelosok-pelosok negeri dengan kualitas beraneka ragam. Beberapa varietas rambutan lainnya seperti sibongkok, garuda, sirapeah (rapiah), & lain sebagainya.

Nah, jika memang Sobat menanam galat satu varietas tersebut, ingat dipupuk agar cepat berbunga, buahnya banyak, & tentu saja bisa cepat menghasilkan uang bila tujuan penanamannya buat komersial.

Aplikasi Pupuk Untuk Rambutan yang Tepat, Buah pun Jadi Lebat

PUPUK UNTUK RAMBUTAN

Tapi, pupuk apa buat pohon rambutan? Jawabannya tentu saja pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro yg lengkap.

Nutrisi tersebut mampu berasal menurut pupuk organik misalnya pupuk kandang, pupuk kompos, & mampu juga berdasarkan pupuk anorganik misalnya pupuk majemuk NPK atau pupuk tunggal seperti urea, SP-36, & KCl

BACA JUGA : Cara Membuat Mol Bonggol Pisang buat Pupuk Organik Cair

Secara garis besar ada 2 tahapan pemupukan rambutan supaya tumbuh subur, sehat dan berbuah tepat pada waktunya.Pertama, pupuk untuk rambutan sebelum tanam yang dikenal dengan pupuk dasar.Kedua, pupuk susulan yang diberikan dalam beberapa kali susulan.

Pupuk dasar

Pupuk dasar rambutan sangat penting supaya dapat memacu pertumbuhannya. Apalagi ditanam dalam tanah yg kurang subur atau miskin hara, maka pupuk dasar menjadi harus jika menanam rambutan.

Sebab, jika dalam termin awal tidak mencukupi nutrisi, maka tumbuhan rambutan cukup lama tumbuh & berkembang.

Pupuk dasar diberikan pada waktu pembuatan lubang tanam dan pada ketika penanaman bibit rambutan. Pupuk buat rambutan terdiri menurut pupuk sangkar/kompos & pupuk anorganik, yaitu urea, SP-36 dan KCL.

Cara pelaksanaan pupuk dasar sebelum tanam misalnya berikut adalah :

  • Siapkan pupuk kandang 10-15 Kg per lubang tanam
  • Campurkan pupuk kandang dengan tanah galian lubang tanam
  • Masukkan campuran pupuk tersebut ke dalam lubang tanam
  • Biarkan campuran pupuk  dan tanah berada dalam lubang tanam selama 2 minggu sebelum tanam

Setelah pupuk dasar diberikan sebelum penanaman bibit rambutan, masih ada lagi pupuk yang perlu diaplikasikan, yaitu urea, SP-36, dan KCL. Namun, pupuk ini diberikanpada saat tanam

Cara aplikasi pupuk pada ketika menanam bibit rambutan seperti berikut adalah.

  • Siapkan bibit rambutan
  • Siapkan 20 gram urea, 30 gram SP-36, dan 50 gram KCL
  • Gali lubang tanam dengan ukuran 2 kali diameter polybag bibit rambutan dan kedalaman setinggi polybag bibit
  • Tanam bibit rambutan
  • Tutup lubang tanam bibit rambutan sebagian/setengahnya saja terlebih dulu
  • Taburkan pupuk urea, SP-36, dan KCL di sekelilingnya
  • Tutup pupuk dan lubang tanam tersebut dengan tanah sampai menggunung
  • Sebaiknya disiram kalau aplikasi pupuk pada musim kemarau.

Itu tersebut cara anugerah pupuk dasar rambutan. Nah, bagaimana menggunakan pupuk susulan rambutan? Agar pertumbuhan rambutan nir terganggu atau dengan istilah lain nutrisinya mencukupi secara terus menerus, maka pupuk susulan nir boleh diabaikan.

Pupuk susulan buat rambutan

Meskipun pohon rambutan telah berbuah, pupuk susulan tetap diberikan. Ini bertujuan buat menjaga produktivitas butir rambutan tinggi & terus semakin tinggi menurut tahun ke tahun.

BACA JUGA : 4 Tahap Memupuk Mentimun Dalam Polybag Supaya Buahnya Lebat

Namun, dalam pelaksanaan pupuk, takaran pupuk mesti diperhatikan karena nir sama setiap fase pertumbuhannya.

Pupuk susulan rambutan tepatnya diberikan setiap 3 bulan sekali. Namun, buat efisiensi biaya , tenaga, & saat, pupuk susulan mampu diaplikasikan setiap 6 bulan sekali.

Susulan I ; Pupuk diaplikasi setelah 6 bulan penanaman, dosisnya tetap sama dengan pupuk pada saat tanam, yaitu 10-15 Kg pupuk kandang,  20 gram urea, 30 gram SP-36, dan 50 gram KCL

Susulan II ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 1 tahun

Susulan III ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 1,5 tahun

Susulan IV ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 2 tahun

Susulan V; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 2,5 tahun

Susulan VI ; Pupuk diaplikasi pada umur rambutan 3 tahun

Kalau bibit rambutan berasal berdasarkan hasil perbanyakan vegetatif misalnya sambung pucuk atau cangkok, maka dalam waktu tiga tahun sudah mulai berbuah. Nah, setelah 3 tahun, pemupukan permanen dilanjutkan seperti biasa.

Cara pelaksanaan pupuk susulan rambutan

Cara aplikasi pupuk susulan dengan cara membenamkan disekeliling tanaman rambutan. Jarak galian lubang buat pupuk sejauh tajuk rambutan. Benamkan pupuk & tutup lagi menggunakan tanah. Kalau tidak terdapat hujan, siram agar pupuk cepat larut dan cepat diserap tanaman .

Dosis pupuk diubahsuaikan menggunakan pertumbuhan flora rambutan. Ini berarti pupuk setiap usia tumbuhan bhineka. Makin besar tumbuhan, maka kebutuhan pupuk lebih tinggi.

Sekadar catatan, setiap pemupukan rambutan, ingat diberikan pupuk organik baik pupuk sangkar juga kompos.

Sebab, pupuk organik sangat mengagumkan buat mendorong pertumbuhan dan produktivitas flora rambutan, Selain itu, pupuk organik membuat struktur tanah lebih baik dan memperkaya kehidupan mikroorganisme tanah.

Suplemen buat flora rambutan

Selain jenis pupuk tersebut, buat melengkapi nutrisi, flora rambutan dapat juga diselingi dengan suplemen pupuk organik cair. Aplikasinya boleh dengan pengocoran dan bisa juga dengan penyemprotan. Minimal, pupuk organik cair diberikan setiap tiga bulan sekali.

BACA JUGA : Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya Agar Panennya Berulang Kali

Setelah kita cari tau sana-sini, ternyata itu pupuk rambutan. Dengan pemupukan yg teratur & tepat waktu, pertumbuhan rambutan nir perlu diragukan lagi. Rambutan akan tumbuh fertile dan Insya Allah produktivitas pun akan sebagai tinggi alias berbuah lebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar