Rabu, 17 Juni 2020

Tips Jenis Sayuran Hidroponik yang Prospektif dan Praktis Budidayanya|Tanaman Buah

Jenis Sayuran Hidroponik – Ada bermacam jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik, dari tanaman buah sampai dengan sayuran. Tapi, yang paling banyak tanaman hidroponik dibudidaya adalah sayuran karena perawatannya mudah alias praktis dan panen pun lebih cepat.

Jenis Sayuran Hidroponik yang Prospektif dan Praktis Budidayanya

Menanam sayuran hidroponik memang sangat menyenangkan. Selain tidak perlu menggunakan tanah sebagai media tumbuhnya, sayuran hidroponik bisa ditanam di lahan terbatas atau perkarangan sempit.  Bahkan, dengan instalasi dan penataaan yang rapi baik horizontal atau vertikultur, menjadikan kebun sayuran hidroponik Sobat sangat indah.

Apalagi, apabila sudah mengerti budidaya hidroponik, menanam jenis sayuran apapun menjadi mudah. Cukup menggunakan menambah air bernutrisi menggunakan konsentrasi sinkron dengan ppm (part per million) yang diperlukan tanaman , sayuran hidroponik akan tumbuh fertile.

Jenis sayuran hidroponik

Tak usah takut buat menanam sayuran pada wadah yg berisi air pupuk hidroponik. Tanam sayuran apa saja yg Sobat senang, beliau akan tumbuh subur asalkan tercukupinya unsur-unsur hara yg dibutuhkannya.

Mungkin Sobat ragu menanam selada hidroponik, mau tumbuh‘gak ya. Atau mungkin bertanya-tanya jenis sayuran apa yang cocok, prospektif dan praktis ditanam secara hidroponik. Nah, di bawah ini,pupuk lahan menampilkan jenis sayuran hidroponik yang mudah tumbuh, dilirik pasar, dan menguntungkan kalau mau dikomersialkan/dijual.

1. Tomat

Siapa bilang tumbuhan sayuran yg satu ini tidak tumbuh secara hidroponik? Dengan menggunakan benih tomat unggul dan pelaksanaan pupuk hidroponik sayuran buah yang cocok, tomat tumbuh fertile & berbuah optimal.

Untuk menanam tomat hidroponik, penyemaian benih permanen diperlukan. Benih bisa disemai eksklusif dalam media roockwool atau cocopeat. Setelah tumbuh 4-lima helai daun, bibit tomat siap dipindahkan ke dalam wadah tanam hidroponik.

Tapi, sayuran tomat hidroponik perlu sedikit perhatian, yaitu penyangga/penopang supaya tidak roboh saat mulai berbuah.

Dua. Selada

Selada yang ditanam di tanah saja bisaludes alias laku di pasar, apalagi yang yang ditanam secara hidroponik tentu sangat menarik minat para pembeli.

Tanaman selada hidroponik sangat cepat tumbuh dan bisa dipanen dalam waktu yang nir terlalu usang. Hanya pada ketika 3 bulan telah mampu panen. Tapi, ingat, panennya saat pagi atau sore hari supaya sayuran hidroponik permanen segar.

Selain mampu dikonsumsi sendiri, tumbuhan sayuran hidroponik ini sanggup jua dijadikan buat usaha. Tapi, jikalau tujuan komersial, menanamnya wajib poly & harus kontinyu supaya pelanggan sayuran hidroponik Sobat tidak kecewa.

Tiga. Kangkung

Suka kangkung dan tidak punya lahan luas di rumah? Kangkung bisa ditanam pakai air,lho. Maksudnya, Kangkung bisa ditanam ala hidroponik.

Untuk menanamnya, tidak perlu biaya mahal untuk membeli pipa PVC untuk wadah hidroponik kalau hanya untuk konsumsi sendiri. Cukup gunakan wadah bekas seperti styrofoam atau botol air mineralsecond hand untuk menanam kangkung hidroponik di rumah Sobat.

Dengan hadiah nutrisi hidroponik yang sempurna dan sesuai dosisnya, sayuran kangkung hidroponik cepat sekali tumbuh. Dalam waktu tidak sampai 30 hari, kangkung hidroponik telah sanggup dipetik.

4. Daun bawang

Kalau hanya buat sayuran, bawang merah cocok sekali ditanam secara hidroponik. Dengan menggunakan media tanam arang sekam atau roockwool dan wadah hidroponik sederhana, daun bawang hidroponik tumbuh subur dan siap dikonsumsi dalam ketika 1 bulan kurang lebih.

Sayuran daun bawang sangat lezat untuk dikonsumsi. Apalagi dimasak dengan campuran udang atau tiram, bikin mengundang dannambah selera makan.

Tapi, awas kalau ada ulat atau belalang yang mengganggu daun bawang hidroponik Sobat, jangan dibasmi pakai pestisida. Cukup gunakan tangan untuk mengambil dan membuangnya jauh-jauh. Tapi, kalau instalasi hidroponik Sobat adagreenhouse atau menggunakaninsectnet, tentu serangga tidak bisa “menjenguk” dan mengganggu sayuran hidroponik Sobat.

5. Bayam

Bayam, baik bayam merah maupun bayam hijau, homogen-homogen disukai banyak orang. Di samping harga yang terjangkau, bayam menyehatkan famili karena kandungan gizinya yg tinggi.

Nah, kalau dulu masih beli bayam atau mungkin masih tanam bayam di pot/tanah langsung, tinggalkan semua itu. Sekarang,yuk menanam sayuran bayam hidroponik.

Baca juga ini :

  • Menanam Hidroponik Bayam Merah? 4 Hal Ini Menentukan

Sebab, bayam bisa juga tumbuh jika ditanam dalam pipa atau wadah lain yg berisi air, akan tetapi airnya yg bernutrisi. Monitor konsentrasi larutan pupuk secara berkala atau seminggu sekali supaya bayam hidroponik bisa tumbuh fertile & tentunya mampu cepat dipanen.

6. Seledri

Seledri pun bisa sebagai pilihan buat sayuran hidroponik. Pertumbuhannya begitu cepat & anakannya terus tumbuh. Tapi, terdapat syaratnya, cukupi nutrisinya dengan memakai pupuk hidroponik misalnya AB Mix sayuran daun.

Untuk menanamnya bisa melalui penyemaian benih dan sanggup juga memindahkan anakan berdasarkan indukan seledri yg telah terdapat di rumah. Yang krusial selalu cek larutan pupuk yang ada pada wadah hidroponik agar pertumbuhannya nir terganggu.

Itulah beberapa jenis sayuran hidroponik yang prospektif & simpel dalam budidayanya. Karenanya, patut Sobat coba buat menanamnya.

Selain jenis sayuran yang tersebut di atas, Sobat bisa jua menanam jenis sayuran hidroponik lain misalnya brokoli, mentimun, sawi, cabe, kacang panjang, & lainnya.

Baca juga ini :

  • 5 Langkah Membuat Pupuk Hidroponik Sendiri Alternatif AB Mix
  • 3 Jenis Pupuk Terbaik Untuk Tanaman Hidroponik Anda
  • Cara Membuat Larutan Pupuk Hidroponik AB Mix Siap Pakai

Intinya, selesainya menanam, ingat merawatnya menggunakan bahagia hati agar sayuran hidroponik memberikan output terbaik untuk Sobat. Rawatlah dengan baik & rutin, tak peduli apakah buat konsumsi sendiri ataupun menjadi sebuah usaha sayuran hidroponik. Demikian & salam.

Video Menanam Sayuran Bawang Merah Hidroponik

pada Rumah Tanpa AB Mix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar