Jumat, 12 Juni 2020

Tips Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari|Tanaman Buah

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Pakai Root Up pada Stek Batang -- Jika kitakepengen tanaman cepat berbuah dan batangnya pendek, maka stek batang dan cangkok adalah pilihan yang tepat. Batang tanaman yang sudah dipotong diolesi zat pengatur tumbuh (ZPT) sepertiRoot Up akan sangat cepat mengeluarkan akar dan tunas. Tapi, kita harus mengerti bagaimana cara pakai root up untuk stek batang agar cepat tumbuh akar dan tunas.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Root Up. Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

BACA JUGA : Cara Membuahkan Mangga menggunakan Perlakuan Ini

Stek ; Tak Usah Lagi Semai Biji, Berbuah pun Cepat

Kita tidak perlu lagi semai biji yang berbuahnya lama dan batangnya tinggi. Semua serba cepat dan instan di zamanNow. Baru saja ditanam sudah berbuah. Misalnya, Hasil stek jambu, mangga, durian, dan lainnya akan berbunga dan berbuah dalam tempo yang singkat atau lebih kurang enam bulan setelah tanam. Sungguh luar biasa.

Menariknya lagi, tanaman butir dapat ditanam dalam pot yg menghiasi perkarangan tempat tinggal ketika berbuah. Orang-orang yg melewati tempat tinggal kita pun akan terpana melihat indahnya tumbuhan dengan batang pendek, akan tetapi berbuah lebat.

Meskipun stek, nutrisi tetap perlu

Agar flora hasil stek selalu berbuah, tentu kita mesti rajin memberi nutrisi makro & mikro yang diharapkan flora itu. Kita bisa memakai pupuk anorganik yg mengandung unsur hara N, P, K seperti pupuk NPK menjadi pupuk beragam atau pupuk tunggal misalnya TSP, KCl, ZA, & lainnya.

Sebagai tambahan unsur hara mikro pada flora buah hasil setek, bisa digunakan pupuk organik, yaitu pupuk kompos, pupuk kandang atau pun pupuk cair organik.

ROOT UP ITU, APA?

Kembali kita ke zat pengatur tumbuh Root Up. Root Up ini merupakan suatu hormon pertumbuhan yg dapat mer_4_ngsang pertumbuhan akar. Root Up ini digunakan bila kita ingin memperbanyak flora secara vegetatif (bukan generatif menurut biji).

Secara natural mungkin ada yang menggunakan bawang merah atau air kelapa untuk mendapatkan hormon pertumbuhan akar. Hal ini karena pada bawang merah terdapat hormon auksin yang salah satunya hormon tersebut berfungsi dalam mer_4_ngsang pertumbuhan akar. Namun, tingkat keberhasilannya relatif rendah karena banyak pengaruh faktor lain seperti rentan terserang jamur, busuk batang, dan lain-lain.

BACA JUGA : Cara Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda

Dengan memakai Root Up, tingkat keberhasilan perbanyakan flora secara stek atau cangkok tinggi. Pertumbuhan akar cepat sekali.

Hal ini lantaran Root Up mengandung hormon pertumbuhan akar & juga fungisida. Fungisida yang berfungsi buat mencegah fungi, cendawan, infeksi & banyak sekali penyakit di bagian yg terluka atau bekas sayatan setek btg.

Cara pakai root up buat stek, bagaimana?

Bagaimana cara menggunakan Root Up untuk stek batang atau cangkok? Cara penggunaan mudah sekali. Tapi, Anda harus beli dulu root up,dunk. Berapa harga root up? Harganya relatif murah dan tergantung daerah, umumnya berkisar Rp. 30.000,- sampai dengan Rp 70.000,-. per botol dengan berat bersih isinya 100 gram.

Sudah beli root up, belum? Mungkin sudah atau mungkin juga belum, tapi bagusnya simak dulu ulasan teknis penggunaannya yang ini.Well, berikut ini akan kita jelaskan mulai dari penyiapan batang stek sampai cara menggunakan Root Up.

Penyiapan btg stek

  1. Cari dulu tanaman yang sudah pernah berbuah dan menarik bagi Anda akan tanaman    tersebut
  2. Seleksi cabang yang sudah besar (minimal diameter 1 cm) dan tidak sedang mengeluarkan tunas atau pucuk muda. Jangan juga cabang yang sudah tua sekali akan sulit regenerasi sel dan pertumbuhan akar.
  3. Potong sepanjang +/- 30 cm
  4. Pangkas daun-daun dan sisakan 1 atau 2 daun saja (Jika dipangkas habis pun, boleh-boleh saja)
  5. Kupas kulit bagian bawah batang +/- 5 cm dari bawah (bagian yang akan ditanam)

Supaya keberhasilan stek btg tinggi dan cepat tumbuh akar saat diolesi root up, maka perlu diperhatikan posisi penyayatan kulit bagian pangkal batang yg akan disetek. Sayatan mesti sempurna dilakukan sempurna pada bagian buku (node), yaitu bagian pangkal batang setek yang ada loka tumbuh tunas atau daun.

Lihat gambar yang sudah disediakan oleh admin pupuklahan.blogspot.com seperti di bawah ini [updated 21/12/2019].

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Posisi Sayatan Stek Batang Mangga

Tepat di Buku/Node tempat tumbuh tunas/daun

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

 Cara Memakai Root Up dalam stek btg

  • Membuat pasta root up

Sebelum menggunakan hormon ZPT root up, Anda mesti menciptakan pastanya dulu. Begini cara membuat pasta root up.

  1. Buka tutup botol
  2. Ambil tepung dalam botol Root Up menggunakan sendok kecil
  3. Tuangkan tepung pada wadah yang sudah disediakan (bisa piring kecil, mangkok, dan lainnya sesuai keperluan)
  4. Teteskan air sedikit-sedikit ke dalam wadah yang sudah berisikan tepung Root Up
  5. Aduk merata sehingga membentuk seperti pasta (jangan sampai terlalu banyak air akan encer)

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Pasta Root Up Siap Oles. Gambar : Dokpri

  • Mengoles root up

Anda mungkin bertanya bagaimana cara mengoles pasta root up yang sudah dibentuk dalam stek btg. Inilah langkah-langkah melumas root up dalam bekas sayatan btg stek.

  1. Oleskan pasta Root Up yang sudah dibuat pada bagian bawah batang yang sudah dilukai kulitnya (pengelupasan kulit bagian bawah batang +/- 5 cm untuk pertumbuhan akar)
  2. Tanam ke dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam (campuran tanah + pupuk kandang)
  3. Tutup batang dengan plastik untuk mengurang penguapan. Bisa juga dibuat sungkup dari plastik transparan dan tempatkan pot tersebut di dalam sungkup.  Pilihan lain pakai botol aqua bekas, potong menjadi dua bagian. Isi media tanam dan batang stek, lalu tutup kembali dan dilakban agar rapat (lihat Gambar di bawah ini)
  4. Siram secukupnya saja (lebih baik gunakan spayer untuk menyemprot media tanam)
  5. Dalam waktu +/- 7 hari tanda-tanda pertumbuhan akar sudah dapat dilihat (batang segar dan sisa daun di batang tidak layu)
  6. Buka penutup jika tunas sudah mulai tumbuh dan panjangnya +/- 3 cm. Untuk membuka sungkup atau penutup, sebaiknya tunggu sampai benar-benar akar juga sudah mulai tumbuh (+/-30 hari)
  7. Tempatkan di bawah naungan dan adaptasikan dengan cahaya secara pelan-pelan/bertahap. Intinya, jangan terkena sinar matahari langsung setelah sungkup dibuka.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Stek Jambu Sudah Tumbuh Tunas & Akar.

Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Mangga yg Distek. Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Stek Jambu Berhasil & Siap Dipindahkan

Ke Dalam Pot. Gambar : Dokpri

Demikian cara memakai Root Up pada perbanyakan tumbuhan secara vegetatif melalui stek btg. Root up ini jua bisa digunakan waktu Anda mencangkok tanaman . Prosedur penggunaan sama dengan stek batang.

Hanya saja dalam cangkok, selesainya diolesi Root Up pada bagian sayatan, lalu dibungkus/ditutup menggunakan tanah untuk media pertumbuhan akar.

Gambar pada atas itu merupakan btg mangga yg dicangkok menggunakan Root Up. Cangkok mangga telah dibungkus menggunakan plastik pada bagian terluar buat menjaga kelembaban tanah sebagai media perakaran.

Catatan :

Setelah ditanam pada pot (btg yang sudah diolesi Root Up), letakkan dalam loka yang nir terkena sinar mentari langsung. Jika terkena sinar surya maka hormon auksin atau hormon pertumbuhan nir akan bekerja (nir aktif).

  • Contoh output stek GAGAL berdasarkan media tanam TIDAK STERIL & dampak berdasarkan membuka sungkup sekaligus dalam satu saat (seharusnya sedikit demi sedikit)

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Contoh Hasil Stek Layu alias Gagal.

Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Contoh Hasil Stek Gagal

Lantaran Terserang Jamur dan Membusuk

Gambar : Dokpri

Baca pula ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Tip sukses stek.

  1. Media tanam stek diusahakan benar-benar steril dari jamur/cendawan. Sebab, jika media tidak steril, maka batang akan membusuk. Bahkan, ketika tunas mulai tumbuh, tunas akan layu pelan-pelan pada saat dibuka sungkup. Oleh karena itu, media tanam harus diberikan fungisida atau dapat juga digonseng (roasted) sebelum menanam batang stek.
  2. Jika sungkup dibuka, jangan sampai terkena hembusan angin yang kencang. Sebaiknya, tempatkan stek yang sudah mulai tumbuh tunas pada tempat yang terhalangi hembusan udara. Tempat di ruang yang ada dindingnya.
  3. Jangan memindahkan hasil stek ke media tanam lain sebelum akarnya kuat. Tunggu berkembangnya akar untuk adaptif dengan lingkungan baru dalam waktu 1,5-2 bulan.

Sobat, itulah cara gunakan zat pengatur tumbuh, yaitu root up dalam stek btg. Dengan perlakuan yg sempurna, maka pertumbuhan akar & tunas lebih cepat. Perhatikan alat-indera yg digunakan tetap steril. Selamat mencoba semoga sukses.

Video Cara Membuat Pasta Root Up

& Mengolesinya dalam Stek dan Cangkok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar