Rabu, 10 Juni 2020

Tips Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim|Tanaman Buah

Cara Membuahkan Mangga Dalam Pot Sepanjang Musim --Mangga adalah komoditi hortikultura yang banyak disukai masyarakat. Bukan hanya karena cita rasa yang lezat, tetapi juga karena tanaman berbuah ini bisa memberikan keindahan tersendiri ketika tumbuh dan berbuah.

Lantaran itulah, maka nir mengherankan apabila tumbuhan mangga menggunakan mudah dapat dijumpai di perkarangan rumah. Ada yang ditanam di tanah dan ada jua yang ditanam pada pot. Dan, sebagian mangga rajin berbuah dan yang lainnya nir.

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Mangga Berbuah. Gambar : Dokpri

Bagi yang kurang pengetahuan dengan budidaya mangga akan selalu ?Panen daun,? Bukan buahnya. Tanaman mangga tumbuh fertile dengan dedaunan yang hijau & lebat, namun bunga dan buahnya nir ada-timbul. Keadaan ini berarti terdapat kebutuhan nutrisi tumbuhan mangga yg tidak terpenuhi & tercukupi.

Mangga dalam pot semestinya selalu berbuah

Tanaman mangga yang ditanam pada pot seharusnya selalu berbuah dan tanpa mengenal isu terkini. Sebab, media tanam tersebut akan membatasi mobilitas akar yg memanjang & akarnya akan terkonsentrasi kepada nutrisi makro dan mikro yang tersedia pada pot.

Nah, apabila pupuk yang kita berikan sinkron menggunakan kebutuhan tanaman mangga dalam fase generatif, maka nir ada ?Alasan? Flora mangga pada pot nir berbuah.

Dalam budidaya tanaman mangga banyak hal yg wajib diperhatikan dan diperlakukan menggunakan baik. Tidak hanya media tanam dan pemupukan, tetapi tumbuhan mangga berbuah atau nir sangat ditentukan bagaimana kita memilih bibit yg sehat & berkualitas.

Bahkan, pengendalian hama & penyakit hingga menggunakan cara pemanenan merupakan bagian budidaya mangga yang nir kalah pentingnya.

Dalam postingan ini, sinkron dengan judul, kita akan belajar bagaimana cara membuahkan mangga yg ditanam pada pot. Bukan hanya berbuah, tapi cepat timbul bunga mangga, genjah, dan akan selalu produktif tanpa mengenal isu terkini.

Di sini akan kita buka rahasia bagaimana membuat tanaman mangga rajin berbuah. Nah, untuk mengetahui caranya, yuk ikuti ulasan berikut ini.

Aplikasi pupuk buat mangga yang relatif agar mau berbuah

Salah satu cara membuahkan mangga merupakan dengan memberikan pupuk dalam jumlah yg relatif. Apalagi flora mangga dalam pot, memberi pupuk wajib seimbang, lengkap dan sinkron dengan volume media perakaran yang kita gunakan, yaitu pot.

Tanaman mangga sama dengan tanaman lainnya yg memerlukan nutrisi baik unsur hara makro misalnya N, P, K, Ca maupun mikro seperti besi, seng, dan lain-lain.

Jika tanaman mangga sudah mulai tumbuh bunga & berbuah, ini adalah tumbuhan mangga tersebut cukup pupuk fosfor (P) yang berperan pada pembentukan bunga dan buah. Nah, apabila kekurangan unsur P dalam masa generatif, maka flora mangga akan malas berbuah.

Oleh karenanya, tanaman mangga output stek, cangkok, okulasi, & lainnya harus diberikan pupuk yang mengandung P lebih tinggi dibandingkan menggunakan N dan K.

Yang menentukan lagi berbuah tidaknya mangga dalam pot adalah keasaman tanah. Usahakan media tanam dalam pot tidak asam. Tanaman mangga akan sulit menyerap hara atau makanan melalui akarnya jika tanam asam. pH yang baik untuk media tanam tanaman mangga adalah lebih besar dari 5,5 sampai dengan pH 7.

Baca Juga  :

  • Cangkang Telur, Alteratif Dolomit Untuk Tanaman Dalam Pot

Jika media Tabulampot asam, maka berikan pengapuran menggunakan dolomit supaya pH tanah semakin tinggi mendekati pH netral (pH 7). Berikan dolomit 5 gram sampai 10 gr per pot supaya pH naik dan toleran buat pertumbuhan & perkembangan tumbuhan mangga.

Berikut rahasia  pemupukan mangga dalam pot

A. Satu bulan selesainya tanam

  1. Larutkan pupuk NPK (cari NPK yang kadar Nitrogennya tinggi) sebanyak 10 gram dalam 10 liter air
  2. Siram ke media tanam dalam pot secukupnya. Jangan sampai tergenang

B. Dua bulan sehabis tanam

  1. Larutkan pupuk Za sebanyak 3 gram + TSP 2,5 gram + KCl 2,5 gram ke dalam 10 liter air
  2. Siram ke media tanam dalam pot secukupnya. Jangan sampai tergenang
  3. Ulangi penyiraman dengan pupuk Za+TSP+KCl setiap 1 bulan sekali (30 hari sekali)dengan dosis yang sama seperti pada poin 1 sampai pohon mangga berbunga dan berbuah

Baca juga ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

C. Berikan perlakuan tambahan supaya mangga dalam pot genjah

  1. Kurangi daun dan cabang dengan cara memangkasnya agar terkena sinar matahari ke seluruh bagian tanaman mangga. Jika tertutup sinar, maka proses fotosintesis tidak berlangsung.
  2. Anda dapat memberikan hormon giberelin, yaitu hormon pengatur tumbuh untuk mer_4_ngsang pembungaan dan buah. Salah satu hormon per_4_ngsang bunga yang pernah saya gunakan adalah PATROL (maaf—bukan iklan). Gunakan 5-10 ml per liter air per tanaman mangga dan siramkan ke media tanam sekitar perakaran. (Baca petunjuk penggunaan).

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Zat Pengatur Tumbuh
Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh ini (PATROL) pada tanaman mangga bertujuan untuk menekan pertumbuhan vegetatif seperti daun, ranting, cabang, dan batang. Dengan demikian, tanaman mangga akan siap-siap untuk berbunga dan berbuah. (di bawah ini ada contoh gambar kemasan patrol dan petunjuk penggunaan)

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Patrol buat Membuahkan Mangga. Gambar : Dokpri

Buka Rahasia ; Cara Jitu Membuahkan Mangga Dalam Pot Tanpa Mengenal Musim
Patrol/Hormon Pengatur Tumbuh. Gambar : Dokpri

Itulah misteri yang dapat pupuklahan.Blogspot.Com share, yaitu tentang cara berakibat mangga pada pot. Dengan mengikuti langkah-langkah pada atas, maka mangga dalam pot akan rajin berbuah. Semoga postingan bermanfaat. Oh,,ya,,rajin-rajinlah merawatnya ya. Terima kasih. (Last Updated by pupuklahan.Blogspot.Com, 19/01/2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar