Kamis, 18 Juni 2020

Tips Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat|Tanaman Buah

Pupuk untuk Penyubur Stroberi – Pertumbuhan dan produksi buah stroberi tidak maksimal salah satunya disebabkkan oleh pemberian pupuk yang tidak tepat. Tanaman stroberi sangat sensitif terhadap pupuk. Makanya, banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya pupuk untuk stroberi atau tepatnya apa pupuk untuk penyubur tanaman stroberi.

Pupuk untuk Stroberi agar Subur dan Produksi Buah Lebat

Walaupun berdasarkan sisi pengolahan huma, pembibitan, penanaman stroberi sudah relatif mahir & telah dilakukan sesuai ?SOP,? Tetapi itu belumlah cukup. Sebab, pupuk buat stroberi sepertinya menjadi ?S3-nj4ta pamungkas? Pada budidaya buah stroberi.

Tanpa nutrisi yg sempurna jenis, dosis, waktu, dan cara pelaksanaan yang sahih, flora stroberi tumbuh merana dan berbuah pun tak berdaya. Ini berarti perlu selangkah lagi yg perlu dipahami dan diakukan dengan baik, yaitu pupuk & pemupukan stroberi.

Kondisi tumbuh berpengaruh terhadap produksi stroberi

Sebelum melihat pupuk untuk penyubur stroberi,yuk sekilas saja kita tengok kondisi tumbuh stroberi. Sebab, apapun ceritanya, kondisi ini juga akan berhungungan dengan pertumbuhan dan produksi buah stroberi.

Stroberi ataustrawberry ini merupakan tanaman yang hidup dan tumbuh dengan baik di daerah subtropis dengan tempertur udara sejuk berkisar 10 – 180C. Stroberi juga membutuhkan sinar matahari dari pagi sampai sore yang cukup untuk sintesa zat-zat makanan.

Selain itu, suhu udara buat produktivitas stroberi, tanah untuk tumbuh stroberi wajib yg fertile & banyak mengandung bahan organik. Kesuburan tanah jua berafiliasi langsung dengan pH tanah. Jadi, pH tanah yg baik buat menanam stroberi 6,lima ? 7.

Jika pH tanah pada bawah atau pada atas nilai tersebut, pantas saja pertumbuhan stroberi terhambat dan produksinya rendah. Sebab, banyak unsur hara makro yg tidak tersedia buat nutrisi stroberi.

Stroberi butuh unsur hara makro dan mikro

Tanaman stroberi, seperti flora lainnya, butuh unsur hara makro dan mikro yg lengkap supaya tumbuh subur dan produksi butir stroberi poly dan tidak mudah rontok.

Oleh karenanya, pada budidaya buah stroberi agar bisa dipastikan bahwa pada media tumbuh/tanah tersedia unsur-unsur hara makro seperti N, P, K, Ca, Mg, & S dalam jumlah yang poly dan tersedia buat pertumbuhan tanaman stroberi.

Di samping unsur hara makro, unsur hara mikro seperti Mo, Cu, Zn, Mn, Fe, dan lainnya jua mesti ada. Unsur hara ini kebutuhannya sedikit, tetapi sangat menentukan fertile tidaknya dan tinggi-rendahnya produksi butir stroberi.

Pupuk buat stroberi mesti tinggi N, P, dan K

Dari sekian banyak unsur hara, stroberi menyerap cukup poly nutrisi nitrogen (N), fosfor (P), & kalium (K). Unsur-unsur tersebut sanggup dicukupi menggunakan pupuk beragam seperti pupuk NPK atau bisa juga berdasarkan pupuk tunggal, misalnya urea (N), SP-36 (P), & KCL (K).

Secara umum, kebutuhan unsur hara buat pupuk stroberi, yaitu N sebanyak 90 Kg/hektar, P sebesar 120 Kg/hektar, dan K sebesar 60 Kg. Tetapi, kebutuhan tersebut yang sempurna tergantung dalam hasil uji tanah (soil test).

Sekadar catatan kecil saja, kekurangan atau berlebih sedikit saja unsur hara tadi, flora stroberi akan tumbuh kerdil, khlorosis, terbakar, kerontokan bunga dan butir, produksi rendah, agresi penyakit, dan seabrek duduk perkara lainnya.

Makanya, pada samping jenis, pada pelaksanaan takaran pupuk buat stroberi mesti sempurna dan terus dimonitor. Tujuannya nir lain, agar stroberi tumbuh fertile, sehat dan produksi butir stroberi pun tinggi alias lebat.

Pupuk stroberi bentuk larutan lebih hemat & mudah diserap

Kalau mau pupuk buat stroberi bisa diserap optimal, maka pelaksanaan pupuk dalam bentuk larutan menjadi pilihan yg tepat. Selain bisa diserap optimal, pemupukan pun sebagai lebih irit menurut sisi kuantitas dan porto yg dimuntahkan.

Mengapa sanggup lebih efektif dalam bentuk larutan, ya? Kita paham bahwa salah satu cara tanaman stroberi menyerap nutrisi pada bentuk genre masa. Artinya, pupuk yang telah terlarut ke dalam air eksklusif mendekati area perakaran. Karena pupuk yang sudah larut & tersedia pada perakaran, maka akar flora menggunakan mudah bisa menyerapnya.

Jenis pupuk penyubur stroberi

Kalau ditanya pupuk apa buat menyuburkan stroberi? Jawabnya merupakan pupuk organik & anorganik yg mengandung unsur hara makro & mikro.

Untuk pupuk organik banyak sekali seperti pupuk kandang, kompos, pupuk hijau, pupuk hayati, dan lain sebagainya. Tetapi, umumnya, buat tumbuhan stoberi diberikan pupuk kandang menjadi pupuk dasar.

Pupuk kandang meski mengandung unsur hara sedikit, namun pupuk sangkar menjadi penyedia hara yg lengkap termasuk unsur hara mikro. Bahkan, pupuk sangkar sanggup memproduksi hormon pertumbuhan misalnya sitokinin, giberelin, & lainnya untum memacu pertumbuhan stroberi.

Untuk pupuk sangkar, bila tersedia, lebih cantik menggunakan pupuk kotoran ayam yang sudah matang. Sebab, pupuk kandang menurut kotoran ayam tinggi kandungan N dan P dibandingkan dengan pupuk kandang sapi atau kerbau. Unsur hara ini sangat mensugesti produksi butir stroberi.

Sedangkan pupuk anorganik buat stroberi pula terbilang banyak. Namun, yg paling gampang diperoleh & sudah umum tersedia di pasar, yaitu pupuk beragam NPK 16:16:16.

Selain NPK tersebut, terdapat pula yg memberikan buat stroberi pupuk NPK 32:10:10. Pupuk menggunakan kadar tersebut diberikan dalam fase pertumbuhan vegetatif.

Pupuk pelengkap cair buat stroberi

Agar pertumbuhan dan produksi butir stroberi indah & kualitas buahnya tinggi, pelaksanaan pupuk pelengkap cair (PPC) sebagai suplemen nutrisi flora stroberi. Pupuk PPC ini umumnya diberikan melalui daun menggunakan cara penyemprotan dalam tempo dua-4 minggu sekali.

PPC untuk tanaman stroberi biasanya digunakan yang mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap. Cukup banyak beredar di toko pertanian merek PPC ini seperti Bio KCL, Pupuk Cair KNO3, ada juga Supergro Hujau/Merah, dan segudang merek lainnya. Silahkan search di toko pertanianoffline danonline shop

PEMUPUKAN STROBERI

Setelah mengenal pupuk untuk stroberi, kini kita menuju ke pemupukan flora stroberi. Pemupukan mulai berdasarkan penyiapan lahan, vegetatif, dan pembungaan.

Pupuk stroberi ketika penyiapan lahan

Pupuk dasar stroberi diberikan saat penyiapan lahan. Pupuk dasar yang diberikan adalah pupuk kandang (lebih bagus dari kotoran ayam). Dosis yang diberikan adalah 15-20 ton per hektar (1,5 – 2 Kg/m2).

Pupuk diberikan menggunakan cara ditebar di atas bedengan dan dicampur dengan tanah secara merata. Biarkan huma tanam yang sudah dipupuk selama 1-dua minggu sebelum tanam. Tujuannya agar tumbuh kegiatan mikroorganisme pada tanah, dekomposisi bahan organik, dan agregat tanah menjadi lebih rupawan.

Pupuk buat stroberi masa pertumbuhan vegetatif

Ketika tumbuhan stroberi berumur 2 minggu atau kira-kira 14 hari sehabis tanam, flora ini sudah perlu dipupuk. Lantaran dalam usia 2 minggu masih berada pada fase vegetatif, maka stroberi membutuhkan lebih banyak unsur nitrogen (N) dibandingkan unsur hara P & K.

Oleh karena itu, pupuk untuk stroberi yang tepat adalah pupuk NPK yang tinggi N, yaitu NPK 32:10:10. Jika tidak tersedia di pasar, silahkan buat sendiri dari pupuk tunggal.Cara membuat NPK sendiri dapat dibaca di sini ataudi sini

Berapa dosis NPK 32:10:10 & cara aplikasinya? Pupuk majemuk ini dilarutkan dulu pada air. Larutkan sebesar 30 gr NPK atau kira-kira 15 sdt ke dalam 15 liter air. Aduk-mixer agar pupuk terlarut semuanya. Siramkan ke tumbuhan menggunakan dosis 150 ml/flora stroberi.

Pemupukan dengan cara pengocoran dan takaran yang sama dilanjutkan dalam umur stroberi 4, 6, dan 8 minggu atau hingga menjelang stroberi timbul bunganya.

Selain pemupukan menggunakan NPK 32:10:10, dalam fase vegetatif ini pula perlu diselingi dengan pupuk daun (penyemprotan) yang mengandung unsur hara makro dan mikro, khususnya pupuk daun yang mengandung N tinggi. Aplikasi pupuk daun dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Pemupukan lewat daun ini agar penyerapan nutrisi oleh tumbuhan stroberi menjadi lebih optimal, tidak terjadi kekurangan hara mikro, & pula memacu pertumbuhan vegetatif flora.

Pupuk buat stroberi waktu berbunga

Menjelang stroberi berbunga atau sudah masuk fase pembungaan (generatif) atau kira-kira 45-60 hari sehabis tanam (HST), stroberi dilanjutkan pemupukan dengan NPK 16:16:16.

Cara aplikasinya ; Larutkan NPK sebesar 250-300 gr ke pada 15 liter air (20 gram NPK/liter air). Aduk-campurkan dan kocok sampai larut semuanya. Siramkan sebesar 200 mililiter/tanaman stroberi. Siram sempurna pada sekitar pangkal flora, usahakan jangan terkena daun-daun tumbuhan.

Pupuk mematangan butir buat stroberi

Ketika tumbuhan stroberi sudah terjadi penyerbukan & telah mulai timbul buah, pemupukan permanen dilanjutkan supaya tidak rontok dan kualitas buah stroberi tinggi misalnya ukuran dan rasa manisnya.

Pada fase ini, pupuk yg diberikan merupakan pupuk pelengkap cair (PPC) yg mengandung unsur hara kalium yg tinggi. Sebab, galat satu peran K adalah buat menaikkan kualitas buah selain buat kekebalan tumbuhan berdasarkan agresi penyakit.

Dan lebih bagus lagi, jika PPC yang digunakan mengandung unsur hara mikro yang lengkap. Untuk pupuk cair ini bisa PPC KNO3, Bio KCL, dan lain-lain.

Baca pula ini :

  • Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras
  • Teknik Menanam Ubi Kayu Agar Produksi Tinggi dan Sesuai Permintaan Pasar
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos

Cara aplikasinya dengan cara penyemprotan ke semua bagian atas daun terutama bagian bawah daun lantaran pada sana terdapat poly lisan daun (stomata) yang akan menyerap pupuk. Untuk dosis, silahkan dibaca dikemasan pupuk.

BACA JUGA : Tutorial Menanam & Memupuk Stroberi Dalam Pot ; Mudah & Praktis

Demikian mengenai pupuk buat stroberi agar fertile & produksi butir lebat. Semoga postingan ini sebagai pengetahuan pada budidaya tumbuhan stroberi atau strawberry khususnya pupuk & pemupukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar