Sabtu, 06 Juni 2020

Tips Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini|Tanaman Buah

Cara Menanam dan Pemupukan Belimbing Manis -- Belimbing manis sangat mudah cara budidayanya. Makanya, tidak mengherankan jika banyak yang suka menanamnya baik di lahan luas, perkarangan rumah, maupun dalam pot. Berbuah pun sangat cepat dan lebat. Belimbing manis sudah mulai berbuah dalam tempo kurang lebih 6 bulan.

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing anggun berbuah

Bagaimana menanam & cara pemupukan belimbing cantik supaya berbuah lebat dan cepat? Ya, itulah yg akan kita kuak dalam artikel ini agar tabir budidaya belimbing cantik yg tertutup menjadi terbuka.

Postingan kali ini akan membuka cara sebagai akibatnya belimbing cantik yg Sobat tanam cepat-genjah. Tetapi, perlu sejenak bersabar karena akan kita review/mengenal sekilas dengan buah belimbing itu yang poly kandungan zat gula.

Sekilas Belimbing Manis

Walaupun poly belimbing anggun yg kita jumpai tumbuh pada aneka macam belahan provinsi di Indonesia, tetapi yang niscaya sejarah awal mulanya tanaman belimbing manis tumbuh pada daratan India.

Kemudian seiring dengan gerak penduduk & kemajuan ilmu pengetahuan, secara pelan-pelan belimbing cantik menyebar ke aneka macam negara yang memiliki kesesuaian agroklimat untuk pertumbuhannya.

Lantaran itu pula, belimbing anggun melekat berbagai nama khusus sesuai di masing-masing wilayah. Orang Sunda menyebutnya dengan nama calincing amis dan saudara-saudara yg pada Madura familiar menggunakan sebutan bhalimbling manes.

Orang yg berada di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh, secara umum menyebutnya menggunakan boh limeng sagoe. Demikian juga menggunakan wilayah-daerah lain pasti memiliki bahasa yg bhineka untuk menyebut nama butir belimbing cantik.

Jenis belimbing manis

Tapi jangan keliru, belimbing cantik, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan pada bidang pertanian, telah banyak sekali jenis atau varietasnya.

Varietas belimbing anggun diantaranya, yaitu belimbing dewi, belimbing wulan, belimbing sembiring, belimbing madu, dan poly varietas lainnya. Kesemuanya memiliki taste & keunggulan masing-masing.

Nilai gizi dan manfaat buah belimbing anggun

Hingga waktu ini butir belimbing cantik masih sebagai komoditas hortikultura yg poly disukai orang. Di samping cita rasanya cantik, butir yang poly kandungan air ini pula banyak mengandung nilai gizi.

Apa saja kandungan gizi belimbing anggun? Tidak hanya vitamin, misalnya vitamin A, B & C, tetapi pula mengandung karbohidrat, lemak dan protein pada banyak sekali persentasenya.

Buah yg dalam bahasa inggris disebut starfruit benar-benar poly keuntungannya. Bukan hanya buat pelepas dahaga menggunakan cara memakan eksklusif setelah dipetik, tetapi juga butir yg berwarna kuning ini rupanya memilik segudang khasiat buat kesehatan.

Di antara sekian banyak khasiat belimbing manis,  salah satunya buah yang berbentuk lima segi nan manis itu diyakini sebagian besar orang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah sekilas gambaran tumbuhan buah yang rasanya manis tadi. Sekarang kita fokus kembali menuju bagaimana menanam belimbing manis supaya berbunga dan berbuah cepat hingga lebat.

Bagaimana juga teknik/cara pemupukan belimbing manis? Apa pupuknya sebagai nutrisi yang mengandung unsur hara buat mengatur pertumbuhan hingga mer_4_ngsang pembungaan yg cepat & berbuah lebat?

Syarat Tumbuh Belimbing Manis

Baik, ayo kita mulai berdasarkan kondisi tumbunya. Belimbing anggun tumbuh di wilayah tropis dan beriklim panas seperti pada daerah asalnya India. Ia sangat mengagumkan pertumbuhannya mulai dataran rendah sampai dataran tinggi (500 m dpl).

Ini artinya bahwa belimbing manis memerlukan air tanah yang dekat dengan daerah perakarannya yang terdalam.  Tetapi, tanaman ini tidak boleh tergenang air dan tidak suka selalu becek.

Struktur tanah yg gembur dan kaya dengan humus atau bahan organik adalah kondisi tumbuh belimbing cantik yang ideal. Tanah menggunakan retensi air yg baik dan aerasi yang lancar lebih disukai.

Tanah dengan pH (keasaman tanah) sedikit asam tidak akan terlalu mengganggunya. Bahkan, belimbing anggun bisa tumbuh & toleran dengan baik pada kisaran nilai pH 5-7.

Untuk tumbuh produktif, belimbing manis memerlukan sinar matahari yg penuh 6-8 jam per hari. Sinar matahari membantu terbentuk zat kuliner dalam tanaman belimbing melalui proses fotosintesis.

Oleh karenanya, jangan sekali-kali belimbing anggun hayati di bawah naungan atau nir mendapat sinar mentari eksklusif lantaran tidak akan menghasilkan buah yang kita harapkan.

Persiapan Lahan menanam belimbing cantik

Lahan buat menanam belimbing anggun tergantung kepada tujuan budidaya yang diinginkan. Apabila hanya buat hobi dan estetika, relatif ditanam diperkarangan rumah atau pada pot.

Kalau menanam dalam pot, belimbing cantik pada ketika 6 bulan telah ada hasilnya, iyakah? (Baca pada sini Cara Membuahkan Belimbing Manis Dalam Pot Kombinasi Nutrisi Organik & Kimia)

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing Manis Mulai Berbunga.

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

Namun, jika menghendaki penanaman belimbing anggun pada skala usaha atau menjadikan sebuah usaha pertanian yg prospektif, maka lahannya wajib luas. Dan alangkah lebih baik lagi bila memiliki huma milik sendiri alias bukan sewa lahan.

Jika pun harus menyewa lahan untuk menanam belimbing manis, hitung secara tepat biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Kalau dalam bahasa analisis kelayakan usaha, nilai Benefit  per Cost Ratio atau B/C > 1

Lahan wajib dibersihkan dari semak belukar. Kemudian baru dibuat lubang tanam sebanyak bibit yg ingin ditanam. Sebagai acuan, untuk huma 1 hektar (10,000 m2) bisa ditanam sebesar 400 btg bibit belimbing cantik menggunakan jeda tanam lima m x lima m atau sanggup lebih jeda lagi. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 60 cm panjang x 60 centimeter lebar x 60 cm kedalaman. Biarkan lubang tanam selama 15 hari.

Setelah 15 hari lubang tanam diangin-anginkan, campurkan tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 30 – 50 Kg (tergantung gembur tidaknya tanah).  Dan campurkan juga pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 100 - 150 gram.

Tambahkan sedikit pupuk dolomit /- 100 gr per lubang. Tutup pulang lubang dengan adonan tanah dan pupuk tersebut hingga menggunung pada atas lubang tanam. Dan abaikan lubang tanam yg sudah dimasukkan pupuk hingga dengan minimal 15-30 hari sebelum tanam.

Persiapan Bibit belimbing manis

Untuk bibit belimbing anggun nir perlu risi. Sebab, bibit bisa diperoleh dari penyemaian biji langsung dan bisa pula dihasilkan menggunakan membeli di penyedia bibit output perbanyakan vegetatif (hasil cangkok, sambung, stek, dan lain-lain).

Bibit belimbing manis hasil perbanyakan vegetatif sangat cepat berbuah dibandingkan dengan bibit yg dari berdasarkan biji/benih (perbanyakan generatif). Kalau menurut biji bisa sampai 4-lima tahun lebih baru berbuah.

Pilihlah bibit yang berkualitas dimana btg, cabang & daun-daunnya tumbur fertile & sehat. Intinya, jangan sampai memilih bibit belimbing cantik yang berpenyakit. Ketinggian bibit minimal 50 cm dengan diameter btg minimal 1 cm. Sekali lagi, belilah bibit pada penyedia yg terpercaya & jika perlu bibit yang bersertifikasi.

Penanaman belimbing anggun

Pada ketika penanaman bibit belimbing manis nir boleh pada keadaan kemarau atau kemarau. Untuk meringankan kerja penyiraman dan bibit cepat tumbuh, maka pilihlah ketika yg baik, yaitu pada awal demam isu hujan.

Pagi hari atau sore hari merupakan waktu yang baik untuk menanam. Jika di luar  waktu tersebut, matahari masih sangat menyengat dan ada kemungkinan bibit belimbing manis stress saat awal beradaptasi.

Jangan berasal menanam, akan tetapi perlu disiram air ke media tanam dengan air secukupnya hingga tanah basah/lembab. Dan siram sekali lagi pada hari ke 7 sehabis tanam (sesuaikan dengan curah hujan, intinya jangan sampai bibit layu dan mati sebelum berkembang).

Pemupukan belimbing anggun

Pemupukan belimbing anggun yang tepat akan memberikan masa berbunga dan berbuah yang cepat dan tepat juga. Tepat jenis dan dosis pupuk serta tepat waktunya adalah kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman belimbing manis. Bagaimana cara memupuk belimbing manis agar berbuah cepat dan lebat?

Kombinasi pupuk kandang dan pupuk kimia

Pupuk kimia telah jelas kandungan unsur haranya yg cepat tersedia bagi tanaman walau ada pengaruh negatif terhadap lingkungan. Penambahannya pun sebenarnya harus melalui uji tanah buat diketahui ketersediaan unsur hara dalam tanah.

Sedangkan pupuk organik -pupuk kandang - sangat diperlukan juga untuk pertumbuhan belimbing manis meskipun jumlah/kadar haranya kecil. Tetapi, pupuk kandang memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki pupuk kimia seperti NPK, Urea, ZA, dan lainnya. Apa kelebihan pupuk kandang dan bagaimana ciri pupuk kandang yang matangdapat dibaca di sini.

Pupuk dasar belimbing anggun dalam waktu penanaman

Belimbing manis pada ketika ditanam wajib sudah tersedia nutrisinya pada dalam tanah. Tambahkan pupuk sangkar sebanyak 5-10 kg (bila masih kurang subur), urea 10 gram, SP-36 15 gr dan KCl 5 gr. Campuran tersebut diaplikasikan per 1 lubang tanam

Pupuk susulan selesainya 3 bulan penanaman

Ingat bahwa anugerah pupuk dengan takaran rendah & acapkali lebih baik menurut dalam memberikan pupuk dengan takaran tinggi pada ketika lama (nir sering). Memang dari segi biaya & energi lebih poly terkuras kalau frekwensi pemupukan terlalu seringkali, tetapi hasilnya luar biasa lantaran flora selalu tersedia nutrisi & pada jumlah tidak mengganggu pertumbuhannya.

Oleh karena itu, sesudah 3 bulan penanaman, belimbing manis telah dapat diberikan pupuk susulan. Tambahkan pupuk sangkar , urea, SP-36 & KCL sebanyak dosis yg diberikan dalam pupuk dasar ketika penanaman. Yaitu pupuk sangkar dua-lima kg, urea 10 gr, SP-36 15 gram & KCL lima gram.

Pupuk susulan ini diberikan pada rentang saat tiga bulan sekali sampai memasuki umur tanaman belimbing manis 1 tahun. Memasuki tahun ke-2, tumbuhan perlu ditingkatkan takaran pemupukan, terutama posfor buat mer_4_ngsang pembungaan.

Baca pula ini :

  • Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa
  • Pupuk NPK Phonska Plus Memembuat Panen Meningkat Karena Ini
  • Awas!! Jangan Salah Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi, Ini Cara yang Benar
  • Cara Cangkok Mangga Agar Cepat Tumbuh, Pakai ZPT ini

Pupuk susulan umur belimbing manis > 1 tahun

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing anggun berbuah terus-mmenerus

 denngan pupuk yang sempurna

Pemupukan dilakukan 6 bulan sekali pada umur flora belimbing manis di atas 1 tahun. Dosis pupuk memasuki tahun ke 2 merupakan 10 kg pupuk sangkar ditambah 100 g urea, 250 gr SP-36, & 150 gram KCL. Demikian seterusnya sampai tumbuhan belimbing manis yang Anda tanam berbuah.

Tips.

  • Cara pemupukan susulan harus disesuaikan dengan lebar tajuk tanaman belimbing manis. Lubang untuk pupuk digali dengan kedalaman +/- 30 cm  melingkar tanaman dan jaraknya sesuai dengan bagian terluar dari tajuk tanaman.
  • Untuk mer_4_ngsang tanaman cepat berbuah perlu diberikan pupuk yang mengandung unsur hara posfor (P) sedikit lebih tinggi saat memasuki umur tanaman 2 tahun (> 1 tahun).  Jika menggunakan NPK, cari NPK yang kadar P lebih tinggi seperti NPK 10:40:20 (Jika tidak ada, buat sendiribegini caranya)
  • Pemangkasan dahan-dahan bagian dalam dan daun-daun rimbun yang menghalangi sinar matahari masuk, ini juga upaya untuk mempercepat belimbing manis berbunga dan berbuah.
  • Pemupukan susulan perlu memperhatikan apakah tanaman sudah berbuah atau belum. Pemupukan yang tepat adalah setelah panen atau sebelum/mendekati masa pembungaan.

Demikian cara menanam belimbing manis. Dengan pemupukan yang tepat, belimbing manis akan cepat berbuah, lebat, dan kualitasnya yang mantap. Salam sukses 'tuk Sobat. {updated by pupuklahan.blogspot.com, 09/03/2020]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar