Sabtu, 20 Juni 2020

Tips Cara Sukses Menanam Nanas Hingga Bisa Panen Dalam 12 Bulan|Tanaman Buah

Cara Menanam Nanas --- Ada sebagian saudara kita yang masih bingung dengan seluk-beluk dunia menanam nanas seperti bagaimana pembibitanya, apa pupuk nanas agar produksinya tinggi, dan lainnya yang berkaitan dengan budidaya nanas. Karena itulah, artikelcara menanam nanasini hadir untuk memandu Sobat pupuklahan.blogspot.com yang tertarik dalam budidaya nanas.

Sebenarnya, nanas adalah tumbuhan hortikultura yang sangat mudah ditanam dan umumnya cocok di seluruh jenis tanah. Buktinya, menggunakan hanya mengambil mahkota berdasarkan butir nanas yg kita beli pada pasar, kemudian kita tanam pada perkarangan tempat tinggal , nanas pun mulai tumbuh pada beberapa minggu selesainya ditanam.

Semudah itukah cara menanam nanas? Untuk tumbuh dan membuat butir nanas yg banyak, tidak relatif dengan meletakkan bibit nanas di media tanam.

Menanam nanas butuh lahan yg sesuai, pembibitan yg benar & perawatan yang sungguh-sungguh supaya mendapatkan produksi tinggi dan laba yg besar .

Apalagi jikalau menanam nanas sebagai sebuah usaha dan skala luas, maka perlu persiapan yg matang baik mental, pengetahuan budidaya, & jua finansial/kapital.

Syarat tumbuh nanas

Apakah nanas bisa ditanam dimana saja tanpa terikat dengan persayaratan tumbuh? Nanas ternyata tumbuh dengan baik dalam tempat & lahan yang sesuai dengan syaratnya. Iklim dan kesuburan lahan sangat mensugesti pertumbuhannya.

Kalau tidak memenuhi syaratnya, nanas bisa tumbuh tapi kerdil, buahnya kecil, mengalami klorosis, keracunan tumbuhan menggunakan unsur mikro, nir optimal produksinya, mungkin buahnya luka bakar saat matang, & segudang duduk perkara lainnya.

Oleh karena itu, syarat atau kondisi tumbuh yang nanas kehendaki agar tumbuhnya fertile dan produktif adalah menjadi berikut, yaitu :

  • Nanas adaptif atau tumbuh subur di daerah tropis
  • Ketinggian tempat 100 – 800 m dpl
  • Suhu udara berkisar 210C – 320C
  • Curah hujan yang cukup
  • Kelembaban udara 70 – 80%
  • Sinar matahari yang cukup (70%)
  • Tanah yang gembur dan kaya bahan organik
  • Tanah yang cocok lempung berpasir
  • Drainase baik
  • Kandungan kapur rendah
  • Keasaman tanah (pH) berkisar 4,5 – 6,5

Tapi, jangan khawatir kalau lahan Sobat tidak 100% memenuhi syarat seperti di atas. Beberapa hal persyaratan‘kan dapat diperbaiki seperti kesuburan tanah, drainase, pH, dan lainnya. Intinya memang nanas akan tumbuh produktif kalau terpenuhinya syarat-syarat tumbuhnya.

Bibit tanaman nanas berdasarkan mana?

Bibit tanaman nanas diperoleh menggunakan dua cara, yaitu generatif dan vegetatif. Tetapi, agar lebih gampang dalam pembibitan, artikel ini akan mengupas mengenai pembibitan melalui vegetatif.

Perbanyakan atau buat menerima bibit nanas buat ditanam melalui vegetatif dapat diperoleh melalui tunas anakan, tunas btg, tunas dasar butir, tunas mahkota, mahkota, & jua stek btg.

Nah, kalau memang jumlah bibit nanas yang diperlukan tidak terlalu banyak, maka bibit dari tunas anakan dan tunas batang lebih cocok untuk pembibitan. Tapi, kalau mau ditanam hanya untuk hiasan saja, 1 atau 2 batang,  dalam pot di rumah, mahkota nanas boleh juga untuk bibitnya 😅

Oh iya..berdasarkan pengalaman petani yang menanam nanas, bibit yang berasal dari tunas anakan lebih cepat berbuah.Perkiraan masa panen dari bibit tunas anakanpaling cepat sekitar 12 bulan. Sedangkan bibit dari tunas batang dan mahkota, umur untuk panen bisa mencapai 18-24 bulan

Tapi perlu diingat, untuk mendapatkan bibit yg asal tunas anakan atau tunas btg, maka perhatikan induknya. Tanaman induk nanas harus yang sehat & subur pertumbuhannya. Selain itu, tanaman induknya harus dalam syarat berbuah atau telah dipanen buahnya.

Cara mengambil tunas anakan atau tunas batang, bagaimana? Pertama sekali perhatikan tunas yang sehat dengan berukuran 30-35 cm. Kemudian, potong tunas anakan menggunakan indera pangkas yg tajam dalam pangkalnya.

Cara semai tunas nanas

Bagaimana cara semai tunas nanas? Persiapkan dulu media semai bibit nanas. Media semainya bisa polybag atau kotak kayu yang memuat banyak bibit nanas. Isikan media semai dengan campuran tanah dan kompos (2:1). Lalu semai bibit dari tunas tersebut ke dalam media semai.

Tempatkan bibit nanas yang sudah disemai dalam loka yg teduh. Jaga kelembaban media semai jangan sampai kemarau. Setelah bibit nanas mulai tumbuh, ini berarti bibit nanas sudah bisa dipindahkan ke huma tanam yg sudah dipersiapkan.

Penyiapan huma tanam nanas

Lahan yg akan digunakan buat menanam nanas harus higienis dari segala tanaman & benda yg mengganggu pertumbuhan tumbuhan. Batu-batuan, gulma, akar-akar kayu, pepohonan yang tumbang, dan sebagainya wajib disingkirkan.

Lalu, gemburkan tanah dan buat bedengan. Bedengan dibuat dengan lebar 1,2 meter dan jarak antar bedengan 60 cm. Setelah membuat bedengan, buat lubang tanam dengan jarak 50 cm x 60 cm (dalam barisan  x antar barisan).  Siapkan juga lubang tanam dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm (panjang x lebar x kedalaman).

Agar lahan penanaman nanas subur, maka berikan pupuk dasar sebelum tanah. Caranya dengan menempatkan pupuk kandang dalam lubang tanam dengan dosis 1-dua Kg per lubang tanam. Aduk merata pupuk dengan tanah dalam lubang tanam. Biarkan lahan yg telah dipupuk selama 1 minggu sebelum tanam.

Menanam nanas

Kalau sudah siap lahan tanam & bibit di persemaian sudah tumbuh, ini berarti waktunya buat menanam butir nanas. Bibit yang telah tumbuh pada media semai sudah dapat dipindahkan ke lahan tanam.

Buka polybag dengan pelan-pelan agar tidak tanggal tanah menggunakan akarnya. Atau apabila bibit di media semai bedengan atau kotak kayu, cungkil menggunakan menyertakan tanah pada akarnya.

Penanaman bibit nanas dengan cara memasukkan bibit ke dalam lubang tanam sedalam 5-10 cm. Setiap lubang tanam ditanam satu bibit nanas. Timbun & padatkan tanah disekitar lubang tanam supaya bibit tidak goyah.

Agar pertumbuhan bibit nanas rupawan, pastikan menanam nanas dalam isu terkini hujan. Sebab, bibit nanas yang baru ditanam sangat membutuhkan ketersediaan air.

Walaupun demikian, menanam nanas sanggup pula dalam waktu kemarau, akan tetapi harus bisa dipastikan bibit nanas permanen mendapakan suplai air yang cukup, penyiraman rutin misalnya.

Merawat tanaman nanas

Setelah Anda mengerti cara menanam nanas, Anda pula butuh pengetahuan cara merawat tanaman nanas. Sebab, tanpa memahami teknik perawatan nanas, hasilnya mampu saja nir sesuai asa.

Merawat tanaman nanas secara rutin akan membawa hasil yang bagus. Dengan perawatan, nanas akan tumbuh subur dan berbuah tepat pada waktunya. Hama dan penyakit pun tak berani medekatinya.

1. Bersihkan gulma

Oleh karena itu, penyiangan atau membersihkan huma berdasarkan gulma adalah tindakan tepat supaya nutrisi nanas dapat diserap optimal buat tumbuhan nanas dan tidak ada loka buat organisme pengganggu tanaman (OPT) berkembang.

Dua. Jaga media tumbuh nanas tetap lembab

Menjaga kelembaban media tumbuh nanas nir boleh luput lantaran ini bagian krusial pada merawat nanas. Apabila kondisi hujan, tidak butuh penyiraman. Tetapi, kalau musim kering, penyiraman secara rutin perlu dilakukan terutama dalam awal-awal pertumbuhan seminggu sekali dan 2 minggu sekali jikalau sudah dewasa.

Bahkan, pengairan ketika usia dewasa atau telah memiliki daun 20-30 helai perlu sekali lantaran akan berdampak dalam pembungaan dan munculnya buah nanas. Biasanya, pada tahap ini secara rutin dilakukan pengairan 2 minggu sekali buat membantu proses pembungaan.

Tiga. Lakukan pembumbunan

Hal lain dalam perawatan tumbuhan nanas yang harus dilakukan merupakan pembumbunan. Kita tau tumbuhan nanas memiliki akar yg dangkal dan kadang menyebul ke permukaan tanah. Karenanya, lakukan penimbunan tanah ke lebih kurang pangkalnya.

4. Aplikasikan pupuk susulan tanaman nanas

Agar pertumbuhan dan produksi optimal, maka suplai hara baik makro maupun mikro melalui pemupukan yg tepat perlu dilakukan secara periodik & tepat waktu.

Pemupukan tidak hanya sebelum tanam (pemupukan dasar), namun pupuk wajib dilanjutkan & permanen tersedia waktu selesainya tanam yang dikenal menggunakan pupuk susulan. Pupuknya boleh beragam seperti NPK dan bisa juga tunggal seperti urea, SP-36, dan KCl.

Untuk pupuk dasar sudah diulas pada atas, yaitu pupuk kandang sebanyak 1-2 Kg/flora. Kalau demikian, buat pupuk susulan tanaman nanas diberikan sebesar 3 kali saja. Berikut ini jenis, dosis, & cara pemupukan tanaman nanas.

Pupuk susulan I ; Pupuk susulan I diberikan pada usia 3 bulan setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah pupuk yang mengandung N, P, dan K. Dosis pupuk yang diberikan adalah urea sebanyak 5 gram/tanaman, 2 gram SP-36/tanaman, dan 3 gram KCL/tanaman.

Pupuk susulan II ; Pupuk susulan II diberikan pada usia 6 bulan setelah tanam. Dosisnya sama dengan pupuk susulan I.

Pupuk susulan III ; Pupuk susulan III diberikan pada usia 10 bulan setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah pupuk yang mengandung N, P, dan K. Dosis pupuk yang diaplikasikan adalah urea sebanyak 5 gram/tanaman, 2,5 gram SP-36/tanaman, dan 7,5 gram KCL/tanaman.

Pupuk susulan tersebut diberikan menggunakan cara dibenamkan di sekeliling tanaman . Jarak pupuk yg diberikan menggunakan tumbuhan lebih kurang 10-15 centimeter dengan kedalaman lima-10 cm. Setelah dipupuk, ingat tutup kembali menggunakan tanah.

Baca pula :

  • Menogolah Buah Nanas Menjadi Pupuk Organik Cair
  • 4 Cara Menyemai Bibit Jahe Merah Agar Cepat Tumbuh
  • Cara Membuat Mol Rebung Bambu
  • Membuat Pupuk Kompos Padatan dan Cair dari Daun Lamtoro
  • Cara Membuat Tepung Darah untuk Meningkatkan Kualitas Kompos

Beberapa organisme pengganggu nanas

Yang namanya organisme pengganggu tanaman (OPT) tetap terdapat pada tanaman termasuk pada tumbuhan nanas.

Beberapa OPT nanas misalnya hama kumbang, penggerek butir, kutu putih, kutu sisik, nematoda, thrips dan sejumlah lainnya kerap hadir mengganggu flora nanas. Demikian pula dengan penyakit seperti busuk akar & busuk pangkal sanggup saja menyerang flora nanas.

Untuk meminimalisir datangnya hama & penyakit tanaman nanas, maka penting sekali menjaga kebersihan lahan menurut segala macam semak belukar di sekitarnya. Tetapi, bila pun terdapat yg mengganggu tumbuhan, cukup dikendalikan dengan cara biologi, mekanis dan penggunaan pestisida organik.

Panen Nanas

Kalau perawatan nanas dilakukan menggunakan baik dan sahih, maka panen nanas sudah bisa dimulai semenjak berumur 12 bulan (tergantung varietas dan cara pembibitan).

Buah nanas sudah dapat dipanen ketika aromanya sudah mulai muncul dan tangkai buahnya tampak berkeriput.  Jika tanda seperti itu sudah ada, segera panen. Cara panen nanas dengan memotong tangkai buah nanas.

Itulah cara menanam nanas. Andaikan diikuti pula menggunakan pemeliharaan nanas yang baik, maka Anda bisa memanen buah nanas dalam waktu yg cepat dan tentu saja kualitas buah yg bagus. Demikian ulasan berdasarkan pupuklahan.Blogspot.Com dan salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar